3 Pilihan Tablet Android Terbaik dan Tips Cara Memilihnya

Bagi sebagian orang, menggunakan tablet bisa jadi lebih memuaskan daripada menggenggam smartphone. Terlebih untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang rasanya lebih nyaman dilakukan pada layar yang lebih lebar. Bagi anda yang suka membaca e-book, hobi bermain game, membuat sketsa, hingga menulis, tablet bisa jadi menjadi pilihan yang lebih signifikan daripada smartphone yang memiliki ukuran layar yang terbatas. Sehingga ketika sebagian orang menganggap tablet is so yesterday, for another some people, they just can’t live without their tablet.

Tahun 2017 memang baru berada di posisi median, namun tidak ada salahnya jika kita menengok sekilas hiruk pikuk tablet Android terbaik yang beredar di tahun ini.  Kita simak yuk!

1.Samsung Galaxy Tab S3

Rasanya memang belum ada yang mengalahkan kedigdayaan Samsung di dunia Tablet. Jika harus menyebutkan rival terberat tablet ini, maka iPad Pro semestinya bisa masuk dalam list – jika mereka menggunakan android.

Sekali tampak, Samsung Galaxy Tab S3 terlihat sangat stylish dan elegan. Dengan lapisan kaca di bagian belakang membuat tab ini terlihat futuristik.

Samsung Galaxy Tab S3 yang hadir dengan Android Nougat memiliki ketebalan 6mm – dimana termasuk tipis di kelasnya, non waterproof, dengan layar 2048×1536 resolution Super AMOLED dan teknologi high dynamic range (HDR). Menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 820 dengan pilihan ram 4gb, ia memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP dengan LED Flash dan f/1.9 aperture. Hasil gambar termasuk standar tab pada umumnya. Tab ini memiliki SPen yang cukup responsif dan didukung oleh baterai sebesar 6000 mAh yang cukup besar untuk pemakaian dalam satu hari.

Namun dengan segala kelebihan yang dimilikinya, ia juga memiliki kekurangan seperti penggunaan lapisan kaca pada body yang malah membuatnya licin karenanya mudah tergelincir dari tangan. Belum lagi body kaca membuat jejak cap jari anda jelas terlihat di permukaannya. Anda jadi harus sering-sering mengelapnya ya! Harganya juga dirasa terlalu tinggi – khas Samsung – menjadi alasan mengapa sebagian besar konsumen masih menahan diri untuk memilikinya.

Namun jika harga bukanlah masalah bagi anda, maka Samsung Galaxy Tab S3 masih yang terbaik.

Rating : 4,5/5

Dilaunching pada : Akhir April 2017

Harga : Sekitar 8 juta rupiah

2.Google Pixel C

Google pixel C adalah sebuah tablet 2-in-1 convertible seharga iPad air yang bisa anda gunakan untuk mengetik dengan keyboard tambahan yang dijual terpisah. Dibandingkan dengan saudara kandungnya yaitu Chrome Book, Google Pixel C adalah tablet dengan kinerja yang jauh lebih mengagumkan.

Tidak hanya fisiknya yang terkesan elegan dan tangguh, tablet dengan layar berukuran 10.2 inch ini memiliki layar yang terlihat hebat. Memiliki resolusi 2560×1800 dengan aspek rasio 1:1.42 membuatnya terlihat terang dan jernih, sangat nyaman digunakan untuk bermain game ataupun menonton film dan video. Tablet ini juga dipersenjatai dengan Nvidia Tegra X1 Chip dengan 1.9GHz dan memiliki 3GB RAM. Kamera sebesar 8 mp dan 2 Mp untuk kamera depan. Google Pixel C memiliki ketebalan 7mm dan berat sebesar 517 g. Tersedia speaker stereo di bagian samping, sementara di bagian depan terdapat empat microphone tambahan sehingga anda bisa memanggil ‘OK GOOGLE’ dari seberang ruangan.

Karena Pixel C merupakan buatan Google, anda bisa mendapatkan segala kelebihan Android di dalamnya. Namun ternyata Google tidak menciptakan Pixel C untuk anda gunakan bersama SIM card anda. Itu artinya, anda hanya bisa mengandalkan wifi untuk dapat menggunakan Pixel C, dan ia juga tidak memiliki stylus. Agak tanggung ya Google?

Rating : 4,5 /5

Dilaunching pada : Desember 2015

Harga : Sekitar 8 juta rupiah

3.Sony Xperia Z4 Tablet

Seri Sony Xperia merupakan legenda di dunia smartphone, ia merupakan salah satu barisan device pertama yang berani mengusung Android ketika ia masih berupa donut. Seri Xperia juga terkenal akan perpaduan kinerja yang baik, design yang stylish dan kualitas yang mumpuni. Kabar baiknya, segala kelebihan ini masih dapat anda temukan pada tablet terbaru besutan mereka Xperia Z4. Rival yang cukup berat untuk iPad Air 2.

Sekilas mata, Xperia Z4 merupakan tab yang stylish, tipis dan ringan. Memiliki ketebalan 6.1 mm dengan Ukuran layar 10.1 dan resolusi 2560 x 1600 dengan kedalaman pixel density sebesar 299 ppi. Prosesor menggunakan Qualcomm Snapdragon 810 dengan okta core 64 bit. Daya simpan 32 gb yang bisa diupgrade hingga 128 GB. Baterai 6000 mAh cukup tahan digunakan seharian pada pemakaian normal, dengan Android Marshmallow dan User Interface besutan Sony. Tab ini juga memiliki kamera depan sebesar 5.1 Mp dan kamera belakang sebesar 8.1 Mp.

Sementara dari penampilan dan spek nampaknya sempurna, namun ternyata Xperia Z4 memiliki harga yang lebih tinggi daripada iPad Air 2. Namun sebelum anda lari menuju Apple Store dan lebih memilih iPad Air 2, anda harus tahu bahwa Sony membanderol Xperia Z4 dengan harga setinggi itu karena Sony melengkapinya dengan keyboard bluetooth yang sayangnya tidak dijual terpisah – sehingga mau tidak mau anda juga harus membelinya.

Rating : 4,5 /5

Dilaunching pada : July 2015

Harga : Sekitar 9 juta rupiah


Nah anda sudah mengetahui 3 tablet terbaik yang saat ini beredar di pasar. Sekarang bagaimana caranya memilih tablet yang tepat untuk anda?

Tips Memilih Tablet Sebelum Anda membelinya :

Gambar dari Pixabay

Ada seorang teman yang bila ingin membeli gadget mikirnya bisa berbulan-bulan. Bila hari ini bertanya merek A, besok bertanya merek B. Sebulan kemudian masih menimbang-nimbang ingin membeli merek A, B atau C. Sementara teknologi berjalan cepat, ketika ia masih menimbang-nimbang merek A, B atau C kemudian keluar merek D. Makin bingung dia. haha

Berikut beberapa tips yang dapat mengurangi kebingungan anda ketika dihadapkan dengan banyaknya pilihan Tablet di luar sana. Here we go!

1.Berapa Budget Anda?

Berapa range harga yang anda inginkan? Maka persempit pencarian HANYA PADA rentang harga yang sesuai dengan budget anda. Ya.. jika anda ingin melebihkan sedikit juga tidak apa-apa, asalkan anda masih bisa memaklumi harga yang ditawarkan tanpa menganggapnya overpriced.

2.Berapa Ukuran Tablet yang Anda Inginkan?

Sementara sebagian orang cukup puas dengan tablet berukuran 8 inchi, ada yang belum merasa lega bila tidak menatap layar berukuran 10 inchi. Tergantung selera dan kebutuhan anda. Karena anda sudah memiliki pilihan tablet yang sesuai dengan budget anda, persempit pilihan dengan ketersediaan ukuran. Apakah mereka memiliki ukuran layar yang anda inginkan?

3.Wifi atau 4G?

Ini bukan pilihan, namun masih banyak yang terjebak. Kecuali jika anda hidup di negara dimana wifi tersedia di berbagai area publik, tampaknya selagi anda masih di Indonesia menggunakan tablet dengan jaringan 4G lebih aman dan memuaskan hati.

4.Berapa Besar Penyimpanannya?

Berapa kira-kira yang anda butuhkan? 32 GB? 64 GB? Lebih baik lagi jika tablet pilihan anda memiliki slot memori tambahan sehingga anda bisa menambah kapasitas ketika Tablet anda sudah penuh dengan koleksi film, game, lagu (dan ribuan foto selfie anda)

5.Berapa Kapasitas Baterai?

Ukuran baterai bisa menjadi penting sehingga anda dapat memperkirakan berapa lama tablet dapat bertahan. Jika baterainya terlalu kecil maka anda akan sering mencharge – which is sangat tidak menyenangkan bagi anda yang mobile. Sebagai bayangan, beberapa smartphone sudah mengeluarkan baterai dengan 5000 mAh yang tahan hingga dua hari. Sehingga jika tablet menggunakan 5000 mAh mungkin bisa bertahan seharian tergantung penggunaan.

6.Dimana Bisa Membelinya?

Memang ada banyak tempat membeli Tablet. Tapi pilihlah tempat yang memberikan anda pelayanan lengkap. Salah satu tempat favorit saya untuk membeli tablet adalah Mataharimall.com karena banyaknya keleluasaan yang saya dapatkan. Mulai dari puas memilih berbagai macam merek, banyak diskonnya, diantar ke rumah, plus garansi yang terjamin.

Jadi bagaimana, siap untuk memiliki tablet baru tahun ini? Semoga anda berjodoh dengan Tablet idaman anda ya!

 

Advertisements

10 Replies to “3 Pilihan Tablet Android Terbaik dan Tips Cara Memilihnya”

  1. Di Indonesia Google Pixel C masuk gak ya

  2. aku suka tablet yang ukuran mini kak 8 inchi
    ada yang 8 inchi gk ya

    1. Samsung ada yang 8 Inchi pake stylus win

  3. Kok udah ga bisa komen lewat wp reader lagi ya..

    Tapi trend tablet sekarang udah berkurang sih, cuma aku masih pake tablet 8 inch. Pengen ipad mini haha

    1. aku juga ga bisa komen langsung pada beberapa blog ga tau kenapa. Iya tergantung kebutuhan juga. Aku punya temen yg masih bertahan betah pake tablet nelpon pun masih pake tablet 8 inci 😁 Dirimu kalau pengen2 gitu biasanya ga lama lagi dapet ya, hadiah menang apa gitu 😄

  4. Saya penasaran sama tablet produknya Google sih. Tapi karena sudah jarang banget ol di tablet, sekarang kalo gak hp sekalian aja di laptop. Tapi dengan stylus dan kedigdayaan android rasanya bakalan milih Samsung.

    1. Kabarnya Google coming soon masuk ke Indonesia, meski belum tahu pasti kapan. Untuk tablet Samsung memang masih digdaya sih Mas Dani, baik dari kualitas maupun harga. Well, ada rupa ada harga – gitu ya 🙂

  5. Ironisnya tablet ini banyak dipake sama anak-anak hanya buat main game hehe. Ya gakpapa juga sih, banyak permainan edukatif juga.

    Kalo aku pribadi, agak kurang nyaman pake tab. Serasa nanggung. Masih lebih nyaman pake laptop walaupun tablet ini unggul banget kalo mobilitasnya. Lebih enteng, nyaman dan jinjingable hahaha

    1. aku pernah liat temenku pake tablet buat gambar (yg ada stylusnya) jadi untuk yg hobi gambar kayagnya tablet terasa banget gunanya. while aku sama kayag kamu om, lebih suka hp yg lemparable dan laptop yang bisa dipake buat nonton dvd korea. hehe

Leave a Reply