Aplikasi Google Keep Favorit Saya dan Cara Memasangnya di Desktop

OK GOOGLE!

Jika Google adalah seorang pria, maka ya, saya memiliki affair dengan google. Saya selalu memandangi ia setiap hari mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Saya selalu menggunakan produknya mulai dari email, you tube, hingga operating system Android yang ada di handphone saya. Saya termasuk setia. Karena setelah Symbian, saya tidak pernah jatuh cinta pada OS yang lain, terlebih setelah saya kenal Donut dan bisa main Angry Birds. Saya benar-benar deep fallen in love with android and Google (well, who doesn’t?)

[Baca juga : Review Asus Zenfone3Max ZC553KL (ASUS_X00DDB) Fisik Biasa Kemampuan Istimewa]

Nah kali ini saya ingin bercerita mengenai salah satu aplikasi besutan Google yang mungkin sudah banyak yang tahu, namun tetap aplikasi ini menjadi salah satu yang sangat saya sukai. Kenapa saya sukai? karena saya bisa sekejap menulis mulai dari hal yang penting hingga hal-hal yang ga penting. Mulai dari daftar belanjaan hingga beragam nomor rekening olshop yang harus ditransfer. Mulai dari hal-hal yang harus diingat hingga hal-hal yang harus dihafal.

Dan kalau saya bilang sekejap, berarti memang sekejap karena ini bukan notes biasa. Ibarat di dunia yang memiliki smartphone, maka ini adalah smartnote (oke now i’m sound so cheesy) :p

Namanya adalah Google Keep.

Google Keep sejatinya adalah seperti papan pin it yang awam kita miliki di rumah atau di kantor. Kelebihan yang membuat Google Keep sangat asik digunakan adalah hal-hal sebagai berikut :

  1. Aplikasi ini dapat anda taruh di wall depan handset Android menggunakan widget. Sehingga kalau mau perlu apa-apa gampang si Google Keep ini sudah mejeng di halaman depan hp. Ga perlu ngoprek-ngoprek semua aplikasi di beranda untuk menemukannya.
  2. Kalau anda tahu film The Passengers dimana Mbak JLaw nulis sambil ngomong (maksudnya dia ngomong, tapi ‘gadget’nya mendengarkan dan langsung diconvert menjadi tulisan) nah Keep juga bisa begitu. Ada gambar mikrofon di keep yang bisa anda gunakan ketika anda malas mengetik ataupun ga ada waktu buat mengetik. Sehingga anda tinggal merekam suara, dan Keep akan menuliskannya untuk anda.
  3. Membuat catatan untuk diingat? tenang. Di Keep tersedia pilihan untuk menambahkan notes tersebut sebagai pengingat. Misalnya ketika anda tulis ‘angkat jemuran’ dan menyetel waktu di jam 4 sore, maka pada jam tersebut Keep akan mengingatkan anda. Ga ada lagi cerita jemuran didiemin sampek tengah malem, hehehe. Eh hebatnya lagi Keep juga memiliki fitur pengingat berdasarkan lokasi.
  4. Ingin mendiskusikan hal yang sudah anda tulis di note dengan rekan anda? anda hanya perlu menekan tombol sharing dan sending. Nantinya anda dan rekan anda akan terhubung di Keep melalui akun email masing-masing dan anda bisa mengedit notes bersama-sama.
  5. Copy paste gambar juga bisa dimasukkan ke Keep. Sehingga anda tidak hanya bisa menyimpan notes dalam bentuk tulisan namun juga gambar. Mau simpen gambar Instagram juga mudah. Tinggal copas url Instagram tempat gambar berada, paste di Keep dan langsung jadi gambar.
  6. Sudah menulis panjang lebar di Note dan ingin langsung memindahkan ke dokumen juga mudah. Ada pilihan ‘Copy to Google Doc’ jadi anda ga perlu copas ataupun ngetik dua kali.
  7. Karena terintegrasi dengan gmail, Google Keep tetap tidak akan berubah isinya, sekalipun kita gonta-ganti handset. Tinggal cari di play store, install, lalu sinkronkan dengan email kita dan semua catatan lama akan muncul di handphone yang baru.
  8. Kita bisa mencatat dari desktop. Ketika saya sedang bekerja di desktop dan suatu ide tiba-tiba muncul di kepala, saya tinggal membuka Google Keep di desktop saya, mencatatnya di Keep, dan otomatis catatan tersebut juga ada di Google Keep di HP saya.

Banyak banget ya kelebihannya? gimana ga cinta coba saya sama aplikasi ini, hehe.

Lalu Bagaimana Cara Memasang Google Keep di Desktop?

Caranya sangat mudah. Yang pasti harus anda siapkan adalah :

  1. Alamat gmail tempat Google Keep anda berada.
  2. Chrome Browser; bukan Mozilla ataupun IE (ya Iyalah, kan produknya Google!)

Pertama, buka web Browser Chrome anda, lalu ketik Google Keep for Desktop. Anda akan diarahkan ke Chrome Web Browser seperti gambar di atas. Kedua, klik gambar Google Keep yang dilingkari di atas, dan tunggu hingga browser selesai mengunduh aplikasi.

Ketika aplikasi sudah selesai diunduh, anda klik [add to chrome] yang ada di posisi kanan atas seperti gambar diatas, otomatis Google Keep yang baru di install akan masuk dalam aplikasi yang anda unduh.

Untuk melihat list aplikasi yang sudah diunduh anda bisa melihat listnya dia tombol [aplikasi] yang terletak di kiri atas. Lalu anda bisa mengeklik gambar Google Keep dua kali agar terlihat tampilan seperti dibawah ini :

Anda lihat, Google Keep yang ada sama dengan Google Keep di aplikasi HP anda. Nah supaya lebih mudah mengaksesnya tanpa harus membuka aplikasi di Chrome, anda cukup kembali ke halaman [aplikasi] tadi, lalu [klik kanan] dan pilih [create shortcut] ke desktop.

Iyak, Google Keep sudah tertanam di Desktop dan langsung dapat anda gunakan kapan saja serta terintegrasi dengan Google Keep di HP anda, senang ya!

Sekian review kali ini dan meskipun aplikasi ini sudah banyak yang tahu, harapannya semoga tulisan ini tetap bermanfaat bagi anda.

OK Google, out. 😀

Advertisements

Leave a Reply