Advertisements
Experiences

[Blogger Perempuan Network 30 Days Blog Challenge] Day 3 : Nama Blog Bonadapa bukan Bonamana

Kenapa namanya Bonadapa? Di sebuah acara, pertanyaan tersebut pernah terlontar dari salah satu rekan blogger Palembang yang masih satu komunitas dengan saya.

Bonadapa.

Ada yang mengira, apa ada hubungannya dengan Bona gajah kecil berbelalai panjang?

Ada pula yang berujar, apa saya mungkin penggemar SuJu sehingga mau mirip-miripin nama blog dengan judul lagu mereka : bonamana?


Setiap blogger tentu menginginkan sebuah nama yang meaningful bagi bloggernya. Contoh saja mbak yang punya malasmandi.com. Menurut saya, itu adalah satu penegasan bahwa sang empunya blog memang malas mandi (seperti saya). Meski ngakunya malas mandi, namun mbanya tetap terlihat manis sekali.

Atau yang punya romeogadungan.com. Sang empunya blog memang seorang pria muda meski namanya bukan romeo. Mungkin karena itulah ia menambahkan gadungan di belakang nama romeo karena ia memang seorang gadungan – mengaku-ngaku sebagai romeo padahal bukan. Tapi ini mungkin lho ya, saya cuma menebak-nebak saja. Hahaha

Beberapa rekan blogger yang sudah pusing tujuh keliling mencari nama domain, lalu memutuskan capcipcup belalang kuncup menempelkan nama asli saja pada nama domain mereka, daripada pusingnya kelamaan.

Banyak juga yang memang sengaja menempelkan nama asli pada domain untuk menciptakan brand agar lebih dikenal. Contoh blog dengan nama pribadi ini ya buannnyaaakk banget. Dari nama domain saja kita sudah tahu bahwa yang punya adalah si anu dan si anu. Tidak jadi misteri lagi seperti si malas mandi dan romeo gadungan.

Lalu bagaimana dengan pemberian nama bonadapa?

Adalah saya empat tahun yang lalu, seorang ibu muda (penekanan di kata muda) yang sedang galau-galaunya akan menempelkan nama apa pada blog wordpress gratisan saya yang baru. Maklum. Saya memutuskan pecah kongsi dengan domain saya yang lama, toelanksingo.com karena lupa membayar biaya sewa domain tahunan, sehingga wordpress sebagai landlord mendepak ia kembali ke versi gratisan : toelanksingo.wordpress.com

Karena saya ngambek, saya pindah ke lain hati eh domain. Saya buatlah sebuah blog wordpress gratisan (lagi) dengan nama bonadapa. Nama ini merupakan akronim dari nama Bona Ada Apa? sebagai pertanyaan bagi diri saya sendiri, ada apa sih yang ingin saya tulis hari ini?

Tadinya saya ingin menulis nama domain saya dengan bonaadaapa.wordpress.com tapi kok ya rasanya kayag kereta babaranjang. Jadi saya hilangkan dua huruf a di antaranya sehingga menjadi bonadapa saja. Gitu. Beberapa tahun kemudian, si bonadapa gratisan ini kemudian menjadi domain berbayar, and since then we live happily ever after.

Terus-terus kenapa ndak kasih nama seperti ninafajriah.com?

Akutu orangnya pemalu. Lagipula nama bona adalah nama panggilan saya di rumah yang rasanya lebih manis terdengar daripada nama Nina yang pasaran itu, haha.

Meski banyak orang bilang ya uwis toh apalah arti sebuah nama, karena mawar meski namanya bukan mawar wanginya akan tetap harum dan disukai banyak orang.

Tapi bagi blogger, nama domain bisa menjadi sebuah brand yang diingat banyak orang. Setuju ndak teman-teman? Menurut teman-teman bagaimana?



Advertisements

Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com

11 Comments

  • Nur Irawan

    Setuju, nama itu penting banget..
    Dan nama irawan juga sama pasarannya dengan Nina, wkwkwkw

    aku juga malu pakai namaku sendiri, bahkan pertama kali buat blog, gravatarku juga tidak memakai nama sendiri, tapi memakai nama pena sekaligus nama email “ainurdragneel”

    Sebenarnya ini mirip sama blogku “penadiri” yang artinya menulis untuk diri sendiri dan mencari diri sendiri lewat tulisan..

    Makanya biarpun banyak orang bilang kalau blogku gado-gado, nyatanya blogku itu udah niche banget..
    nichenya membahas tentang seorang Irawan gitu, hahahaha #Ngelanjutin yang kemarin

    Dan aku setuju kalau BONADAPA itu unik dan cute banget, dan gak enak juga kalau NINADAPA apalagi ADAPAPA, TIDAKPAPA, MAMADAPA 不不不

    • NinaFajriah

      HAHAHAHHAHAHA ASELIK AKU NGAKAK BACA INI 不不不 Tos dulu mas yg sesama namanya pasaran , Pokoke yg terjadi biarlah terjadi. Meski nama bonadapa dan penadiri digunakan untuk menyamarkan nama asli, namun kita tetap harus teguh dgn jalan ninja kita yaitu niche gado-gado tentang diri sendiri *gaya jari nunjuk ke atas.

      Terus jangan lupa tetap menulis sesering mungkin, sepenuh hati, dan gaboleh malas. Kenapa? karena bayar domain mahal dan gada yg mau subsidiin huhu 不

      • Nur Irawan

        hahaha, tapi tetep masih bisa ditutupin dengan 2 kali artikel riview atau conten placement kan mbak, wkwkwkw
        iya, ini masih ngumpulin tenaga untuk ngehidupin hasrat menulis yang tiba-tiba hilang karena, hmmmm karena apa yah? galau juga sudah tidak zamannya,
        ah entahlah, mungkin memang harus ada jeda terlebih dahulu, nanti aku juga akan tetap kembali

        • NinaFajriah

          Bosan atau jenuh kali masnya. Aku juga kadang ngerasa begitu sih. Tapi kalau pv udah 1000 an kek penadiri sih ga di update pun aman jaya sentosa lah ya

          • Nur Irawan

            Ah mbak nina merendah deh, bonadapa juga udah pv lebih 1000 kan? mengingat udah lama juga kan ngeblognya, apalagi lihat portfolionya, hmmmm kadang suka ngiri..
            kanapa saya gak bisa bikin tulisan riview bisa dapet brand-brand gitu..
            kalau dipikir lagi, mana ada brand kecantikan menawarkan produknya ke cowok kayak sayya, hahaha

  • Ata

    Hoalaaaah akhirnya terjawab sudah misteri nama blognya selama ini serius aku juga ngira Bona tuh berhubungan sama temennya Rong Rong lho, Kak.

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: