Catatan Buku-Buku yang TER-. (Pt2)

Selamat Pagiiii *atausiang atau sore atau malam tergantung kapan bacanya*

Hari ini kita lanjut lagi ngobrolin catatan 15 buku-buku yang TER. Tulisan ini dibuat dalam rangka Hari Buku Nasional yang jatuh tanggal 17 Mei kemarin lusa.

Nah, kemarin sudah dituliskan catatan buku-buku yang TER dari nomor 1 sampai 7. Kalau belum baca monggo silahken dibaca dulu…But now, we gonna continue with buku-buku yang TER dari nomor 8 hingga 15. so, fasten your seatbelt folks!

8. Buku yang Ter-Komik : Detective Conan

detective_conan_png_by_jinsuke04-d5gzd28

Memang ada banyak buku-buku di lautan komik, dari yang unyu-unyu macam candy-candy sampe yang ga jelas macam *sensor*. Nah satu buku komik yang saya baca dari jaman SMA sampe jaman udah kerja adalah Detective Conan. Apalagi setelah kerja dan punya duit sendiri, KALAU PERLU TIAP SERINYA SAYA BELI GA PAKE MIKIR! *yg ada beli pake duit ya bukan pake mikir* *ceilah* 😀

Buku komik ini juga penulisnya nulisnya kayag ratjoen ya. Soale cerita dibuat lagi seru-serunya pas mepet akhir buku DAN LALU BERSAMBUNG KE SERI BERIKUTNYA. Damn.

9. Buku yang Ter-Unik : The Curious Incident of The Dog In The Night Time

41AVVhtHugL._SY344_BO1,204,203,200_

Saya beruntung bisa mendapatkan buku ini di sebuah penyewaan buku kecil di Manggar, Belitung Timur. Secara Manggar kabupaten kecil, waktu saya disana, sekira tahun 2008, suasana manggar masih sepi dan jalanannya lengang.

Waktu itu hari sabtu, saya ceritanya sedang bosen sendirian di rumah kontrakan, lalu berinisiatif untuk pergi ke tempat penyewaan buku tersebut. Sekian lama mencari buku apa yang mau dipinjem, ketemulah saya dengan buku ber-sampul merah menyala dan judulnya panjang banget : The Curious Incident of The Dog In The Night Time karangan Mark Haddon.

Kenapa kemudian buku ini menjadi unik adalah karena penulisnya mengambil narator dari sudut pandang orang pertama, seorang anak 15 tahun bernama Christopher John Francis Boone. Chris adalah anak luar biasa dengan Asperger’s syndrome, yang merupakan salah satu bentuk dari Autism.

Cerita bermula dari kematian salah satu anjing tetangga Chris. Chris lalu mengadakan penyelidikan mencari penyebab mengapa anjing tersebut sampai mati mengenaskan. Alur plotnya unik dan cenderung melompat-lompat, mengikuti arah pemikiran Chris yang sesuai dengan kondisinya – tapi tetap asik untuk diikuti.

Wish list saya kalau bisa nemu lagi, saya kepingin punya untuk dibaca ulang  🙂

10. Buku yang Ter-Baper 1 : Laskar Pelangi

Baper banget karena ketika saya beli buku Laskar Pelangi ini tiba-tiba saya di mutasi juga ke tempat plot Laskar Pelangi terjadi, which is Pulau Belitung. (Setelah saya pikir-pikir lagi coba waktu itu saya baca bukunya Dan Brown yang Da Vinci Code bisa mutasi ke Perancis saya. muehehe)

Sampek ketika saya turun dari pesawat pertamakali mendarat di belitung tangan saya masih memegang buku Laskar Pelangi. Terus karena kerja jauh dari kampung halaman dan orang tua, tiap sabtu-minggu saya datangin aja tempat-tempat yang tertulis di bukunya, termasuk ke batu-batu besar di tanjung tinggi. Heaven! 😀

11. Buku yang Ter-Baper 2 : Harry Potter

Siapa yang ga baper sama Harry Potter? saking bapernya kebawa-bawa mimpi, hafal mantra-mantranya, dan sampek hari ini nama penjual es krim di diagon alley pun masih nempel di kepala! Aarrgh! 😀

12. Buku yang Ter-Seru : The Da Vinci Code, Angels and Demon dan Inferno-nya Dan Brown

Nuff said yo, bisa liat aja filmnya. Wong buku yang terakhir aja bikin saya deg-degan persis kayag nonton pilm action 😀

13. Buku yang Ter-Simple but Nice : The Penderwicks : A Summer Tale of Four Sisters, Two Rabbits, and a Very Interesting Boy

The_Penderwicks_-_A_Summer_Tale_of_Four_Sisters,_Two_Rabbits,_and_a_Very_Interesting_Boy

Kalau dari judulnya udah bisa ketebak kalau buku ini bercerita tentang 4 saudari (Skye, Jane, Rosalind, dan Batty) ayah mereka dan anjingnya, yang sedang liburan summer ke sebuah cottage di pedesaan.

Selama mereka disana, banyak hal menarik terjadi. Sebuah cerita yang mungkin biasa banget tapi diceritakan dengan cara luar biasa *tsah* believe me, reading this book makes your gloomy day turns happy!

14. Buku yang Ter-Akhir dibaca : Outliers

13129280_858417370968289_1275774805_n

Masih on progress (bacanya sambil megang gugle translate) jadi nanti mau nulis satu posting tersendiri tentang buku ini 🙂

15. Buku yang Ter-Ngantuk : Buku Matimatika #eaaa

index
Kenapa buku cerita ga bikin ngantuk kayag buku Matimatika ya? :p

 


Well, akhirnya selesai juga nulis tentang 15 buku yang TER-. versi saya.

Versi saya bisa jadi beda banget dengan versi kamu. Boleh ditambahin dong apa aja buku TER versi kamu, ditungguin di komentar ya 🙂

7 Comment

  1. kalau Al-Quran .. termasuk ketegori buku yang mana 🙂
    kalau saya .. buku yang terakhir saya baca apa ya …. ehmmmm … sudah lama banget soalnya 😀

    1. Al Quran itu book of life mas, dia tidak masuk kategori buku yg TER; Al Quran is beyond all books ever published in this world ?. Belum terlambat untuk baca buku lagi mas meski kadang susah nyari waktunya ya ?

  2. Terkomik harusnya Shincan, Mbak :’

    1. Itu nomor duanya setelah Conan Feb *kekeuh* ?

  3. buku terngantuk kalau saya buku PPKN alias PMP mbak…plus semua buku yang ilmu sosial. baru buka udah ngantuk…

    1. Mbak Dyah penggemar mata pelajaran sains nih kayagnya 🙂

  4. Aku suka banget keluarga Panderwick, jadi salah satu buku fav-ku juga ;D dan Conan adalah satu2nya komik yang masih aku beli hingga sekarang hehehe

Leave a Reply