Cek Tagihan Listrik Setelah Gajian, Cara Mudah Hemat Pengeluaran

sumber:img.okezone.com

Hari deg-degan sedunia setiap orang berbeda-beda. Ada yang di awal bulan, akhir bulan, ada juga yang kapan saja bisa menderita jantung berdebar setiap melihat saldo di tabungan. Apakah gaji sudah ditransfer atau saldo berkurang karena terpotong tagihan otomatis per bulan. Bagi yang gajinya langsung ditransfer ke rekening tabungan, ada baiknya melakukan trik-trik hemat pengeluaran setelah cek tagihan listrik dan lainnya setiap bulan.

Cek Tagihan Listrik dan Bayar!

Ingatlah saat tanggal muda gajian tiba, seringkali kamu langsung cek online shop untuk membeli barang yang sudah diidamkan sebulan lamanya. Kini, bijak-bijaklah membuka smartphone untuk melakukan hal yang berguna seperti cek tagihan listrik secara online dulu baru melihat yang lainnya. Apalagi jika rumah yang kamu tempati memakai listrik pasca bayar. Dengan konsep yang sama seperti pemakaian pulsa pada ponsel, terkadang nominalnya bikin jantung melesat ke lantai tiga. Rajin-rajinlah cek tagihan listrik setelah gajian untuk menghindarinya.

Baca juga : Tiga Workshop Keren Belajar Ilmu Kreatif

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Ini cara yang paling mudah dilakukan karena kamu cukup menghubungi customer service PLN dan menanyakan tagihan listrik yang sudah berjalan. Cara cek tagihan listrik lewat telepon di (kode area) 123 dan ikuti petunjuk dari operator. Jangan lupa siapkan nomor pelanggan untuk memudahakan petugas mengecek tagihan listrik. Setelah itu, bayarlah lewat loket yang sudah disediakan.

Cara Cek Tagihan Listrik dengan SMS

sumber:cermati.com

Seperti cek tagihan listrik lewat telepon, siapkan dulu nomer pelangganmu dan masukkan dalam urutan yang benar. Berikut format cek tagihan listrik lewat SMS yaitu REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Kamu akan dikenakan biaya Rp500 setiap cek SMSnya.

Baca juga : Halo Generasi Milennial, Kok Pelit Sih?

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Online

Nah untuk karyawan di generasi milenial seperti sekarang, ada cara lain yang memudahkan untuk cek tagihan listrik setiap bulan. PLN telah membuatkan situs untuk cek tagihan listrik di www.cekbill.com agar kamu tidak lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk telepon atau SMS. Caranya pilih navigasi Cek Tagihan Listrik di kiri laman www.cekbill.com. Masukkan ID Pelanggan, verifikasi dulu kode captchanya dan klik cek tagihan. Nominal yang tertera adalah jumlah tagihan listrik. Kamu juga bisa melihat statusnya sudah terbayar atau belum, dan membayarnya di loket yang sudah disediakan.

Cara Cek Tagihan Listrik dengan Aplikasi

Di era internet sudah sedikit kencang seperti sekarang, hidup memang dimudahkan. Kamu bisa mengurangi pengeluaran tambahan dari telepon, SMS, dan harus ke loket untuk membayar tagihan listrik setiap bulan. Caranya yaitu memakai aplikasi seperti Traveloka atau di situs Traveloka.com. Kamu tidak perlu berpindah tempat, dengan Traveloka cek tagihan listrik sampai membayarnya bisa dilakukan dengan cepat.

Cara menggunakan fitur cek tagihan listrik di Traveloka sangat mudah. Pastikan aplikasi Traveloka di smartphonemu sudah update versi terbaru, masuk ke akunmu, dan pilih menu Bill Payment atau bayar tagihan. Masukan nomor meteran atau nomor pelanggan pada kotak yang tersedia, lalu klik Buy Now atau Beli Sekarang. Kalau nomor pelangganmu tersedia, akan terlihat detil data pelanggan, seperti nama pelanggan, nomor pelanggan, periode tagihan, besaran kWh yang digunakan, biaya denda, dan total tagihan.

Ingin langsung membayar tagihan listrik lewat Traveloka juga bisa. Setelah data terbuka, pilih Continue atau Lanjutkan ke proses pembayaran. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat metode mobile banking selain membayar lewat minimarket. Periksa dulu detil pembelian dan pembayaran lalu lakukan proses pembayarannya. Jika tagihan sudah terbayar, kamu bisa kembali mengecek Daftar Pembelian.

Sekarang cek tagihan listrik sampai membayarnya jadi jauh lebih gampang!

Advertisements

One Comment

Cool People Say :