“Saya senang lho Mbak Nina, saya dibantu oleh Alfamart untuk merenovasi warung saya yang atapnya dulu bocor” ujar bu Aminah sambil menimbang telur yang saya beli di warung beliau “Saya pikir saya ndak bisa berbisnis warung lagi karena tak punya uang untuk renovasi warung”

Bu Aminah sendiri adalah seorang ibu paruh baya yang membuka warung kecil persis di dekat pintu gerbang masuk komplek kami. Beberapa waktu yang lalu warungnya sempat tutup karena kondisi warung yang bocor dan beliau tidak memiliki uang untuk merenovasi. Namun kemudian Bu Aminah mendapat bantuan melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA) sehingga saat ini beliau bisa menjalankan bisnis warungnya lagi.

“Iya Bu, saya juga senang waktu mendengar program OBA Alfamart dari Pak RT. Alfamart ternyata memiliki kegiatan yang membantu banyak orang melalui program CSRnya” sahut saya sambil tersenyum

“CSR itu opo toh Mbak?” Tanya bu Aminah


Sebagai perusahaan yang menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, (perusahaan Alfamart), melaksanakan program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat luas.

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi (termasuk perusahaan) memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. (Wikipedia)

CSR ini kemudian didistribusikan dalam bentuk bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Dalam pelaksanaannya, perusahaan juga bekerja sama dengan berbagai lembaga yang kredibel berskala nasional dan internasional seperti PMI, UNICEF, Happy Heart Fund, Yayasan Berani Bhakti Bangsa, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Kick Andy Foundation, dan sebagainya. Adapun kriteria pemilihan yayasan, diantaranya memiliki izin legalitas, struktur organisasi, tidak terkait SARA maupun Politik.

Untuk setiap program sosial yang dijalankan bersama yayasan, perusahaan telah memperoleh izin penggalangan dana masyarakat dari Kementerian Sosial RI, serta berkewajiban memberikan laporan pertanggungjawaban secara periodik.

“Oh begitu. Terus memang ada banyak programnya ya mbak? saya pikir cuma sebatas renovasi warung saja” tanya Bu Aminah dengan raut wajah serius


Donasiku adalah salah satu program CSR Alfamart yang mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam program sosial dan pendidikan yang diperuntukkan untuk membantu masyarakat.

Adapun kedua jenis program DonasiKu yaitu :

  • DonasiKu Belanja

Yaitu donasi yang dilakukan oleh pembeli ketika melakukan transaksi di kasir. Seperti ketika kita memutuskan untuk menyumbangkan uang kembalian kita ketika berbelanja, itu artinya kita melakukan DonasiKu Belanja.

  • DonasiKu Bebas

Jika kita ingin melakukan donasi saja tanpa ingin berbelanja, kita bisa memilih option DonasiKu Bebas. Disini, kita bisa langsung menuju kasir khusus yang akan memproses donasi kita.

CSR Alfamart

Lalu kemana uang kita disalurkan?

Uang dari DonasiKu bersama dengan dana CSR dari Alfamart kemudian disalurkan dalam bentuk bantuan bagi mereka yang membutuhkan. Ada banyak sekali bantuan yang sudah direalisasikan dengan dana CSR Alfamart dan DonasiKu, yaitu :

CSR Alfamart

CSR Alfamart

CSR Alfamart


“Untuk Program OBA, Bu Aminah pasti sudah tahu ya Bu, karena termasuk yang mendapatkan bantuan” ujar saya

“Betul itu Mbak. Dan saya sangat bersyukur dengan adanya program OBA. Tapi kenapa harus ada program OBA ya Mbak Nina? apa Alfamart ndak takut jadi banyak saingan, toh?”

OBA merupakan wujud konkret dari keinginan Alfamart untuk hidup bersama, maju bersama dengan para pedagang, toko dan warung sekitarnya. Sesuai dengan salah satu visi perusahaan, Berorientasi kepada Pemberdayaan Pengusaha Kecil.

“Karena kehadiran ritel modern di masyarakat sering dianggap sebagai langkah mematikan usaha kecil, bu Aminah, terkhusus warung tradisional seperti warung Ibu ini. Namun, alih-alih merasa tersaingi, Alfamart justru mengambil langkah mendukung berkembangnya warung-warung kecil tersebut melalui program CSR nya yang bernama OBA atau Outlet Binaan Alfamart. Tidak hanya warung bu Aminah lho Bu yang mendapat bantuan. Ini saya ada beberapa gambar mengenai OBA” Jelas saya lagi

CSR Alfamart

“Iya Mbak Nina, program OBA ternyata ndak hanya terbatas pada renovasi warung. Saya juga diberikan ilmu mengenai cara mengelola warung yang baik dan benar, juga pasokan barang dagangan. Isi warung saya sekarang sudah lebih lengkap daripada sebelumnya!” Ujar Bu Aminah Sumringah

“Iya Bu Aminah, saya seneng banget kok, warung Bu Aminah isinya lengkap, hehe. Nah, masih ada satu lagi program CSR dari Alfamart nih bu. Namanya Toko Komunitas” tambah saya


Di beberapa lokasi Alfamart, Alfamart juga berlaku sebagai Toko Komunitas. Yaitu Alfamart menyediakan ruangan khusus yang dapat digunakan oleh Komunitas Kemasyarakatan di sekitarnya untuk berbagai kegiatan komunitas tersebut.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di dalam rumah komunitas Alfamart di antaranya adalah senam erobik, nonton bareng, demo masak, rapat warga, karang taruna, arisan, dan sebagainya. Semua fasilitas dapat digunakan secara gratis oleh komunitas yang menggunakannya.

CSR Alfamart

“Wah besar juga peranan Alfamart dalam memberi manfaat bagi orang banyak ya Mbak. Terima kasih informasinya, lho. Saya jadi terbuka pengetahuannya tentang CSR Alfamart” kata bu Aminah

“Yah, bu Aminah. Saya bisa cerita ke Ibu karena kemarin juga diceritakan sama Pak RT, kan anak beliau kerja di Alfamart” kami tertawa

“Semoga langgeng terus bisnis warungnya ya bu” ujar saya sambil membayar telur yang saya beli di warung Bu Aminah

“Aamiin Mbak Nina, sering-sering belanja ke sini ya” kata bu Aminah sambil tersenyum.

Baca juga : DonasiKu Alfamart, Memberi Manfaat untuk Mereka yang Membutuhkan

Baca juga : Ayo Berbelanja ke Warung Tetangga! Tapi…

Advertisements

5 Comments

  1. Pingback: DonasiKu Alfamart, Memberi Manfaat untuk Mereka yang Membutuhkan - BONADAPA.COM

  2. Pingback: Ayo Berbelanja ke Warung Tetangga! Tapi... - BONADAPA.COM

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.