Dari Drama Medis Hingga Hukum, Berikut Kdrama yang Asik Ditonton di Penghujung Tahun

Oktober sudah berlalu, tak terasa November sudah berada di pertengahan. Selama kuartal terakhir tahun 2017 ada beberapa Kdrama yang saya tonton. Dari beberapa Kdrama tersebut ada yang bagus, ada yang bagus banget. Mulai dari drama medis hingga hukum, berikut beberapa Kdrama yang sayang untuk dilewatkan. Yuk disimak!

1.dr.Romantic/Teacher Kim (2016)

Jangan terkecoh dengan judulnya, karena dr Romantic bukan tipikal kdrama dokter-dokter yang lebih banyak jatuh cintanya daripada kerjanya hehe.

Dokter Romantic malah mengangkat isu yang agak serius di dunia medis.

Pernahkah teman-teman berfikir bahwa profesi dokter merupakan profesi kemanusiaan? Maksudnya bila sudah tersemat gelar sebagai dokter, idealnya kita tetap mau membantu orang-orang yang membutuhkan pengobatan baik dibayar maupun tidak.

Di dr Romantic, ada dua kubu dokter yang berseteru : satu kubu adalah dokter yang berfokus pada materi dan kekuasaan, sedangkan kubu yang lain berfokus pada pengabdian dan menolong sesama.

Center of universe dr Romantic adalah seorang dokter senior Boo Yong Ju yang berotak briliant namun ‘dibuang’ koleganya sesama dokter hanya karena ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan politik kantor yang kotor.

Karena skeptis, sikapnya pun terbilang tidak ramah. Ia enggan basa-basi, blak-blakan dan kalau ngomong langsung-langsung saja – adalah sifat dari Boo Yong Ju yang membuat banyak orang tak simpatik padanya.

Namun dibalik sikapnya itu tersimpan hati yang sangat mulia. Hati yang membuat seluruh staf di rumah sakit Doldam – rumah sakit yang kurang populer dan terletak di daerah terpencil –Β  termasuk dokter junior Kang Dong Joo dan Yoon Seo Jong tak bisa beranjak dari sisinya.

  • Moral of the story :

Menyindir dokter-dokter yang berorientasi pada materi alih-alih pada pengabdian terhadap sesama. Drama ini juga memperlihatkan bagaimana konflik dan dilema-dilema yang harus dihadapi oleh para dokter dan staf di rumah sakit ketika mereka dihadapkan pada pasien-pasien dengan resiko yang tinggi seperti MERS ataupun AIDS. Konflik terjadi dari awal sampai akhir, dr Romantic merupakan salah satu drama dunia medis yang seru untuk ditonton.

  • Dibintangi oleh : Han Suk-Kyu (Master Kim), Yoo Yeon-Seok (Kang Dong Joo), Seo Hyun Jin (Yoon Seo-Jung)
  • Score : 8,5/10, bagus dan seru!

2.Hospital Ship (2017)

A post shared by Keng_serie (@keng_serie) on


Meski sama-sama mengambil tema mengenai dunia medis, namun Hospital Ship mengambil sudut pandang yang berbeda dari dr.Romantic. Hospital Ship bercerita mengenai pengabdian dokter dan staf medis di Rumah Sakit Kapal yang ada di Korea. Rumah sakit ini bertugas melayani kebutuhan medis masyarakat yang hidup di pulau-pulau terpencil di Korea.

Ceritanya sendiri berpusat pada Song Eun-Jae, seorang dokter bedah wanita yang jenius namun sikapnya sangat kaku dan cenderung ketus. Ia tadinya merupakan salah satu dokter andalan di sebuah rumah sakit besar di Seoul. Namun karena melawan seniornya, ia lalu ‘ditendang’ dari RS besar tersebut dan terpaksa bekerja di rumah sakit kapal yang merupakan momok bagi para staf medis dan merupakan pilihan terakhir bagi staf medis untuk bertugas.

Meski ia mengawali kehidupan awal di Hospital Ship dengan banyak air mata karena sulit beradaptasi, namun siapa sangka justru di rumah sakit kapal yang dihindari semua staf medis inilah Song Eun-Jae kemudian menemukan kehangatan hubungan pertemanan dengan sesama kolega, dan ia juga menemukan cintanya disana.

Hospital Ship didominasi cerita humanis antara dokter dan pasien, karenanya siap-siap tissue karena beberapa episod akan sangat sedih sekaligus menyentuh hati.

  • Moral of The Story :

Uang dan ketenaran memang dapat membuat orang lupa dan sombong, padahal kebahagiaan sejati tak selalu dapat diukur dengan materi.

Manusia tidak bisa selalu berencana dimana ia akan mendapatkan kebahagiaan. Ada kalanya justru di tempat-tempat tak terduga kebahagiaan dapat menghampiri kita dengan tulus dan apa adanya.

  • Dibintangi Oleh : Ha Ji-Won (Song Eun-Jae), Kwak Hyun (Kang Min-Hyuk)
  • Score : 7/10, biasa, tapi menyentuh hati.

3.While You Were Sleeping (2017)


While You Were Sleeping tidak perlu effort berlebih untuk menjadikannya salah satu kdrama yang paling dinanti di kuartal ke 4 tahun ini. Karena ketika pencinta Kdrama mendengar nama Lee Jong-Suk, maka niscaya ia langsung masuk daftar list kdrama paling ditunggu.

Konon, Jong Suk tak pernah salah dalam memilih drama. Sebut saja seperti Pinnochio, W, dan dr Stranger. Meski yang terakhir disebut tidak terlalu saya nikmati karena menurut saya Jong Suk dan pemain utama wanitanya kurang ‘greget’ dalam membangun chemistry.

Namun di WYWS lain lagi.

Berperan sebagai seorang Jaksa muda, Lee Jong-Suk (Jae Chan) dihadapkan oleh berbagai kasus yang cukup bikin penonton deg-degan. Jae Chan juga memiliki kemampuan mengalami mimpi yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Hal yang sama dialami oleh Hon Joo (Bae Suzy), tetangga Jae Chan yang selalu merasa ketakutan ketika bermimpi karena mimpinya selalu menjadi kenyataan.

Lambat laun penonton akan disuguhkan pada alasan mengapa mereka berdua bisa memiliki kemampuan tersebut. Namun ternyata tidak hanya mereka berdua saja yang memiliki kemampuan meramalkan kejadian melalui mimpi, karena masih ada dua orang lain lagi yang memiliki kemampuan sama dengan Hon Joo dan Jae Chan.

Siapakah mereka?

Jujurnya di akhir episode pertama saya sempat malas menonton drama ini karena saya pikir ceritanya ‘dangkal’ dan hanya berfokus di Jae Chan dan Hon Joo saja. Ternyata saya salah. Sejak kehadiran ‘orang ketiga’ sang baik hati Woo Tak (Jung Hae In), cerita WYWS menjadi lebih manis dan berwarna, hingga akhir episod WYWS terus memberikan kejutan kepada penontonnya.

  • Moral of The Story :

Kehidupan memang begitu. Di dalamnya, kesenangan tidak akan berlangsung selamanya, demikian pula dengan kesedihan. Jadi jangan terlalu menghukum diri sendiri atas keputusan-keputusan yang pernah kita pilih. Jalani saja dan hiduplah dengan penuh rasa syukur akan apa yang kita miliki saat ini.

  • Dibintangi Oleh : Lee Jong-Suk (Jung Jae-Chan), Bae Suzy (Nam Hong-Joo), Jung Hae-In (Han Woo-Tak)
  • Score : 8,5/10, bagus dan penuh kejutan!

4.W (2016)


Seperti Goblin, cerita W sama absurdnya. Kisahnya mengenai seorang gadis Oh Yeon joo’s (Han Hyo-joo) yang masuk ke dalam dunia Webtoon untuk mencari ayahnya yang hilang. Webtoon itu sendiri merupakan ciptaan ayahnya. Di dalam webtoon ia kemudian bertemu dengan sang tokoh utama bernama Kang Chul (Lee Jong-suk), mereka kemudian jatuh cinta, lalu mereka hidup bahagia selamanya.

Apakah ceritanya sesederhana itu? tentu saja tidak πŸ˜€

Yang ada W, meskipun di beberapa episod awal sangat menarik dan ceritanya menawan hati para penontonnya – namun di pertengahan mulai mengalami perubahan plot cerita yang cukup memusingkan seperti halnya benang kusut. Maka, jika teman-teman pernah menonton film barat semacam Inception dan Predestination, W memiliki kecenderungan yang sama. Jadi siap-siap saja ya.

Terus kenapa saya bisa bertahan menonton W sampai selesai?

Just because Han Hyo Joo dan Lee Jong Suk berakting dengan sangat bagus sekali disini, dengan chemistry yang ‘dapet banget’ antara keduanya, sehingga saya percaya kalau there are something happened between both of them.

Eh tapi kabarnya Suzy dan Min Ho juga putus gara-gara Jong Suk ya? padahal….*Aigoo nina, you cannot spreading-spreading gossip in here laa, what do you think this blog is, Lambe Turah?

skip.

  • Moral of The Story :

Kalau ga mau hidupmu jungkir balik seperti cerita kartun, jangan coba-coba masuk ke dalam webtoon. *dengan kata lain : iya film ini ga ada moral of the storynya! huhu

  • Dibintangi Oleh : Lee Jong-Suk (Kang Chul), Oh Yeon joo’s (Han Hyo-joo)
  • Score : 7,5/10, bagus banget sampai pertengahan, selanjutnya cukup bikin puyeng.

5.Witch’s Court / Witch at Court (2017)

A post shared by @hoeam3 on


Sebagai wanita, merasa kagum dengan aktor Korea adalah satu hal yang awam terjadi. Jadi kalau kagum dengan Gong Yoo karena ia begitu indah ketika tampil di Goblin, misalnya – itu sudah biasa. Namun bagaimana jika kita kagum pada seorang aktris alih-alih aktor?

Itu yang terjadi ketika saya menonton Witch’s Court.

Adalah Jung Ryeo-won (Ma I-deum) seorang jaksa (iya, Jaksa lagi! Jaksa lagi laku dijadikan objek drama sepertinya) wanita yang bertingkah laku congkak, terkadang sombong, memiliki senyum sinis tapi cantik, yang menjadi tokoh utama di drama ini.

Cerita Witch Court beranjak dari Ma I -deum yang harus hidup sebatang kara setelah ibunya hilang ketika ia masih kecil. Nah mengapa ibunya bisa hilang menjadi kasus hukum yang baru bisa terkuak setelah Ma dewasa.

Yang saya suka dari akting Jung Ryeo-won sebagai Ma-I-deum adalah sikapnya yang sangat serampangan sebagai seorang wanita. Dia baik hati, tidak mau kalah dengan orang lain, sejenis cewe yang rasa takutnya kecil banget dan pede nya berlebihan sampai terkadang dalam tahap memalukan hahaha. Di beberapa episod, si Jaksa Ma ini malah berlaku tidak elegan seperti makan sambil angkat kaki dan bersendawa keras-keras. OMG.

Tapi jangan ilfeel dulu karena Ma bisa membuat penontonnya jatuh cinta karena sikapnya yang oportunis (dalam arti positif) namun apa adanya. Witch’s Court juga dilengkapi dengan kasus-kasus yang seru, yang menurut saya sayang untuk dilewatkan oleh pencinta Kdrama.

  • Moral of The Story :

Serapi-rapinya seseorang menutupi kejahatan, suatu saat pasti akan terkuak juga. Serapi-rapinya seorang tersangka bersembunyi, pasti akan menabrak tiang listrik juga *eh

  • Dibintangi Oleh : Jung Ryeo-won (Ma I-deum), Yoon Hyun-min (Yeo Jin-wook)
  • Score : 9/10, bagus, kocak, dan seru!

Itulah ke 5 kdrama yang Bonadapa bahas kali ini, sampai jumpa di bahasan kdrama selanjutnya ya, ddomannayo! πŸ˜€

Advertisements

8 Comments

  1. Saya baru tamat nonton The Package. Jung Yong Hwa sama Lee Yeon Hee yang main. Kisahnya seru tentang seorang pemndu wisata dan pegawai perusahaan farmasi. Mereka bertemu dalam sebuah paket tour yang dipandu si cewek. Tapi serunya, kisah ini juga menceritakan dengan baik kisah enam orang lainnya di dalam tour itu. Pokonya wajib tonton.

    Yang masih jalan ada Chief Kim, Neigbourhood Lawyer Jo Deulho sama Sweet Sranger and Me. Semua recommended. Ada yang full drama, ada yang berbumbu comedy.

    1. Terima kasih Mbak Maraza, The Package langsung masuk on the list. Chief Kim aku kebetulan juga sudah nonton dan AKU SUKA BANGET. Somehow aku ngerasa Ma I Deum yang ada di Witch’s Court adalah wujud wanitanya dari Chief Kim. Sama-sama kocak dan pedenya berlebihan hahahaha *but I love them both though πŸ˜€

  2. Selalu suka sama konten blognya mbak ninaa.. Dan aigoo mbak nina juga suka Kdrama, like girl jaman now xixixi.. WYWS yg jd favoritku, krna drama dgn episode yg lumayan panjang tapi ga ngebosenin malah bikin penasaran. Salam kenal ya mbak nina 😊

    1. Halo, hai salam kenal juga mbak Shinta. Sebenarnya saya suka Kdrama sudah lama, dari pertama kali Endless Love tayang di Indonesia, waktu itu saya masih kuliah di semester pertama *ketahuan angkatan tua πŸ˜€ . Sempat vakum lama dari nonton kdrama karena sibuk dengan kerjaan kantor. Namun sekarang karena sudah ‘bekerja sendiri’, saya lebih bisa mengatur waktu dan yes! selalu ada waktu untuk Kdrama tentunya.

      Saya juga suka WYWS karena ceritanya apik dan seru, dan setiap pencinta Kdrama memang selalu menanti drama-drama dari Lee Jong Suk tentunya ya πŸ™‚ Terima kasih sudah mampir dan membaca Bonadapa, mbak Shinta, Gomawo o! πŸ™‚

Cool People Say :