Dear Ladies, Apa Motivasi Dasar Anda Untuk Menjadi Pengusaha?

Apa yang akan anda lakukan jika anda tahu bahwa anda tidak mungkin gagal?

Sophia Amoruso memulainya dengan Nasty Gal di dalam kamarnya yang kumuh, Niluh Djelantik memulainya dengan menumpang membuat sepatu pada pabrik temannya, Diana Rika Sari memulainya dengan berhenti pada semua pekerjaan kantoran yang dilakoninya. Sekilas, mereka memulai dengan cara yang berbeda.

Sophia merasa dirinya terlalu introvert. Ia tidak nyaman bekerja dengan banyak orang sehingga ia lalu membangun Nasty Gal dan mengerjakan cikal bakal perusahaan multi miliar dollar di dalam kamarnya, sendirian. Ia mencari baju bekas, mencucinya, memfotonya, menjualnya secara online dan mengerjakan packing ketika bajunya terjual. Demikian halnya dengan Niluh Djelantik, yang tak ingin kembali lagi ke dunia korporasi dan Diana Rika Sari yang akhirnya menyerah pada satu hal : ia tidak bisa seumur hidup bekerja di kantor yang membatasi kreativitasnya.

Lalu energi apa yang dimiliki oleh para wanita ini hingga bisa menjadi seperti mereka yang sekarang? Apakah mereka memiliki kumpulan kata-kata motivasi yang orang lain tidak ketahui sehingga mereka bisa menjadi pengusaha sukses?

Meski terkesan berbeda pada mulanya, sebenarnya mereka memulainya dengan lima motivasi dasar yang sama lho. Mau tahu apa saja? Kita simak yuk!

1.Mereka Memiliki Visi Mengerjakan Apa yang Mereka Sukai

Sebagian besar wanita yang menjadi pengusaha, memulai usaha mereka dengan mengerjakan hal-hal yang mereka sukai. Niluh adalah salah satu contoh pengusaha wanita yang memulai usaha berdasarkan kecintaannya kepada sepatu dan ia ingin membuat sepatu dengan design yang ia anggap keren. Siapa mengira banyak orang yang sependapat dengannya dan menyukai design sepatunya yang memang keren. Niluh pun akhirnya memiliki brand sepatunya sendiri, berhasil mengekspor sepatunya hingga ke luar negeri, dan hasil karyanya digunakan oleh beberapa artis internasional seperti Julia Roberts, wow!

2.Mereka Ingin Bermanfaat Banyak Bagi Orang Lain

Beberapa pengusaha memulai visinya tidak hanya berdasarkan tujuan tunggal, yaitu uang. Banyak dari mereka juga memiliki motivasi ingin bermanfaat lebih bagi orang lain. Pemilik Chic and Darling Kania Annisa Anggiani pernah mengutarakan pada salah satu postingan di instagramnya, bahwa ia sangat senang dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada seorang ibu yang bertugas menjahit produk-produk home and living dari Chic and Darling. Demikian jika kita menilik Oprah Winfrey dan Merry Riana. Jadi tidak hanya semata-mata karena uang – beberapa pengusaha wanita juga memiliki keinginan untuk berbagi dan bermanfaat lebih bagi orang lain sama besarnya dengan keinginan  mereka untuk menciptakan uang.

3.The Power of an Owner

Yang membuat seorang dengan jiwa pengusaha tidak akan cocok bekerja di perusahaan adalah, karena di kantor mereka dituntut untuk mengikuti standard operating procedure yang perlahan mematikan kreativitas mereka. Hal inilah yang memutuskan Diajeng  Lestari untuk berhenti dari pekerjaannya sebelum ia memulai Hijup. Di usianya yang masih sangat muda, Diajeng menjadi salah satu CEO wanita paling sukses di Indonesia karena ia mampu menuangkan pemikiran dan kreativitasnya ke dalam toko start-up terbesar untuk modest fashion; Hijup. Bayangan untuk bisa menuangkan ide-ide kreatif mereka tanpa harus terbatasi oleh peraturan perusahaan dan didikte oleh atasan, menjadi motivasi yang kuat untuk seorang wanita sukses dalam usahanya.

4.Fleksibilitas Akan Waktu

Waktu memang relatif. Namun bagi sebagian wanita, bekerja di kantor terasa sangat demanding mengenai alokasi waktu. Karena itulah beberapa wanita lalu melepaskan pekerjaannya dan beralih ke pekerjaan lain yang waktunya lebih fleksibel dimana mereka bisa memiliki time balance yang signifikan bagi keluarga, usaha, maupun diri mereka sendiri. Meski pada prakteknya menjadi pengusaha juga tidak menambah waktu luang mereka, namun kepuasan untuk menjadi ‘master of your own time’ adalah motivasi yang kuat bagi beberapa wanita untuk lalu beralih menjadi pengusaha.

5.Berhenti Mencari Pengakuan

A post shared by Girlboss® (@girlboss) on


Melakukan sesuatu hanya untuk mencari pengakuan dari orang lain tentu saja sangat melelahkan. Apakah anda memiliki profesi sebagai pengusaha atau sebagai karyawan, anda harus jujur pada diri anda sendiri. Alih-alih melakukan sesuatu hanya karena anda ingin mencari pengakuan dari orang lain atau keluarga;  lakukanlah sesuatu karena hal tersebut membuat anda menjadi diri anda sendiri – just be the best version of you!

Jadi demikianlah 5 motivasi umum bagi para pengusaha wanita untuk mulai menekuni dunia usahanya. Meski jalan menjadi pengusaha memang tidaklah mudah, namun dengan memiliki motivasi dasar untuk menjadi pengusaha, anda akan terus memiliki bahan bakar untuk tetap bersemangat. Sembari tanyakan sekali lagi pada hati anda : Apa sih yang akan saya lakukan jika saya tahu bahwa saya tidak mungkin gagal?

Sukses terus pengusaha wanita Indonesia!

 

Save

Save

Advertisements

One Comment

  1. Pingback: Review Buku : Creator.Inc, Bukunya Para Kreator Indonesia - B o n a , A d a A p a ?

Cool People Say :