Flash Blogging Kemkominfo di Palembang : Untuk Indonesia yang Lebih Baik

Excited. Adalah rasa pertama yang menghampiri saya ketika menerima telefon konfirmasi undangan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk acara Flash Blogging di Hotel Novotel Palembang pada tanggal 23 November 2017.

Malam sebelumnya, saya dan rekan-rekan blogger juga berkesempatan untuk bertatap muka dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Bp. Rudiantara, di Ballroom Hotel Novotel Palembang. Beliau sedang berada di Palembang untuk menghadiri acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik #SAIK2017 yang diselenggarakan pada tanggal 22-23 November.

Senang bisa bertatap muka dengan beliau? pastinya. Karena bagi kami anak-anak daerah ini, adalah suatu kehormatan bisa bertatap muka dan berinteraksi dengan Bapak Rudiantara yang biasanya hanya dapat kami lihat melalui media nasional.

“Tetap sebarkan berita positif ya, Indonesia perlu blogger yang bersemangat dalam menyebarkan berita positif” Pesan beliau malam itu.

Kamipun mengakhiri acara malam itu dengan berfoto bersama dengan Bapak Rudiantara dan Ibu Niken. Apakah teman-teman bisa menebak saya yang mana? 🙂

Keesokan harinya, kami blogger Palembang pun mengikuti acara Flash Blogging yang seru dan padat ilmu. Acara ini dimulai Pk.08.00 dan diawali dengan kata pembuka dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Ibu R Niken Widiastuti.

Dalam sambutannya, Bu Niken menyampaikan bahwa bagi Kemkominfo, Blogger merupakan ujung tombak diseminasi informasi. Harapan dari beliau adalah agar blogger bisa menghujani dunia medsos saat ini dengan memperbanyak produksi konten yang positif.

Hal ini sedikit banyak menyentil saya sebagai blogger dari Bonadapa. Mudah-mudahan Bonadapa adalah salah satu blog yang ikut andil dalam menyebarkan berbagai berita positif di dunia maya, dengan jargon ‘Spread Positivity++ semoga niat ini dapat teraplikasikan dan tersampaikan dengan baik kepada pembaca terus kedepannya.

Aamiin!

Kembali ke acara Flash Blogging, setelah acara dibuka oleh Bu Niken, maka acara Flash Blogging Kemenkominfo pun resmi dimulai. Ragam pengetahuan kami dapatkan, mulai dari cerita persiapan Asian Games 2018, cerita Sudut Istana yang disampaikan oleh Tim Komunikasi Presiden, hingga ke seluk beluk Blogging oleh Bapak Blogger Indonesia Mas Enda Nasution, berikut adalah paparan singkat mengenai acara Flash Blogging KemKominfo yang berlangsung kemarin, 23 November 2017 di Palembang.


Persiapan Asian Games 2018

Teman-teman pastinya sudah mengetahui bahwa Asian Games 2018 akan diadakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Sebagai masyarakat yang tinggal di salah satu kota tempat yang akan diselenggarakan Asian Games 2018, saya merasakan bahwa besar sekali effort yang diberikan oleh Pemerintah terkait pesta olahraga Negara-Negara Asia yang akan diselenggarakan tahun depan.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai pembangunan infrastruktur pendukung Asian Games 2018. Mulai dari renovasi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, pembanguna LRT (Light Rapid Transit) yang membentang dari Bandara SMB II sampai Jakabaring, hingga renovasi Athlete Village di kawasan Jakabaring Palembang.

Terkait hal tersebut pada acara Flash Blogging Kemkominfo kemarin turut hadir Bp.Bambang Supriyanto selaku Wakil Direktur II Bidang Village & Services INASGOC Asian Games 2018 yang bertanggung jawab dalam mempersiapkan fasilitas para atlet dan official selama di Palembang.

Flash Blogging dengan Kemkominfo di Palembang
Pak Bambang Supriyanto menjelaskan mengenai Athlete Village dalam acara Flash Blogging dengan Kemkominfo di Palembang

Pak Bambang mengemukakan bahwa Asian Games 2018 sendiri akan diadakan di dua Kota, Jakarta dan Palembang meski ada beberapa cabang olahraga yang juga diadakan di Jawa Barat. Total keseluruhan adalah 40 spot yang akan dipertandingkan, dimana12 spot akan diadakan di Palembang (tenis, triathlon, volley ball, bowling dll), 24 Spot di wilayah DKI dan sekitarnya, dan 4 spot ada di Jawa Barat (Football Man, BMX dll)

Dari penjelasan Pak Bambang, rekan-rekan blogger di Palembang dapat mengetahui sejauh mana persiapan dan fasilitas-fasilitas apa yang disediakan oleh Pemerintah di Athlete Village di Palembang. Total hunian yang dipersiapkan di Athlete Village dapat menampung sebanyak kurang lebih 3030 atlit dan official yang dibagi kedalam tiga zona apartemen.

Athlete Village ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas keren lainnya seperti Dining Hall (ruang makan yang menyediakan makanan selama 24 jam), Art and culture performs (dimana atlit dan official juga dapat memamerkan kebudayaan mereka), serta athlete service place yang dibagi menjadi dua bagian yaitu Leisure dan Daily Need. Mengenai progress sudah mencapai tahap yang signifikan dan optimis dapat rampung serta digunakan tahun depan.

Diharapkan dengan lengkapnya fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah, baik atlet maupun official dapat menikmati waktu mereka selama mengikuti kegiatan dan bertanding di Asian Games 2018.

Ssstt kalau saya sih juga excited sebagai warga lokal. Terlebih karena kepingin mencoba LRT (Light Rapid Transit) yang merupakan LRT pertama di Indonesia yang ada di Palembang! teman-teman kepingin juga kan ya? makanya datang ke Palembang ketika perhelatan Asian Games 2018 berlangsung yuk, yuk, yuk!


Sudut Istana

Setelah paparan dari Pak Bambang selesai, rekan-rekan Blogger Palembang kemudian dipertemukan dengan Tim Komunikasi Presiden. Adalah Bp. Handoko Sudarta yang kemudian memaparkan banyak hal mengenai seluk beluk kegiatan Bp.Jokowi sebagai Presiden RI.

Dapat mengikuti sesi ini, menurut saya sangat menyentuh hati. Bagaimana tidak, selama sesi berlangsung Pak Handoko banyak memperlihatkan video-video yang menunjukkan program-program apa saja yang sudah dijalankan oleh Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla selama mereka menjabat. Seperti yang teman-teman ketahui bahwa Pak Jokowi-JK telah memasuki tahun ketiga masa kepemimpinan mereka, dan tahun 2018 akan menjadi tahun ke 4 sebelum pemilu berlangsung di 2019.

Flash Blogging Kemkominfo
Bp.Handoko Sudarta, Tim Komunikasi Presiden

Menurut Pak Handoko, Selama tiga tahun ini Pak Jokowi memfokuskan kinerja beliau dalam ketiga tahapan.

Tahap pertama adalah Pondasi untuk menciptakan Indonesia yang kuat. Tahap kedua adalah Percepatan untuk menciptakan kemajuan Indonesia beradasarkan target kerja. Tahap ketiga adalah Pemerataan yang berkeadilan.

Dikutip dari Nawacita Kerja Bersama Sudut Istana, ada Sembilan Agenda Prioritas dari Jokowi JK yaitu :

  1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara
  2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demikratis dan terpercaya
  3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
  4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.
  5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia
  6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional
  7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik
  8. Melakukan revolusi karakter bangsa
  9. Memperteguh Kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Selesai Pak Handoko memberikan paparan, kami makin mengerti bahwa kita sebagai masyarakat wajib mendukung pemimpin yang amanah. Pak Jokowi dan Pak JK menunjukkan dedikasi yang signifikan untuk kemajuan Indonesia. Meski memang tak ada pemimpin yang sempurna, namun yang Pak Jokowi JK secara sungguh-sungguh bekerja untuk memajukan Indonesia.

We wish you a good health and always spirited, Mr President and vice.


Menulis Kreatif di Blog

Bagi para Blogger, nama Enda Nasution pasti sudah akrab di telinga dan menjadi top of mind bagi para Blogger di Indonesia. Well, at least that’s what I had in mind whenever I heard his name.

Di acara Flash Blogging dengan Kominfo ini, Mas Enda memaparkan bagaimana caranya kita sebagai blogger dapat menulis dengan kreatif di blog. Mulai dari pengertian apa itu blog, tema-tema blog apa saja yang populer di dunia blogging saat ini, bagaimana membuat blog post yang bagus hingga anatomi sebuah posting di Blog.

Namun Mas Enda menekankan bahwa sebagai blogger, kita harus memiliki tanggung jawab untuk membuat berita yang benar, menyebarkan berita positif serta tidak menyerang atau menyindir individu tertentu.

Agar apa?

Ya agar Indonesia aman tentram selalu dong. Jangan terpancing membuat cerita hoax atau menyebar konten negatif yang tidak bermanfaat. Dengan demikian, semoga kegiatan blogging kita dapat menghasilkan manfaat baik dunia maupun akhirat. Setuju ya?


Dengan berakhirnya sesi dari Mas Enda Nasution, maka berakhir pula acara Flash Blogging Kominfo hari ini. Semoga yang hadir dapat mendapatkan manfaat dan pembaca blog Bonadapa juga kecipratan manfaatnya nih.

Ingat selalu bahwa tidak hanya blogger saja, namun kita semua sebagai masyarakat Indonesia wajib untuk #bijak bersosmed ya teman-teman, dan Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia.

Karena kalau bukan kita semua yang menjaga Persatuan Indonesia,

siapa lagi?

 

Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika #AsianGames2018 #FlashBlogging #Kemkominfo

Advertisements

4 Comments

Cool People Say :