Ingin Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal? ini Kuncinya!

f8fe690d8f68100ca8b93abc73d919832be4cc1e

Orang tua manapun pasti setuju, bahwa urusan anak tetaplah nomor satu.

Namun terkadang, sebagai ibu yang bekerja, keterbatasan waktu membuat saya agak-agak parno mengenai banyak hal : mulai dari makanan, gizi, pendidikan, nutrisi dan banyaaaaaaak lagi.

Andaikan Bunda yang bekerja dapat membelah diri layaknya Amoeba, tentu kekhawatiran seperti ini tak ada lagi ya. Tinggal membelah diri, simsalabim! setengah badan ada di rumah: setengah badan ada di kantor, semua urusan beres! hahahaha *iyak lu ngayal aja terus nin*

Kembali ke jalan topik yang benar.

Alhamdulillah sangaat… saya memiliki suami juarak, serta anggota keluarga yang sigap menyediakan semua hal yang anak-anak butuhkan ketika saya tidak dirumah.

Jadi bisa dibilang meskipun jujurnya di dalam hayati masih khawatir, namun sudah bisa ‘ditekan’ karena anak dikelilingi orang-orang terpercaya yang senantiasa berusaha memenuhi berbagai kebutuhan dasar anak.

Nah sabtu kemarin, saya berkesempatan mengikuti seminar yang diadakan oleh Dancow Parenting Center dengan tema ‘Tumbuh Kembang si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal’

Dibawakan dengan apik oleh Mbak Shahnaz Haque, seminar ini juga menghadirkan pakar-pakar ternama, yaitu : Dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH; Psikolog cantik Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, PSi; dan Pakar Nutrisi ibu Sari Sunda Bulan.

p_20160924_100620-01
dari kiri : Mbak Shahnaz, Ibu Sari Sunda Bulan, Mbak Vera dan Dr.Bernie

Apa saja yang disampaikan oleh para pakar tersebut? mari-mari Bunda, disimak rangkuman berikut ya 🙂

  1. Di usia 1 sampai 5 tahun, si kecil memasuki tahap perkembangan. Artinyaa ia bukan bayi lagi, tubuh dan otaknya bertumbuh amat pesat, ia mulai berjalan dan melakukan aktivitas secara mandiri, selain itu usia 1-5 tahun adalah usia si kecil untuk bermain, bereksplorasi dan bertanya.

Penting bagi para orang tua untuk memperhatikan gaya pengasuhan untuk tumbuh kembang anak. Alih-alih otoriter (mendikte anak) atau permisif (mengikuti semua mau anak), gaya pengasuhan yang paling baik adalah yang bersifat demokratis.

Bersifat demokratis artinya membebaskan anak untuk melakukan aktivitasnya, namun tetap dalam koridor aturan yang jelas.

Misalnya : membebaskan anak untuk belajar naik sepeda (alih-alih melarangnya karena ini merupakan gaya pengasuhan otoriter), namun tetap dengan aturan jangan bermain terlalu jauh ke jalan besar, dan waktu bermain dibatasi.

2. Penuhi kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang anak (yaitu nutrisi, kasih sayang dan stimulasi)

Kecukupan Nutrisi mendukung pematangan daya tahan tubuh, membantu tumbuh kembang otak dan menjadi penentu pertumbuhan fisik yang baik.

Bunda, otak anak berkembang pesat di 1000 tahun pertamanya di dunia, sehingga nutrisi menjadi sangat penting untuk pertumbuhan si kecil secara keseluruhan.

Nutrisi bagaimana yang baik?

Tentu saja nutrisi yang seimbang sesuai tahapan usia. Selain 4 sehat 5 sempurna, minum susu jangan lupa. Perhatikan juga takaran makan yang baik. Karbohidrat hendaknya sebanding dengan protein, sementara sayur-mayur porsinya lebih banyak 🙂

696849b2ebf0fb275be1b672b998bcba

p_20160926_163536_1
Content picture courtesy of Dancow Parenting Center

Cinta Bunda dan Ayah akan menumbuhkan pengalaman emosi positif dan rasa aman pada si kecil.

Rasa aman tersebut dibutuhkan untuk membangun basic trust si kecil. Basic trust adalah cara Si Kecil memandang dunia di sekitarnya secara baik, yang menumbuhkan rasa berani, percaya diri untuk bereksplorasi.

Cinta Bunda dan ayah ini perlu ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan sering memeluk, mencium, memuji anak, serta mendengarkan cerita anak dengan seksama.

p_20160926_163501_1
Content picture courtesy of Dancow Parenting Center

Stimulasi merupakan hal penting dalam mendukung tumbuh kembang si kecil karena dapat mengembangkan seluruh aspek kecerdasan dan kreativitas si kecil, menyediakan ruang bagi si kecil untuk bereksplorasi, membantunya mencapai seluruh target tumbuh kembangnya secara optimal.

p_20160926_163529_1
Content picture courtesy of Dancow Parenting Center

Jadi, Kunci tumbuh kembang anak ada 3, yaitu : kecukupan nutrisi, Kasih sayang dari Ayah dan Bunda, Serta Stimulasi.

Nah, setelah saya menghadiri seminar ini, saya melakukan cek dan ricek kembali mana yang sudah saya terapkan untuk kedua anak saya dan mana yang belum.

Terlebih the biggest problem yang saya hadapi adalah kedua anak saya tersebut sangat susah sekali banget makan.

Anak saya yang besar, RFA, kalau sudah makan banyak dalam sehari, selanjutnya bisa ‘puasa’ berhari-hari. Dikasih ina itu ga ada mau. Emaknya jadi senewen

Anak saya yg kedua, RFI, lain lagi. Makan teratur tapi sekali makan paling banyak cuma lima suap sadja setelah itu bisa balik kanan grak terus main lagi. huhu

Jadi pentiiiing sekali memastikan mereka cukup nutrisi dengan memberikan susu yang bergizi tinggi, seperti rangkaian Dancow excel nutri+ yang tidak hanya kaya akan nutrisi namun juga mengandung bakteri baik yang dapat memberikan perlindungan selama proses tumbuh kembang anak. 🙂


TIPS UNTUK BUNDA (untuk si kecil usia 5-12 tahun)

  • Penuhi tiga kebutuhan dasar si kecil : perlindungan, stimulasii serta kasih sayang untuk memastikan tumbuh kembang si kecil
  • Menemani si kecil belajar dan berekplorasi
  • Memberikan tanggung jawab secara bertahap seiring pertumbuhannya
  • Beri kesempatan si kecil menyelesaikan masalah sederhana secara mandiri sesuai tahapan usianya
  • Ajak anak melakukan aktivitas yang merangsang kreativitasnya , seperti membuat mainan dari barang bekas
  • Mendorong anak untuk berhasil melakukan sesuatu dan tidak mudah menyerah dengan memberikan bimbingan model dan pujian

Bila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai parenting dan tumbuh kembang anak, Bunda dapat menghubungi Dancow Parenting Center pada alamat berikut :

website : http://www.dancow.co.id/dpc

Facebook : Dancow Parenting Center

Twitter : @DANCOWCenter

 

 

Advertisements

2 Comments

  1. Beruntung sekali ya Mba bisa ikutan acara ini.. Byk pengetahuan yg bisa dipetik seputar parenting dan tumbuh kembang anak..

Cool People Say :