Advertisements
Gadget

Menangkan Game Sebelum Dimainkan – dengan Smartphone Gaming Asus Zenfone Max Pro M1 yang Terjangkau dan Tahan Lama

Teringat di waktu lampau, ketika teknologi belum sampai pada titik evolusi seperti sekarang. Perkenalan saya pertama kali dengan game adalah melalui console game watch Donkey Kong (rilis tahun 1981). Console ini terdiri dari layar atas bawah dimana bagian tengah console dapat dilipat untuk menutupnya.

Tahun berlalu, saya kemudian gandrung bermain Final Fantasy VIII (rilis tahun 1999) dan Final Fantasy IX (rilis tahun 2000) yang keduanya berakhir dengan frustasi karena mentok tak kunjung menemukan summon yang serasi. Saya lalu beralih ke Tekken 3 (rilis tahun 1997) yang membuat joystick saya hampir lepas tombolnya, karena sibuk mencari kombinasi yang tepat untuk mendapatkan jurus yang mematikan bersama Hwoarang. Saya juga sempat bersenang-senang memainkan Crash Team Racing (rilis tahun 1999) dimana saya bisa puas menyetir dengan gila-gilaan – sebelum saya berhenti main game dan fokus belajar untuk UMPTN, karena takut terkena amarah Ibu.

Saya bukan gamer. Hanya sesekali senang bermain game. Selain bermain game di console, saya juga bermain game di ponsel. Ketika dunia mengenal symbian saya bermain MineSweeper. Ketika dunia mengenal Android saya hobi melempar Angry Bird. Lalu seiring meningkatnya kemajuan teknologi, game-game lawas yang dulu saya mainkan satu persatu mulai bermunculan untuk versi smartphonenya.

Mengenai smartphone, saya bisa menjadi seorang yang banyak inginnya. Misalnya, saya ingin smartphone dengan baterai yang mumpuni agar tidak melulu sibuk cari colokan sana sini. Saya ingin grafis yang jernih agar mata lebih puas memandang secara detil. Saya ingin chipset yang kencang agar smartphone tidak mudah lag. Saya ingin kamera yang bisa diandalkan agar bisa mengambil foto dimanapun dan kapanpun. Saya juga ingin sinergi dari semua yang sudah saya sebutkan tadi – untuk memenuhi kepuasan dalam bermain game.

Jika saat ini teman-teman penasaran adakah wujud smartphone dengan spesifikasi yang seperti banyak inginnya saya, maka saya akan menjawab ada. Kali ini, teman-teman perlu berkenalan dengan smartphone limitless gaming dari Asus.

DCIM100GOPROGOPR0668.JPG

Sederhana saja. Jika teman-teman adalah seorang yang senang main game, maka teman-teman pasti setuju jika saya katakan bahwa Game berkaitan dengan satisfaction. Ketika bermain game, tidak hanya otak yang berfikir bagaimana sebuah game mesti dimenangkan, namun bagaimana perjalanan teman-teman menikmati permainan menjadi lebih penting.

Meski banyak smartphone yang beredar di pasaran, namun tidak semua smartphone ideal digunakan untuk gaming. Terlebih jika teman-teman menyukai game dengan spesifikasi yang tinggi seperti Mobile Legends atau PUBG. Teman-teman butuh smartphone yang tahan banting dan memang diciptakan untuk gaming. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana smartphone gaming itu seharusnya?

Harus Powerful

Fungsi sebuah smartphone semakin hari semakin kompleks. Kita menggunakannya mulai dari membaca berita hingga hiburan; mulai dari browsing resep rendang hingga main Clash of Clans. Karena itulah penting bagi sebuah smartphone untuk memiliki chipset yang mumpuni.

Terlebih ketika bermain game, smartphone akan menjalankan rendering kompleks – sehingga banyak daya smartphone dikerahkan disitu. Chipset yang powerful akan mendukung smartphone untuk mulus menjalankan game; dan tidak terasa patah-patah ketika dijalankan.

Salah satu chipset yang populer digunakan smartphone kelas menengah dan menengah ke atas adalah Snapdragon. Ia dikenal karena kemampuannya yang mumpuni dalam konektivitas, grafis, konsumsi daya dan performa. Intinya, semakin berkualitas dan tinggi kemampuan chipset yang digunakan, semakin puas sang gamer menjajal game yang dimainkannya.

Harus Cepat

Jika teman-teman merasa smartphone teman-teman berat dan sering lag atau hang, masalahnya mungkin ada pada RAM di smartphone teman-teman. Random Access Memory atau yang lebih dikenal dengan sebutan RAM, merupakan bagian dari smartphone yang berfungsi membantu kinerja prosesor untuk menjalankan dan membaca data aplikasi yang ada. Semakin besar RAM maka semakin besar pula kemampuannya untuk mengatur berbagai aplikasi di smartphone sehingga pengguna merasakan smartphonenya ringan dan lancar.

Dalam smartphone Gaming, RAM dengan nilai yang mumpuni sangat dibutuhkan. Karena sama seperti saya, teman-teman pasti sebal jika terjadi lag ketika game sedang berlangsung seru-serunya. Untuk bermain game, saya rasakan smartphone dengan RAM minimal 3GB sudah cukup memadai. Lebih baik lagi, jika kita bisa memiliki smartphone dengan RAM 4Gb atau RAM 6GB.

Intinya, semakin besar RAM, maka semakin digdaya pula smartphone dalam menjalankan game yang kita inginkan.

Harus Tahan Lama

Baterai adalah salah satu hal yang paling crucial yang dibutuhkan sebuah smartphone gaming. Bayangkan saja jika smartphone teman-teman baru digunakan bermain Real Football setengah jam lalu lowbat, konsentrasi teman-teman pasti terpecah karena harus buru-buru mencari tempat untuk charging.

Meski saat ini telah ada powerbank yang dapat kita bawa kemanapun untuk mengantisipasi kekurangan baterai, namun penggunaan powerbank dalam jangka panjang tidak disarankan.

Maka dari itu, saya cenderung memilih smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Bukan di angka 3000 an, nanggung di angka 4000 an, pilih yang 5000mAh sekalian – yang bisa mendukung kita main game selama 7 jam nonstop tanpa charging.

Harus Memanjakan Mata

Dulu ketika masih SMA, saya ingat benar-benar terpukau oleh detilnya grafis yang dihadirkan oleh Final Fantasy VIII. Tak terbayang saat ini sudah banyak sekali game dengan kualitas grafis serupa yang dapat saya mainkan di smartphone. Bayangkan jika kemampuan display smartphone saya tidak HD atau tidak mumpuni. Warna-warna yang memukau dan detil animasi di game berkualitas tinggi tentu tak dapat saya nikmati secara maksimal.

Harus Lancar Konektivitas

Para gamer saat ini benar-benar dimanjakan oleh kemampuan banyak game yang bisa dimainkan secara pairing maupun berkelompok. Hal ini tentu memerlukan konektivitas yang baik. Karena itu sangat penting bagi sebuah smartphone gaming untuk memiliki konektivitas yang mumpuni. Pilih yang memiliki konektivitas FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM. Serta jangan lupa adanya ketersediaan WLAN, Bluetooth, dan Wi-Fi direct.

Asus Zenfone Max Pro M1
Gambar dari Asus

ASUS yang merupakan salah satu perusahaan yang termasuk dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune, saat ini telah menghadirkan smartphone khusus Gaming yaitu Zenfone Max Pro M1. Mengusung jargon Limitless Gaming, Asus melengkapi Zenfone Max Pro M1 dengan berbagai keunggulan teknologi yang membuat smartphone ini tahan lama untuk main game hingga 7 jam non stop.

Masuknya Asus di lini smartphone gaming ini pun bukan tanpa alasan. Menurut Head of Public Relations Asus Indonesia Muhammad Firman, di Indonesia saja, penetrasi mobile gaming mencapai 20.2 juta orang di tahun 2019, dengan jumlah pengguna sebesar 54.7 juta orang.

Dengan angka sebesar ini, sebanyak 62% pengguna smartphone menginstall mobile gaming dalam waktu satu minggu setelah mereka membeli smartphone. Sebanyak 37% pengguna smartphone memilih memainkan game di smartphone mereka dibandingkan melakukan hal lainnya seperti membaca e-book atau menonton, misalnya. Sebesar 37% pengguna juga lebih memilih bermain game di smartphone mereka dibandingkan bermain game di console. Nah, apakah teman-teman termasuk salah satu dari mereka?

Untuk itu, Asus menciptakan smartphone yang bisa mengakomodir tingginya minat banyak orang dalam bermain game. Lagipula, jika ngaku senang main game, teman-teman memerlukan smartphone yang memang diciptakan untuk gaming. Biar apa? biar ga kecele. Lagi asik-asik main Mobile Legends eh baterai habis. Sibuk cari colokan tahu-tahu di triple kill pulak sama musuh. Smartphonenya yang nggak khusus gaming sih.

DCIM100GOPROGOPR0659.JPG
Asus Zenfone Max Pro M1

Mengusung jargon Limitless Gaming, Zenfone Max Pro M1 memang memiliki spesifikasi tangguh yang ideal sebagai smartphone gaming. Dan spesifikasi ini pulalah yang membuat saya ingin memilikinya. Penasaran? berikut paparannya.

Kapasitas Baterai 5000mAh

Sebelumnya saya sudah pernah menggunakan smartphone Asus dengan kapasitas 5000mAh (Asus Zenfone Max) dan ia membuat saya terkagum-kagum. Kagum karena dengan pemakaian yang normal (tanpa bermain game) baterai dapat bertahan hingga DUA HARI tanpa dicharge sama sekali.

Kapasitas baterai yang sama kita dapatkan di Zenfone Max Pro M1. Sehingga saya mengamini ketika smartphone ini dikatakan dapat digunakan untuk bermain game selama 7 jam nonstop.

Pun lagi ketika bepergian atau harus beraktivitas seharian di luar rumah, teman-teman tak perlu sibuk mencari cari tempat charging atau membawa powerbank yang berat. Karena dengan kapasitas baterai yang besar, Zenfone Max Pro M1 dijamin tahan lebih lama.

Teknologi Flash charging yang dimiliki oleh smartphone ini juga mumpuni. Dengan Flash Charging dan kapasitas baterai sebesar ini, teman-teman bisa melakukan charging baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu dua jam 42 menit saja.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 636

Masih ingat dengan kemampuan chipset yang saya sebutkan di atas? Untuk chipset, Asus Zenfone Max Pro M1 sudah menggunakan prosesor Snapdragon 636. Kemampuannya tentu saja sudah lebih tinggi daripada saudara sebelumnya yaitu Snapdragon 625. Hasil benchmark Antutu menunjukkan bahwa Snapdragon 636 1,54 kali lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625.

Snapdragon 636 juga membawa teknologi terbaru Snapdragon yang membuat CPU bekerja lebih cepat namun hemat baterai. Dengan kemampuan yang demikian, kehadiran Snapdragon 636 tentu sangat ideal untuk merasakan pengalaman limitless gaming di Zenfone Max Pro M1.

Ketika saya mencoba memainkan game di Zenfone Max Pro M1, game yang saya mainkan berjalan dengan baik dan sangat lancar. Tak ada jeda, tak ada lag apalagi patah-patah.

Tampilan layar FUll HD

P_20181108_171637

Zenfone Max Pro M1 juga didukung oleh tampilan layar yang mumpuni. Berukuran 6 inci, Zenfone Max Pro M1 memiliki resolusi Full HD+ 2.160 x 1080p dengan rasio 18:9 serta full-view display untuk pengalaman main game yang lebih maksimal.

Ketika saya mencoba memainkan game di Zenfone Max pro M1, layar wide display membuat mata lebih lega memandang dan terasa mantap di genggaman. Kualitas  gambar HD di handset ini benar-benar memanjakan mata dengan warna-warna dan detil yang jelas. Saya membayangkan bermain game dengan grafis yang detil seperti Final Fantasy pasti asik sekali dengan smartphone ini.

Bodi Aluminium yang Pas di Genggaman

This slideshow requires JavaScript.

Dengan dua pilihan warna yaitu Depsea Black dan Meteor Silver, Zenfone Max Pro M1 dibalut dengan bodi Aluminium yang terkesan kokoh dan elegan. Ukurannya yang 6 inci nyaman digenggam ketika bermain game, terasa ringan, pun masih ‘tenggelam’ jika kita simpan di dalam kantong celana.

Tiga Pilihan RAM dan Kapasitas

Asus Zenfone Max Pro M1 ini memiliki 3 pilihan yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu :

  • 3GB RAM kapasitas penyimpanan 32GB
  • 4GB RAM kapasitas penyimpanan 64GB
  • 6GB RAM kapasitas penyimpanan 64GB

Namun jangan khawatir jika teman-teman ingin kapasitas yang lebih, Zenfone Max Pro M1 dapat menampung hingga 256GB dengan Micro SD. Ditambah 10GB di google drive gratis 1 tahun. Dengan kapasitas sebesar ini tentu saja dapat lebih puas bagi teman-teman untuk menyimpan game-game favorit ya.

Dual Kamera dengan Efek Bokeh

Saat ini kehadiran kamera di smartphone menjadi penting peranannya terlebih setelah hadirnya Instagram. Zenfone Max Pro M1 memiliki TIGA kamera yang dibenamkan di dalamnya – dengan dua kamera belakang, dan satu kamera depan.

  • Untuk Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 6GB kapasitas 64GB, kamera belakang yang dibenamkan sebesar 16 MP dan 5 MP (untuk efek bokeh). Dan kamera depan sebesar 16 MP. Sedangkan,
  • Untuk Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 4GB kapasitas 64 & RAM 3GB kapasitas 32, kamera belakang yang dibenamkan sebesar 8 MP dan 5 MP (untuk efek bokeh). Dan kamera depan sebesar 8MP.

Kamera juga dilengkapi dengan softlight LED flash yang dapat teman-teman gunakan sesuai kebutuhan. Berikut adalah hasil foto dari dual kamera Zenfone Max Pro M1

WhatsApp Image 2018-11-15 at 06.15.03(1)

WhatsApp Image 2018-11-15 at 06.15.03

Zenfone Max Pro M1
Gambar dari Asus

Pure Android Oreo 8.1

Zenfone Max Pro M1 menggunakan pure android 8.1 Oreo yang sangat ringan untuk digunakan dalam smartphone gaming. Pure android sendiri merupakan operating system android yang memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya tidak memiliki terlalu banyak fitur sehingga dapat bekerja dengan lebih cepat, tidak mengkonsumsi penggunaan RAM sehingga smartphone dapat bekerja lebih ringan, dan lebih simple ketika digunakan.

3 Slot Kartu

Asus Zenfone Max M1 juga dilengkapi 3 slot kartu yang terdiri dari 2 kartu selular; dan 1 slot kartu memori. Sehingga jika teman-teman memiliki dua kartu selular, teman-teman bisa langsung menggunakan keduanya.

Suara yang Powerful

Suara Asus Zenfone Max Pro M1 dirancang untuk kemampuan gaming yang maksimal. Didukung dengan 5 magnet loudspeaker, dan smart amp power, untuk distorsi yang lebih rendah dan volume yang lebih kencang. Sayangnya saya tidak mencoba bermain game dengan suara maksimal ketika saya mencoba smartphone ini. Meski demikian, untuk sebuah smartphone gaming, kemampuan suara memang patut diperhitungkan.

Harga yang Terjangkau

Dengan banyaknya fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh Zenfone Max Pro M1, mungkin temen-teman berfikir bahwa smartphone ini dibanderol dengan harga yang mahal. Teman-teman salah. Meski memiliki spesifikasi kemampuan yang mumpuni, smartphone ini tersedia dengan harga yang terjangkau, yaitu :

  • ZenFone Max Pro M1 (3GB/32GB) di harga Rp2.199.000
  • ZenFone Max Pro M1 (4GB/64GB) di harga Rp2.599.000
  • ZenFone Max Pro M1 (6GB/64GB) Rp3.299.000 tersedia secara khusus didistribusikan oleh Erajaya.

Setelah menjelaskan banyak berbagai kelebihan dari smartphone gaming ini, teman-teman tentu penasaran dengan spesifikasi lengkap dari Zenfone Max Pro M1. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Asus.

spek3

 

Picture1542162625842

Dengan banyak kelebihan, rasanya wajar jika Asus Zenfone Max Pro M1 dikatakan menjadi smartphone gaming yang bikin saya sangat ingin memiliki. Dan berbicara mengenai fitur, berikut merupakan 3 fitur yang paling menarik dari Asus Zenfone Max Pro M1 yang membuat saya makin jatuh cinta :

1.Flash Charging

Flash Charging menjadi crucial karena tuntutan kebutuhan. Apalagi bagi saya yang seorang Remote Worker dan Blogger. Rasanya tiap sebentar saya perlu menggunakan smartphone saya. Entah untuk sekedar baca email, berdiskusi dengan teman di grup, main game ketika penat dengan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Jika smartphone saya di charge terlalu lama, terkadang saya bingung sendiri. Apalagi jika saya harus pergi ke luar rumah. Dengan Zenfone Max Pro M1 yang memiliki baterai 5000 mAh dan teknologi Flash Charging, saya rasanya tak perlu grasa grusu takut kehabisan baterai. Pun kalau memang kehabisan baterai saya bisa melakukan charging tak begitu lama. Untuk mengisi daya hingga 5000 mAh hingga full saya hanya memerlukan waktu selama 2 jam 42 menit saja. Untuk ketahanan baterai hingga dua hari (tanpa bermain game) dan untuk ketahanan bermain game selama 7 jam nonstop, melakukan charge dengan waktu demikian saya rasa cukup worth it.

2. Face Unlock

Bagaimana cara teman-teman mengamankan smartphone? mungkin ada yang menggunakan PIN angka, gesture lock, finger print, dan lain-lain. Zenfone Max Pro M1 memiliki face recognition untuk membuka smartphone dengan cara mengenali wajah penggunanya. Fitur ini tidak hanya praktis dan cepat, namun juga sangat aman. Jadi, jika bukan anda, jangan harap bisa membuka smartphone anda sembarangan.

3. Pure Oreo

Saya belum pernah memiliki smartphone dengan OS pure android, namun ketika menggunakan Zenfone Max Pro M1 dengan pure Oreo saya bisa merasakan bedanya. Smartphone terasa lebih ringan, dengan kecepatan berpindah antar aplikasi yang cepat. Interface juga nyaman dilihat, terkesan simple dan nggak ribet.


Zenfone Max Pro M1 merupakan smartphone gaming dengan spesifikasi yang patut diacungi jempol. Jika teman-teman pencinta gaming, maka memiliki Zenfone Max Pro M1 akan memberikan kepuasan tersendiri karena kemampuannya yang sangat mumpuni. Bahkan jika teman-teman bukanlah pencinta gaming, smartphone ini tetap layak dipertimbangkan karena baterai yang tahan lama, dapur pacu yang oke, serta dual kamera yang dapat diandalkan. Dari keseluruhan artikel ini saya bisa menyimpulkan dengan satu quote :

With Zenfone Max Pro M1, you can win the game, before it’s played.

Hubungi Asus pada halaman berikut

Asus Indonesia

Facebook | Twitter | Instagram

Advertisements

Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com

18 Comments

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: