Ada kabar gembira nih bagi anda traveler Muslim pencinta fast food yang sering bertandang ke Singapura. Jaringan restoran yang menjual submarine sandwichΒ ternama yaitu Subway, mengabarkan bahwa mereka sedang dalam proses memperoleh sertifikat halal dari Islamic Religious Council of Singapore.

Subway sendiri merupakan jaringan restoran fast food ternama dari Amerika Serikat dengan menu utama submarine sandwich dan salad. Jika anda sering menonton drama Korea atau sering bertandang ke Singapura, anda pasti sudah cukup familiar dengan restoran ini.

A post shared by Official Subway (@subway) on

Submarine sandwich merupakan roti yang diisi (sandwich) dengan irisan daging, keju, berbagai macam sayuran dan bumbu-bumbu tambahan. Yang membuatnya berbeda dengan sandwich pada umumnya adalah bentuk roti yang digunakan. Alih-alih menggunakan roti bulat (bun) atau roti tawar segi empat yang awam kita temukan, Submarine sandwich menggunakan roti panjang yang bentuknya sekilas mirip dengan submarine atau kapal selam.

Jadi, tidak hanya Pempek Palembang yang terkenal dengan istilah kapal selam; ternyata sandwich juga ada yang jenisnya kapal selam ya! πŸ™‚

Artikel lain mengenai Singapura? : Review Santa Grand Hotel Bugis : Hotel Budget Keluarga yang Oke di Singapura!

Subway dan Jaringannya

Subway sendiri bukanlah pemain baru di ranah bisnis fast food. Berdiri sejak tahun 1965, Subway semula bernama Pete’s Super Submarines (1965-1968). Tercatat Per Juni 2017, Subway telah memiliki 45.000 outlet franchise di 100 negara di seluruh dunia.

Di Singapura sendiri Subway memiliki 132 outlet yang tersebar di seluruh penjuru kota di Singapura. Maka tak heran, ketika di Singapura, kita bisa dengan mudah menemukan outlet Subway di banyak lokasi di dalam kota.

Sayangnya selama ini, tidak adanya logo sertifikasi halal yang terpampang di depan restorannya, membuat traveler Muslim mengurungkan niat untuk menikmati sajian fast food ini.

Terlebih bagi traveler Muslim dari Indonesia, yang sebagian besar merasa tertarik mencicipi Subway – mengingat jaringan franchise ini memang belum tersedia di Indonesia.

Subway dan Sertifikasi Halal

Kabar Subway menuju Halal ini pun telah dikonfirmasi oleh Subway Singapore dan Islamic Religious Council of Singapore, melalui twitter mereka masing-masing.

Per 21 Maret 2018, Subway Singapore sudah tidak menggunakan daging babi di dalam menu mereka dan menggantinya dengan kandungan “non-pork protein”.

Meski di negara ini umat muslim merupakan minoritas, namun Singapura terkenal sangat ketat dalam mengeluarkan dan mempertahankan sertifikasi halal untuk restoran-restoran yang mengajukannya.

Di sebuah Food Court di Singapura misalnya, awam kita lihat peralatan makan antara makanan halal dan non halal harus digunakan dan diletakkan secara terpisah.

Dengan demikian, untuk Subway Singapura tentu saja masih diperlukan waktu untuk bisa mendapatkan sertifikasi halal yang menjamin bahwa menu mereka benar-benar sudah terjamin Halal.

Well, kita tunggu saja kabar baiknya πŸ™‚

Artikel lain mengenai Singapura? : Inilah 20 List Rekomendasi Restoran dan Cafe Halal untuk Wisata Kuliner di Singapura Pt.1

Sandwich Submarine di Indonesia?

Di Indonesia memang belum tersedia jaringan Subway. Namun jangan kecewa karena kita masih bisa menikmati Submarine sandwich di Jakarta.

Adalah Quiznos Sub yang juga menyediakan menu Sandwich Submarine yang menggiurkan. Disini anda bisa memilih Sandwich dengan tiga pilihan kategori yaitu Chicken Subs, Deli Subs, dan Steak Subs.

A post shared by Quiznos Indonesia (@quiznos_id) on

Ukurannya pun tersedia dalam tiga pilihan, yaitu 6, 9 hingga 12 inchi tergantung selera kita. Untuk pilihan roti tersedia rosemary parmesan bread, wheat bread, dan white bread. Harga mulai dari Rp.60 ribu untuk ukuran yang kecil.

Saat ini, Quiznos Sub telah memiliki 4 outlet di Jabodetabek dengan alamat sbb :

Alamat Quiznos Sub Rawamangun :

Jl. Pemuda No.30, Rawamangun, Pulogadung, RT.2/RW.7, Rawamangun, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

Telp : (021) 29834017

Alamat Quiznos Sub Karawaci :

Supermal Karawaci UG#22 Jl. Boulevard Diponegoro No.105, Tangerang, Banten
Phone: (+6221) 54211956

Alamat Quiznos Sub Menteng :

Jl. HOS Cokroaminoto No. 94 (Di Atas Dunkin’ Donuts), Menteng, Jakarta Pusat Buka – Selasa (07:00 – 24:00)

Telp : 021 29922376, 089622026917

Alamat Quiznos Sub Citra Garden

Jl. Utan Jati Blok I5 No.2, RT.1/RW.12, Pegadungan, Kalideres, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11840

Telp : (021) 5443165


Jadi bagaimana, tertarik mencicipi Submarine Sandwich yang ada di Indonesia sembari menunggu Halalnya Subway? kalau saya sih tentu saja jawabnya : Yes! πŸ˜‰

Sumber data :

https://www.channelnewsasia.com/news/singapore/subway-singapore-halal-pork-10063084

https://www.instagram.com/quiznossaudi/?hl=en

https://www.instagram.com/subway/?hl=en

Twitter MUIS @HalalSG

Twitter Subway Singapore @SubwaySingapore

https://en.wikipedia.org/wiki/Subway_(restaurant)

Featured Image from https://www.justdial.com/Gwalior/Subway-Restaurant-New-Collectorate-Neo-Meridian-Behind-New-Collectorate-Road-City-Centre/9999PX751-X751-170518203207-V2Z8_BZDET

 


 

 

 

Advertisements

18 Comments

  1. Adekku ngebet banget makan di sini hanya karena Raditya Dika pernah bikin video makan di situ πŸ˜€ pas ke sana, udah depan konter, langsung mundur liat menunya haha. Ham & bacon di mana-mana. Jikapun ada yang nggak, tapi kan wajannya sama. Langsung mudur teratur.

    Tapi ini kabar bahagia (buat dia haha), dan bakalan dicobain nanti. πŸ™‚

    1. Aaah adekmu sama kayak aku Om, tiap lewat depan gerainya mupeng berat euy πŸ˜€ tapi apa daya kalau ga ada logo halal MUIS, berarti harus ditahan ga boleh makan disitu. Di SG ada restoran dgn menu serupa namanya Yellow Submarine. Nah kalau yg ini halal (dan enak) hehehe. Siip mudah2an ada rejeki buat nyobain halalnya Subway SG nanti Aamiin! πŸ™‚

      1. Noo… I think your reader got wrong idea. Karena kalau restoran Halal ya restoran yang makanannya Halal, bukan restoran khusus muslim; karena di Restoran Halal agama apapun bisa makan disitu, hehe πŸ˜€
        Tapi Omndut bener tuh, meski veg tapi kalau alat masak yg digunakan sama dgn pork, jatuhnya ya ga halal juga πŸ™‚

        1. Iya kalo soal itu aku paham cuma aku curcol dikit aja soal reader aku hahaha… Soalnya dia bilang terganggu dengan kata β€œhalal” coba deh kamu baca tulisan blogpostku terakhir

      1. Enak lho. Udah 8 tahun berlalu, di Indonesia Subway belum buka cabang juga ya. Tapi kadang saya bersyukur ada di sana tapi ga ada di sini dan sebaliknya, biar ada alasan datang ke sana/ke sini lagi. HahahaπŸ˜€

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.