Advertisements
Parenting Story

Pakaian Apa Saja yang Penting Diantisipasi Bumil Selama Masa Kehamilan?

This is one of the big question of all, ketika saya pertama kali divonis positif hamil. Meski saat ini saya sudah hamil untuk yang ke tiga kalinya, tetap saja permasalahan ‘gue mau pake baju apa selama hamil’ mengemuka di sela-sela kebahagiaan bakal punya momongan baru. Apakah bunda juga merasa begitu?

Sebenarnya untuk masalah pakaian saya bukan orang yang neko-neko. Saya cenderung malas dengan pakaian yang mengadopsi terlalu banyak pernik dengan model yang sophisticated. Maunya modelnya yang simple, jatuhnya bagus, bahannya enak di badan, dan harganya masih nyaman di kantong *Iyes, saya memang banyak maunya πŸ˜€

Namun tetap saja, menurut saya ada beberapa pakain yang sangat crucial untuk dimiliki selama masa kehamilan. Kira-kira apa saja jenis-jenis pakaian tersebut? Yuk disimak paparan berikut!

1.Rok dan Celana Maternity dengan Pinggang Adjustable


Celana adjustable untuk ibu hamil. Gambar dari Mooimom

Ketika hamil di bulan pertama hingga ke empat, bumil mungkin belum merasakan perubahan signifikan terhadap bentuk tubuh. Sehingga, bunda masih santai-santai aja tuh karena masih bisa menggunakan pakaian yang digunakan ketika sebelum hamil.

Kebetulan di kehamilan ke tiga ini saya mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak di bulan pertama yaitu 4,5 kg (sampai kena marah dokter!). Sehingga masuk di bulan ke empat rasanya pakaian saya yang biasa mulai tidak terasa nyaman di badan, terasa sesak dan saat itulah saya tahu bahwa sudah saatnya saya harus beralih ke pakaian yang lebih longgar.

Menurut saya memiliki Rok dan Celana dengan pinggang yang adjustable (yang bisa diatur besar kecil pinggangnya) sangat penting dimiliki oleh bumil. Kenapa? karena bisa digunakan dari usia kehamilan muda, hingga usia kehamilan tua.

Dimana kita tahu bahwa ketika usia kehamilan tua perut sudah semakin membesar dan sangat penting memiliki bawahan yang nyaman digunakan dan mudah dipadu padankan dengan berbagai atasan.

Dimana bisa membeli celana dan rok semacam ini? biasanya tersedia banyak di toko-toko yang menjual perlengkapan kehamilan ya. Celana hamil saya yang pertama kali saya miliki dulu, saya beli di sebuah jaringan toko besar di kota saya.

Namun untuk celana adjustable selanjutnya, saya sengaja hunting bahan santung lalu minta dibikinkan ke tukang jahit. Kenapa menjahit dan tidak membeli saja? simply because waktu itu pilihan warna si celana adjustable di department store kebanyakan berwarna hitam, sedangkan warna lain tidak ada.

Sehingga saya membuat kembali dua celana adjustable : warna off white dan warna coklat. Yang dapat saya gunakan ke kantor karena jenis bahan santung yang terlihat elegan.

Sudah baca ini? Ayo Ayah dan Bunda, kita List Yuk Perlengkapan yang Diperlukan Untuk Bayi yang Baru Lahir!

2. Baju Long Dress atau Gamis

Dress hamil. Gambar dari Mooimom

Saya sangat cinta baju model gamis atau long dress terutama ketika usia kehamilan saya sudah menginjak ke bulan ke tujuh. Hal ini karena perut sudah semakin besar, lingkar pinggang juga semakin melebar, sebagian besar pakaian mulai tidak dapat digunakan sehingga long dress merupakan pilihan paling aman.

Oh ya Bunda, jangan lupa ketika membeli, pilihlah ukuran gamis atau long dress yang ukurannya satu hingga dua kali lebih besar daripada ukuran badan kita ketika sebelum hamil.

Hal ini agar bunda tidak membeli long dress berkali-kali, maksudnya beli sekali saja namun bisa digunakan hingga saat melahirkan tiba.

3. Kemeja / Blouse Maternity

Menjalani kehamilan bukan berarti bumil tidak bisa bergaya stylish atau chic. Jika bunda sehari-harinya merasa lebih nyaman dengan gaya berpakaian atasan-bawahan, bunda masih bisa bergaya dengan style semacam ini kok.

Jadi ketika kehamilan beranjak ke umur 7 bulan (Juli 2018) saya disarankan dokter untuk bed rest. Kenapa? karena kehamilan saya mengalami Plasenta Previa; yaitu suatu kondisi dimana plasenta bayi berada menutupi jalan lahir (normalnya plasenta ini berada di atas atau di samping bayi) sehingga dengan kondisi ini saya rentan pendarahan – jika terlalu banyak bergerak.

Namun sebagai yang namanya emak-emak pun meski harus bed rest tak menyurutkan keinginan saya untuk belanja baju baru, ya kan? jadilah saya menuju toko ritel online yang khusus menjual perlengkapan kehamilan dan menyusui, yaitu Mooimom.

Di Mooimom ada banyak sekali blouse dan kemeja khusus untuk maternity dan ini sempat membuat saya bingung memilihnya. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Mooimom Maternity and Nursing Stripe Shirt yang modelnya sederhana namun terlihat chic untuk ibu hamil – dan bisa digunakan untuk saya yang berhijab.

Saya sangat menyukai kemeja dari Mooimom ini karena selain nyaman digunakan, ia terbuat dari 95% katun dan 5% spandex. Di samping kiri kanan terdapat tali yang bisa diikat ke belakang dan disesuaikan penggunaannya sesuai dengan besar kecilnya perut. Tali menggunakan kancing sehingga bisa dilepas pasang.

Kemeja ini juga dilengkapi dengan inner atau baju dalam lepasan (ada kancingnya) yang berfungsi juga menutupi payudara pada saat ibu menyusui.

Mooimom Maternity and Nursing Stripe Shirt
Mooimom Maternity and Nursing Stripe Shirt
Kaus dalam dengan kancing untuk menutupi dada ketika menyusui
Mooimom Maternity and Nursing Stripe Shirt yang saya gunakan ketika hamil 9 bulan
Saya hamil umur 9 bulan 7 hari masih bisa menggunakan kemeja hamil dari Mooimom dan celana panjang adjustable

Sehingga, baju ini tidak hanya dapat saya gunakan di masa kehamilan; namun juga masih bisa saya gunakan di masa menyusui. Senang!

Saya juga hepi bahwa di usia kehamilan 9 bulan ini, saya masih bisa menggunakan kemeja yang bisa saya gunakan dengan celana panjang adjustable yang saya miliki – dan masih bisa terlihat gaya meski tubuh sudah mengalami kenaikan hingga 16 kg! πŸ˜€

4. Bra yang Ukurannya Lebih Besar dari Ukuran yang Biasa Digunakan

Bunda pasti merasakan bahwa ketika hamil, payudara juga ikut membesar. Karenanya saya ‘mengistirahatkan’ bra-bra yang biasa saya gunakan sebelum hamil, dengan bra-bra yang berukuran satu atau dua kali ukuran lebih besar.

Bra dengan ukuran besar juga tidak hanya berguna ketika hamil saja, karena ketika menyusui, bra tersebut masih bisa digunakan – karena pada masa menyusui kan ukuran payudara belum kembali ke ukuran asal


Jadi gimana? sudah gak bingung lagi kan mengantisipasi pakaian apa saja yang mesti ada selama masa kehamilan?

Jangan lupa setelah melahirkan, bunda bisa menyimpan pakaian-pakaian hamil yang sudah bunda miliki (bila bunda mau) dengan cara membungkus pakaian-pakaian tersebut dengan pelastik, lalu disimpan dalam sebuah kotak yang dilabeli dengan pakaian hamil.

Sehingga ketika bunda hamil kembali, pakaian hamil yang sudah dibeli sebelumnya, bisa terpakai lagi. Selain hemat, bunda juga jadi memiliki banyak pilihan pakaian untuk di mix and match, bukan?

Selamat menikmati masa-masa kehamilan ceria ya bunda, dan semoga sehat selalu hingga hari kelahiran tiba! πŸ™‚

Baca juga : Hal-hal yang Saya Harap Telah Saya Ketahui Ketika Hamil Anak Pertama


Facebook | Instagram |Youtube

Advertisements

Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: