Persiapan Sebelum Memilih Wisata

September sudah bergulir dan 2016 tinggal beberapa bulan lagi.

screenshot_2016-09-28-16-33-41
Dempo Mountain, Pagaralam South Sumatera

Gimana? Ada yang sudah merencanakan liburan akhir tahun?Need mountain nutrition? or vitamin sea?

Mungkin bagi sebagian orang (yang bekerja pada suatu perusahaan atau lembaga) waktu liburan akan dilaksanakan pada awal tahun, pertengahan tahun, atau di akhir tahun karena jatah cuti tahunan yang terbatas.

Sementara yang tidak perlu mengajukan cuti bisa berlibur kapan saja tergantung dana yang tersedia.

Nah bagi yang akan melakukan perjalanan wisata, ada baiknya sebelum liburan membuat perencanaan yang matang. Hal ini untuk menghindari berbagai kendala seperti kehabisan tiket transportasi, pemilihan hotel yang tidak sesuai, bahkan bisa juga terjadi pemborosan uang maupun waktu karena ketidaktahuan kondisi dan lokasi tempat wisata.

Saya sekeluarga pernah merasakan akibat dari persiapan yang kurang matang ini. Jadi ketika kami check-in di Bandara Palembang, kami ternyata salah tanggal. Tanggal keberangkatan seharusnya tanggal kemarin, tapi kami datang pada hari H yang notabene sudah lewat satu hari dari tanggal di tiket, sehingga petugas check in maskapai ikut bengong. Suami mengakui kesalahannya memesan tiket di tanggal yang tidak tepat dengan perencanaan.

Alhasil karena barang sudah dipacking, hotel sudah dipesan dan anak-anak sudah kadung mengharap liburan, suami memutuskan kami tetap jadi berangkat meskipun kami harus membeli tiket go-show.

Nah untuk menghindari hal tersebut ada baiknya ikuti tips berikut ini:

  1. Mencari informasi tentang tempat wisata. Tujuannya agar sebelum berangkat kita sudah bisa memprediksi tentang lama perjalanan dan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Ini dapat dilakukan melalui internet, atau media lain, seperti TV, radio, atau majalah/ Koran. Jika melalui internet anda bisa kunjungi situs traveloka.com.

 

  1. Menentukan jenis transportasi. Setelah menentukan tempat wisata yang akan dituju, cari informasi tranposrtasi apa saja yang dapat di akses menuju ke sana. Anda bisa memilih apakah akan menggunakan bus, kereta, pesawat atau kapal laut? Ini akan memberikan gambaran kenyamanan perjalanan dan juga biaya, juga untuk menghindari permasalahan kehabisan tiket. Sebaiknya pesan tiket untuk PP sekaligus agar perjalanan anda aman.

 

  1. Mencari penginapan. Perlu diketahui, dalam mencari penginapan, informasi yang dibutuhkan adalah lokasi serta fasilitas yang ada pada penginapan tersebut. Lokasi menjadi penting, sebaiknya carilah penginapan yang terdekat dengan beberapa tempat wisata, sehingga memungkinkan untuk mengunjungi di banyak tempat wisata dan menghemat waktu.

 

  1. Mengatur jadwal perjalanan. Jika anda ingin melakukan perjalanan ke beberapa tempat sekaligus, sebaiknya anda cermat menggunakan waktu. Berapa lama perjalanan, dan berapa lama dilokasi wisata. Jangan sampai anda menyesal tidak jadi mengunjungi tempat yang anda impikan hanya karena terlalu lama berbelanja di satu tempat wisata saja.

 

  1. Jasa guide wisata. Ada baiknya pula jika anda menggunakan guide wisata, terutama jika ingin berwisata ke tempat yang baru. Guide, akan memberikan banyak keuntungan bagi anda, berkaitan tentang hal-hal yang ingin anda ketahui tentang tempat tersebut, bahasa perantara, dan lain sebagainya.

 

Demikianlah Tips untuk persiapan memilih tempat wisata agar perjalanan wisata sesuai dengan harapan, menyenangkan, dan berkesan.

Selamat merencanakan liburan akhir tahun ya! 🙂

 

8 Comment

  1. Pokoke sekarang kita dimanjakan banget dgn Traveloka yo mbaaak.

    Siiip, siip,aku jg mau bongkar celengan aaahhh 🙂

    1. Iya mbak, siap2 liburan ya 😊

  2. Aku biasanya kalo cari tiket pesawat di Traveloka loh..

    1. Penggemar Traveloka sejati nih 🙂

  3. boleh di juga di ikutin caranya, langsung cari tiket pesawatnya di traveloka..

  4. Dakublm kepikir mau liburan akhirtahun kemana, tapi biasa nya tahun baruan malah di rumah aja atau semedi di mesjid deket rumah

    1. Alhamdulillah Om cumi orangnya sholeh 😁

    2. Selamat mencoba ya 🙂

Leave a Reply