Review Buku : Creator.Inc, Bukunya Para Kreator Indonesia

Bila anda seorang kreator dan melihat tampilan depan buku ini, bisa jadi anda langsung tertarik untuk mengadopsinya.

Well, at least that what I had in mind ketika melihat buku ini di instagram seorang teman, saya pun tergerak untuk mencarinya di Gramedia World Palembang.

Seperti yang diharapkan, saya bisa menemukannya meskipun butuh waktu karena ia ditempatkan di rak paling bawah (seriously? Buku sebagus ini?) bersama buku panduan bisnis lainnya. Tak butuh waktu lama bagi saya untuk melahap buku ini hingga halaman terakhirnya. Dan berikut adalah review mengenainya. Disimak ya!

The Book Creator.Inc

Bagi seorang avid reader, buku ini memiliki ketebalan yang biasa, tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis. Ia memiliki total 284 halaman dengan ukuran 20,5 cm, diterbitkan oleh PT Bentang Pustaka. Buku ini tidak terasa terlalu berat, namun juga tidak seringan buku impor. Setidaknya, ia masih lega untuk dibawa kemana-mana.

The Writer Creator.Inc

Nama penulisnya adalah Arif Rahman. Terdengar asing? Saya pun merasa begitu 🙂 Ia menulis buku ini bersama tim Majalah Bisnis dan Investasi Money&I.

But don’t worry karena beberapa halaman awal buku ini menjelaskan dengan cukup detil siapa sesungguhnya penulis dan mengapa ia capable untuk menulis buku ini.

Dikutip dari Creator Inc, Arif Rahman adalah kapten tim redaksi Majalah Bisnis dan Investasi Money&I. Selain itu ia merupakan rekan pendiri Accounting & Banking School AKUBANK, dimana kampus ini mengajarkan mahasiswanya akan 3 hal penting yaitu life skills, financial literacy & professional skills.

Arif memiliki ketertarikan yang tinggi dengan mereka yang menginspirasi, mereka yang suka berbagi. Ia juga terobsesi dengan orang-orang keren yang sukses dengan berbagai keterbatasan.

Di buku ini, anda juga akan mendapatkan cerita mengenai Arif Rahman sebagai kreator. Mengenai kesukaannya akan menulis, mengenai bagaimana ia memulai perjuangannya, mengenai bisnis percetakannya yang pernah gagal total, hingga ia sukses memiliki bisnis majalah dan menjadi rekan pendiri sekolah AKUBANK seperti saat ini.

Tak heran jika saya merasa buku ini begitu ‘padat’ akan ilmu dan petuah yang menurut saya bisa diaplikasikan, tak hanya teori semata. Karena ia sejatinya ditulis oleh seorang praktisi – seorang yang benar-benar mengetahui rasanya terjun ke lapangan, menghabiskan bertahun-tahun waktunya untuk bootstrapping dari nol, mengalami jatuh berkali-kali namun bisa bangkit lagi.

Teringat sebuah kutipan bahwa orang yang kuat bukanlah orang yang bisa mengangkat baja, melainkan orang yang bisa bangkit lagi setelah mereka mengalami kegagalan. Anda setuju?

What Creator.Inc Talk About

Saya sudah banyak membaca buku entrepreneurship, namun Creator.Inc menyasar profesi yang lebih spesifik, yaitu para kreator.


Siapakah para kreator? Mereka adalah orang-orang yang mencipta karya. Membuat suatu produk dari tiada menjadi ada. Orang-orang yang memiliki kemampuan dominan pada otak kanan karena mereka cenderung berfikir dengan kreatif.

Di sampul depan buku, Mas Arif menuliskan berbagai profesi dari kreator. Mereka adalah Animator, Writer, Designer, Photographer, Content Creator, Developer, Planner, Marketer, organizer, Advisor, dan Independent Worker lainnya. Menurut saya, asalkan seorang memiliki skill dan kemampuan untuk mencipta karya, maka sejatinya ia adalah seorang kreator.

Nah, apakah anda salah satunya?

Pertama yang harus kita semua sadari, kita tidak lagi hidup di era industri, ketika dokter dan pilot adalah cita-cita primadona. Sekarang, generasi pembaru adalah orang-orang yang bergerak lincah dan bermanuver cepat, memahami aturan main dan akrab dengan teknologi. Mereka disebut dengan Net Generations, selalu terkoneksi dengan internet. Mereka mampu melakukan banyak hal secara bersamaan. Gal, Ringkih, tetapi cerdas! – Creator Inc halaman 2

Buku ini kemudian membagi pembahasannya menjadi tiga sub bagian besar, yaitu :

1.Merintis Jalan dan Tapaki

A post shared by Arif Rahman (@arif.journal) on


Pada bagian satu Creator.inc, mas Arif ingin menjelaskan bagaimana suka dan duka menjadi seorang kreator, dan memberikan pandangan kepada Creator Rookie atau Kreator yang masih baru, bahwa mereka memiliki potensi untuk terus tumbuh dan berkembang.

Sebagai independent worker, para kreator bukanlah karyawan, namun juga belum bisa disebut sebagai pengusaha. Kreator masih mencari klien untuk dirinya sendiri, mengerjakan semuanya sendiri, mendapatkan penghasilan untuk dirinya sendiri, namun bukan berarti Kreator tidak bisa berbisnis. Jika anda seorang Rookie, maka anda bisa melakukan baby step terlebih dahulu, menapaki jalan yang anda sukai, kuasai satu atau dua hal saja, lalu jadilah yang terbaik dari hal yang anda kuasai.

Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari bisnis adalah fokus kita pada produk dan segmentasi pasar. Kebanyakan anak muda suka dengan layanan Palugada ‘apa yang lu mau gue ada’ semua lapisan pasar dilayaninya. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan produk kita sulit dikenal, personal brand lemah dan menjadikan produk yang kita tawarkan medioker’ – Creator.Inc halaman 82

Yang menjadi salah satu permasalahan pelik bagi kreator adalah menentukan harga sebuah hasil karya. Seperti yang kita tahu bahwa terkadang tidak ada acuan baku mengenai harga dari sebuah karya seorang kreator.

Ketika saya menulis untuk klien, saya selalu mengemukakan harga yang layak untuk sebuah tulisan. Karena meskipun saya menikmati setiap proses menulis, menurut saya menulis tidaklah semudah kelihatannya. Sebagai penulis, saya harus memiliki sense of knowledge untuk bidang yang saya tulis, sehingga saya bisa meramu kata-kata dan kalimat yang tepat menjadi sebuah paragraf. Serta kemampuan melakukan research data untuk topik yang saya tulis. Agar tulisan yang saya hasilkan nantinya adalah tulisan yang berbobot, memiliki informasi yang akurat dan sesuai dengan fakta.

Namun di sisi yang lain, ada penulis yang mau memberikan harga jauh-jauh di bawah harga yang saya anggap wajar. Kalau sudah begini, biasanya saya akan mengalah karena kita juga perlu menghargai diri kita sendiri, hasil pemikiran kita, listrik yang digunakan laptop, dan data internet yang dikonsumsi ketika kita bekerja.

Lalu apakah anda memiliki kebingungan yang sama?

Pada akhir bagian satu Creator.Inc, Mas Arif juga menulis mengenai hal ini dan memaparkan mengenai bagaimana caranya kita menentukan harga yang layak untuk hasil karya kita.

2.Tunjukkan Karyamu

A post shared by Arif Rahman (@arif.journal) on


Cara mendapat perhatian adalah dengan membuat dengung (buzz) karena yang mendengung itu menarik perhatian. Salah satu caranya dengan menggelar event atau perhelatan’ – Creator.Inc halaman 192

Bagian kedua ini diperuntukkan untuk Creator yang sudah ‘lepas landas’. Mereka sudah memiliki kemampuan cukup mumpuni, sudah memiliki pengalaman mengerjakan berbagai project, dan siap untuk mengembangkan karya mereka dan menciptakan sebuah brand.

Misalnya,

Sebagai Blogger. Ketika anda sudah menciptakan sebuah blog dan mempublishnya di world wide web, sebenarnya anda sudah menunjukkan karya anda pada dunia. Semua orang bisa membaca tulisan anda, buah hasil pemikiran anda. Sekarang tinggal bagaimana caranya anda memanfaatkan berbagai celah yang ada untuk menjadikan blog anda sebagai salah satu entitas bisnis anda.

Ada banyak cara untuk mendatangkan pemasukan bagi seorang blogger. Anda bisa menerima pesanan tulisan dari brand untuk mempromosikan produk mereka di blog anda. Anda juga bisa memasang iklan banner dari perusahaan untuk dipasang di blog anda. Anda juga bisa memonetize blog dengan Google Adsense ataupun WordAds. Yang tak kalah menarik adalah Affiliate Marketing yang juga bisa mendatangkan penghasilan untuk blog anda.

Jadi bagaimana, dengan memiliki blog yang di monetize sebenarnya anda sudah berbisnis bukan?

Pada bagian dua ini turut dipaparkan mengenai pemasaran yang efektif, cara memamerkan ide yang efektif, hingga cara untuk memanfaatkan celah bisnis melalui berbagai situs crowdsourching seperti freelancer, projects.co.id, Elance, Upwork dan lainnya.

3.Dari Kreator menjadi Perusahaan

A post shared by Arif Rahman (@arif.journal) on


Selanjutnya jika anda sudah merasa matang dengan brand anda dan ingin ‘naik kelas’ ke tingkat selanjutnya, siap-siap untuk mengeluarkan kembali 100% energi anda untuk merintis brand anda menjadi suatu entitas bisnis yang lebih besar bernama – Perusahaan.

Disinilah anda mulai dituntut untuk membuat suatu sistem, mempertimbangkan untuk tidak lagi bekerja sendirian melainkan dengan bemitra dengan beberapa orang yang bisa menutupi kekurangan anda.

Dari sekian banyak daftar nama orang-orang yang berhasil dalam bisnis, saya mendapati bahwa kebanyakan dari mereka tidak memulai usahanya sendirian. Mulai dari Warren Buffet, Bill Gates, Steve Jobs sampai dengan pengusaha lokal seperti Chairul Tanjung atau Dahlan Iskan sekalipun, semuanya memulai usaha dengan cara bermitra. Sandiaga Uno termasuk salah seorangnya. – Creator Inc.Hal 254

Bab 3 secara global membahas mengenai apa yang harus anda lakukan ketika anda sudah melebarkan sayap usaha anda menjadi perusahaan. Bagian ini membahas mulai dari modal awal, perizinan, tenaga kerja, pemasaran. Anda akan mulai membangun aset, memikirkan keuangan, cashflow, untung dan rugi. Anda akan mulai berfikir visioner, bagaimana caranya agar bisnis anda terus berputar dan beroperasi dengan maksimal. Dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan agar usaha anda tetap sustain dan berkembang.


Verdict

Sebagai buku entrepreneurship yang diperuntukkan untuk para kreator, buku ini adalah buku yang bermutu, bermanfaat, padat dengan langkah-langkah praktis yang bisa diterapkan. Dengan penyajian yang ringan, selipan gambar dan foto-foto menarik disertai cerita inspiratif dari para kreator terkenal : mulai dari Merry Riana hingga Unggul Ekaputra; mulai dari Brodo hingga Bukalapak, membaca Creator.Inc dari awal hingga akhir tak terasa membosankan.

Pun karena ditulis oleh seorang kreator, anda akan merasakan bahwa sang penulis benar-benar memahami pahit getir manis menjadi seorang kreator – yang sedikit banyak akan membuat anda berkaca pada diri anda sendiri.

Dengan terus mengasah kemampuan sebagai seorang kreator, menjaga semangat belajar agar tetap tinggi, dan memiliki keinginan untuk terus maju dan visioner, siapa tahu, selanjutnya kitalah yang menjadi Kreator sukses Indonesia di masa depan.

So, can we have amen for this? 😊


Informasi

  • Nama Buku : Creator.Inc, buku Untuk Para Animator, Writer, Designer, Photographer, Content Creator, Developer, Planner, Marketer, Organizer, Advisor, dan Independent Worker lainnya.
  • Penulis : Arif Rahman dan Tim Redaksi Money&I
  • Penerbit : PT Bentang Pustaka Utama
  • Dimensi : 20,5 cm; 284 halaman
  • Cetakan Pertama : Februari 2017
  • Harga : Rp.70.000 (Toko Buku Gramedia)
Advertisements

6 Comments

  1. Weeeee, ada buku begini yaaa 😀 menarik dan membantu juga Mbak. Aku yang kurang paham tentang membisniskan apa yang sudah aku buat ini 😀

    Btw, blgoku belum seperti blogmu yang sudah selfhosting mbak. Jadi belum bisa dimonetize *LAH wkwkw

    1. Ah dirimu juga pernah dapet reviu berbayar kan? hehe. itungannya udah berbisnis tuh. Aku juga bertahun-tahun pake wordpress gratisan kok. Tenang aja Feb, ibarat kata pepatah ‘semua akan selfhosting pada waktunya’ 😀

      1. Hehehek iya Mbaaa. Beberapa kali pernah dapet. Jadi, aku udah bisa dikatakan berbisnis ya? Waaa, terdengar keren yak 😀

        Wahahaha kata pepatah macam apa itu
        😀 mesti pepatahnya yg bilang itu udah ngasilin $3600 perbulan dari adsense

Cool People Say :