Review Thor Ragnarok : Film Super Heroes yang Super Menyenangkan!

Jadi sesungguhnya kamu itu Dewa apa Thor? Dewa Palu atau Dewa Petir?

Kata Odin kepada Thor ketika Thor mengeluh bahwa ia tidak akan bisa menang bertempur, karena palunya sudah hancur.

Awan mendung masih menyelimuti keluarga besar Odin (Anthony Hopkins) di Asgard. Lucunya Keluarga Odin, meski mereka keluarga Dewa, namun tipikalnya sama seperti keluarga manusia pada umumnya. Masalah datang silih berganti, pun salah satu anggota keluarga seolah menjadi apel busuk; trouble maker yang selalu membuat onar; siapa lagi kalau bukan Loki.

Jika teman-teman menonton seri Thor yang terakhir (Thor The Dark World), setelah ending credit title terjadi adegan dimana Thor kembali menghadap Odin setelah menang dari pertempuran. Thor membawa kabar buruk bahwa Loki sudah mati. Dan tidak seperti tabiat Loki, kali ini ia mati dengan terhormat – sampai Thor dibuatnya menangis tersedu-sedu.

Tapi, benarkah Loki sudah mati?

Ingat, bahwa yang mati itu Loki ( Tom Hiddleston). Konon jika seorang mempercayai Loki, maka sama saja percaya dengan setan. Loki dikenal sangat lihai dalam menipu dan menyamar. Jika kaum penipu memiliki Dewa Maha Agung, maka Loki adalah orangnya.

Di Thor Ragnarok, Thor kemudian menyadari bahwa Odin yang ia hadapi setelah pertempuran bukanlah Odin yang sebenarnya – melainkan Loki – yang entah bagaimana masih hidup – yang lalu menyamar menjadi Odin.

Pertanyaannya : Jadi kemana perginya Odin, Raja Asgard yang sangat dicintai oleh rakyatnya?


Saya bukan penggemar Marvel, menonton Thor (Chris Hemsworth) pun ga pernah diniatin karena selalu diajak teman atau diajak suami. Kalau mau nungguin dari saya ya pasti emoh. Emak-emak zaman now tak suka pun dengan film super heroes. Kami lebih prefer drama dan film Korea *eh

Tapi ini yang menarik.

Dua kali saya menonton Thor, dua kali pula saya mengacungkan jempol akan filmnya yang sangat-sangat menghibur. Iyes, berhasil membuat orang yang ekspektasinya biasa-biasa saja lalu pulang dengan hati berbunga itu berarti filmnya beneran bagus, lho. Karena goal sang sutradara berhasil : selain untuk menyalurkan ide dan menyampaikan gagasan, sang sutradara berhasil dalam menghibur audiensnya.

Sejauh ini Thor Ragnarok diganjar 8.3/10 dari IMDB, dan 96% di Rotten Tomatoes Certified Fresh, saya bahkan memberi nilai 9/10 *meski saya mah apa atuh

Memangnya gimana sik film ini sampek banyak yang suka?

Bagi yang ga suka spoiler, dimohon dengan hormat, monggo tinggalkan membaca sampai disini saja ya. Karena review berikut penuh dengan ranjau spoiler dimana-mana. Injek, meledak! *sambil pasang tatapan mata Hela


Apa Itu Ragnarok?

Ragnarok sejatinya adalah ramalan yang menggambarkan bahwa Asgard akan menemui kiamatnya oleh Iblis bernama Surtur. Tapi si iblis main gertak sama Thor. Akhirnya di scene awal, dia dibunuh oleh Thor dan mahkotanya (yang konon sebagai sumber kekuatan untuk menghancurkan Asgard) dipereteli oleh Thor, kemudian dimasukkan ke gudang bawah tanah tempat Odin menyimpan berbagai koleksi berharganya.

Ketika Thor kembali ke Asgard untuk menyimpan mahkota Surtur, ia menemukan bahwa Loki telah menyamar menjadi Odin selama ini. Kurang ajar betul memang si Loki ini. Dikira udah mati, eh ternyata masih hidup. Emang punya nyawa berapa sih? Sembilan belas? *Dewa Sembilan Belas, krik.

Thor kesal. Ia lalu menyeret Loki ke Bumi untuk meminta pertanggung jawaban dimana Loki menyembunyikan Odin, ayah tercintanya.

Si Loki ternyata menitipkan Odin di sebuah panti jompo di Bumi. Ketika Thor dan Loki sudah sampai disana, ternyata panti Jomponya sudah hancur karena digusur.

Lhaa jadi Pak Odin ini kemana perginya?

Ketika Cumberbatch Menjadi Cameo

 

. . . . . . . .#DoctorStrange

A post shared by BenedictClubFans (@cumberfans_) on


Ketika Thor dan Loki masih menatap bangunan panti Jompo yang hancur ini, tiba-tiba Loki ditarik oleh lubang laso yang muncul dibawah kakinya yang khas milik – dr.Strange (Benedict Cumberbatch)

Akhirnya Thor datang ke dr.Strange, dan Cumberbatch bilang ke Thor

‘itu adek lu ngapain lagi ada di bumi? Mau buat onar lagi? Ini gue bela-belain pensiun jadi dokter demi menjaga bumi, mosok iya adek lu dateng lagi buat bikin kekacauan disini?” kira-kira begitu kata dr.strange agak naik darah.

Terus kata Thor ‘maap pak, saya dan adek saya sedang cari bapak kita yang hilang ga tau entah kemana’

‘Oh gitu, ngomong dong dari tadi. Nih gue kirim lu bedua ke tempatnya babe lu’

Ting, tau-tau Thor dan Loki sudah duduk di tebing tepi laut bersama bapaknya, Odin.

Yang bikin saya bilang – Oh Tidak – adalah karena Mas Cumberbatch Cuma muncul pas disini doang. Moso sekelas Cumberbatch cuma dijadiin Cameo! Tega-teganya dirimu pak Sutradara *usap air mata *penggemar Cumberbatch agak ga rela, hiks.

Kenalan dengan Kakak Perempuan Tertua

A post shared by Marvel Entertainment (@marvel) on


Melihat Thor dan Loki, Pak Odin kemudian bercerita bahwa ia ditawan oleh anak sulungnya. Nah kan, balik-balik ke masalah keluarga lagi. Ternyata anak sulungnya Odin ini seorang wanita bernama Hela (Cate Blanchett). Si Hela ini jahat lah, dia ini dewi kematian.

Pas Pak Odin curhat mengenai hal ini kepada Thor dan Loki, tak lama kemudian pak Odin wafat.

Thor dan Loki ga sempat lama-lama menangis tersedu atas kematian pak Odin karena tiba-tiba kak Hela ini muncul dari belakang terus nyerang mereka berdua. Keduanya kaget dong. Punya kakak sulung perempuan kok gini amat. Apa semua kakak perempuan sulung itu galak, jahat, pelit, layaknya Kak Rosnya Ipin dan Upin? Entahlah.

Disinilah Thor kemudian kehilangan palu gadanya yang sangat berharga itu. Seperti kata Loki : bro, itu palu elu dihancurin gitu aja kayak kerupuk sama kak Hela!! Palunya Thor yang termashur itu lho bisa hancur! Apa ga serem banget kakak perempuan satu itu bro?

Nyasar ke Planet Aneh

A post shared by Marvel Entertainment (@marvel) on

Thor dan Loki jiper ngeliat palu Thor hancur. Akhirnya karena panik, Loki minta ditarik ke Asgard, ketika sedang otw menuju ke Asgard, sis Hela ini juga ngikut di belakang mereka sambil menyerang. Karena Hela menyerang dengan membabi buta, Thor dan Loki jadi terpental dari jalan tol ke Asgard (Bifrost Bridge) . Dan mereka jatuh di sebuah planet yang acak adut berantakan banget. Planet ini bernama Sakaar.

Sakaar ini layaknya tempat pembuangan akhir sampah-sampah kosmos yang berseliweran di luar angkasa. Ketika Thor jatuh di planet ini, dia tidak melihat Loki dimanapun.

Akhirnya Thor ditangkap oleh seorang wanita yang disebut dengan Valkyrie (Tessa Thompson), yang lalu menjual Thor ke seorang bernama Grandmaster demi bayaran. Kenapa Thor ga melawan? moso iya kalah melawan wanita. Itu karena ketika ditangkap, di leher Thor dipasang sebuah alat setrum yang pengendalinya ada di Valkyrie.

Yang mengejutkan ketika Thor dibawa ke ruangan Pak Grandmaster (Jeff Goldblum), Loki sudah duluan disana santai-santai kayak dipantai, sementara Thor harus menderita karena dijual oleh si Valkyrie ke Grandmaster.

Grandmaster ini ternyata semacam maniak yang suka adu kekuatan para budak yang dimilikinya, ia kemudian akan mengadu Thor dengan jagoannya di sebuah arena layaknya pertandingan gladiator. Tapi tebak siapa jagoan utama Pak Grandmaster?

Iyak. Dia adalah HULK!!

Thor senang banget ketika melihat Hulk (Mark Rufallo), lalu ngomong ke penonton ‘ini nih temen gue, mana mungkin dia mau bertarung sama gue hahahaha’

Tapi Thor salah sangka. Hulk ternyata sudah dua tahun menderita lupa Ingatan lalu membabi buta menyerang Thor layaknya Thor adalah kaleng khong guan yang kehabisan rengginang. OMG.

Kabur

10 Days until #ThorRagnarok. ⚡️ See it in 3D: [link in bio]

A post shared by Marvel Entertainment (@marvel) on


Akhirnya karena Thor dan Hulk sama-sama kuat, pertandingan mereka berakhir ga ada yang menang dan kalah. Singkat cerita Thor kemudian berhasil menyadarkan Hulk sehingga ia kembali insyaf dan menjadi Bruce Banner.

Thor juga menyadari bahwa si cewe yang membawa dia, Valkyrie, sebenarnya adalah orang Asgard. Later we know that Valkyrie merupakan nama laskar prajurit wanita yang pernah dimiliki Asgard. Cuma doi ga mau ke Asgard lagi gara-gara dulu pernah bertempur dengan Hela. Sang Valkyrie bilang kalau ‘Aku sudah letih dengan permasalahan Odin dan anggota keluarganya, ribut sama anak kok ya ga selesai-selesai’ m e – n o – h o k.

Tapi singkat cerita akhirnya Valkyrie iba juga melihat Thor dan si Bruce terkurung sedemikian rupa. Pun Val sadar bahwa ia sesungguhnya masih punya dendam terhadap Hela. Akhirnya ia membantu Thor dan Banner kabur dari planet Grandmaster untuk kembali ke Asgard. Thor bilang karena misi kita adalah ingin membalas dendam kepada Hela maka kita namakan tim ini sebagai Revenger! diambil dari kata dasar Revenge. Val dan Banner menatap Thor dengan pandangan prihatin. Garing, Thor, garing! doh.

Sekaburnya Thor, Valkyrie dan Hulk dari planet Grandmaster; ternyata para budak Grandmaster juga melakukan revolusi dan kabur membawa pesawat maha guedeee beserta Loki.

Asgard dan Hela

Rakyat Asgard hidup dalam ketakutan. Satu-satunya pelindung mereka adalah Heimdall (Idris Elba), yang sebelumnya telah mengunci Bifrost Bridge dengan cara mencabut pedang kuncinya. Hela kemudian mencari Heimdall ke seluruh Asgard, karena ia bernafsu keluar Asgard dan menyerang kesembilan planet yang dilindungi oleh Odin.

Untunglah ketika Hela sudah menemukan tempat persembunyian Heimdall, Thor, Valkyrie dan Hulk datang. Kemudian mereka bertempur. Seluruh warga Asgard berhasil selamat, lalu dievakuasi menggunakan pesawat para budak grandmaster yang yang maha gede itu.

Ketika Thor bertempur dengan Hela, ia kehilangan mata kanannya. Bahkan ketikapun Thor sudah mengerahkan petirnya yang maha dahsyat, sis Hela tetap bergeming. Akhirnya Thor putus asa, ia berfikir kira-kira apa yang bisa mengalahkan kekuatan Hela.

Adalah Loki yang diminta Thor untuk turun ke ruang bawah tanah Odin untuk mengambil mahkota Iblis Surtur, dengan tujuan memenuhi ramalan Ragnarok. Menggunakan api abadi, Loki membangkitkan Iblis Surtur yang kemudian mengamuk memenuhi ramalan Ragnarok dan menghancurkan Asgard.

Thor, Loki, Hulk, Valkyrie, Heimdall dan seluruh rakyat Asgard lari dengan pesawat budak Grandmaster.

Meninggalkan Hela bertarung dengan iblis Surtur yang meluluh lantakkan Asgard.

Namun seperti yang Heimdall bilang bahwa Meski hancur, Asgard akan terus ada. Karena Asgard bukanlah nama sebuah tempat; melainkan nama sebuah bangsa.


Thor Ragnarok definitely has become a must see movie this year. Film ini banyak diisi dengan lelucon-lelucon segar, percakapan yang dalam, dan hubungan antar individu yang – oh sangat menyentuh hati dan membuat haru. Bahkan Loki – entah mengapa – bisa terlihat sedikit kurang nyebelin dibanding dia di film-film Marvel sebelumnya.

Terutama hubungan pertemanan Thor dengan Hulk. Meski kita semua tahu bahwa mereka merupakan satu tim di Avengers, namun kedekatan yang ditunjukkan dalam Thor Ragnarok ini lain lagi manisnya.

Lagipula kapan lagi kita bisa nonton Thor dan Hulk bertarung di satu arena?

Benedict Cumberbatch pun meski hadir sangat sebentar, namun meninggalkan kesan yang menyenangkan. Terlihat dari Thor yang merasa heran mengapa ada begitu banyak keanehan yang ia temui ketika menemui dr.stranger. Padahal Thor adalah salah satu orang yang tak suka dengan penyihir. Salah satu adegan kocak ini ditunjukkan dengan herannya Thor ketika gelas minuman yang ia pegang bisa selalu mengisi sendiri sehabis ia meminumnya.

Thor di Ragnarok juga diperlihatkan kerapuhannya sebagai seorang Super Heroes. Ternyata pahlawan tak melulu harus menang, iya kan? Buktinya Thor juga bisa mengalami kekalahan dan terseok-seok ketika melawan kakak perempuannya sendiri, sis Hela.

Dihiasi dengan music score dari Led Zeppelin ketika Thor bertarung, menjadikan Thor kerennya meningkat beberapa derajat. Musiknya sendiri terkesan oldies tapi tetep sangar dan ga kalah dengan musiknya Wonder Woman yang ear catching itu.

Jajaran aktor yang ada juga keren-keren dan standar Oscar (Benedict Cumberbatch, Anthony Hopkins, Idris Elba, Mark Rufallo, Jeff Goldblum dan Cate Blanchett) menurut saya Taika Watiti (sang Sutradara) lebih dari sangat serius menggarap Thor Ragnarok ini dan berhasil membuatnya menjadi komplit sebagai film yang sangat menyenangkan untuk ditonton.

Thor Ragnarok adalah salah satu film yang bisa bikin seisi bioskop ngakak karena kocaknya. Salah satu film yang bisa bikin hati hepi dan berbunga-bunga sehabis menontonnya.

Tapi ngomong-ngomong kemana ya, tujuan rakyat Asgard selanjutnya setelah Asgard di hancur leburkan pasca Ragnarok?

Untuk menjawab ini, teman-teman jangan beranjak dulu dari tempat duduk ketika film berakhir. Karena setelah ending credit title, akan ada satu adegan dimana Loki dan Thor berdiri berdampingan dan Loki bertanya kepada Thor ‘Jadi kemana kita Bro?’ dan Thor menjawab singkat : Bumi. Ketika disaat yang sama ada pesawat lain yang jauh-jauh-jauh lebih besar mendekati pesawat mereka.

Pertanyaannya adalah : Siapa Mereka?

Arrrgghh jadi ga sabar buat nonton Film Thor selanjutnya!!


Thor Ragnarok

Rating : PG 13

Director : Taika Waititi

Cast : Chris Hemsworth (Thor), Idris Elba (Heimdall), Tom Hiddleston (Loki), Cate Blanchett (Hela), Anthony Hopkins (Odin), Jeff Goldblum (Grandmaster), Mark Rufallo (Hulk)

Score : 8.3/10 IMDB, 96% Rotten Tomatoes Certified Fresh, 9/10 From Me.

Advertisements

17 Comments

  1. dee nonton klo ga salah pas hari kedua tayang. semua jempol dee kasih buat film ini 😁.
    dijamin ga nyesel nonton..
    and i can’t wait for the next movie wuhuuu…

    1. Super Heroes. They just can’t fight alone. Satu cerita nyambung dengan cerita lainnya meski dengan judul film yang berbeda. Contoh : Cerita FIlm Thor ini banyak yang berhubungan dengan film Avengers. So yes, aku ngerti banget kalau dirimu jadi males nonton film ini karena aku dulu juga begitu hehehehe 😀

    1. Berarti dari Thor nyambungnya ke Avengers lagi ya kak, Ic Ic hahaha. Berarti salah seharusnya bukan nungguin film Thor selanjutnya, melainkan Avengers selanjutnya. Harapannya semoga Avengers Infinity bisa se asik Thor Ragnarok ini ya 🙂

    1. Wah dirimu mantan gamer atau jangan2 masih gamer nih Koh? aku memang pernah denger nama game ini koh, tapi ga tau lebih banyak karena dulu aku lebih suka main tetris dibanding PS atau Nintendo 😂

  2. Ini filmnya memang kocak! Apalagi pas adegan Banner (Hulk) cari-cari tombol senjata di pesawat dan malah mencet tombol kembang api ulang tahun. Menang dengan konyol XD

    Sedikit revisi, Sis. Ragnarok bukan nama setan itu, Ragnarok adalah istilah untuk merujuk ke akhir dunia Asgard. Iblis yang kamu maksud adalah seorang makhluk bernama Surtur.
    Valkyrie juga bukan nama orang, tapi istilah buat merujuk laskar prajurit wanita Asgard. “You are a Valkyrie,” kata Loki. (Kamu adalah seorang Valkyrie). Tapi karena si Valkyrie ini memang nggak ada namanya, jadi disebut Valkyrie aja di credit title.

    Planet antah berantah itu namanya Sakaar anyway. Coba deh nonton Guardians of The Galaxy 🙂

    1. Tuh kan ya, memang beda kalau yg asli penggemar bisa lebih tahu istilah2nyaa 😂😂😂 btw yg adegan Banner di pesawat itu memang sukses bikin pecah tawa penonton, dan bikin gemes 😄

      Thanks for the correction bro, I will correct them as soon as possible so the readers won’t get the wrong info 😊👍

        1. Kamu sama dengan my son and my husband kalau mereka berdua sudah ngomongin film-film fantasi macam DC, Marvel dan sejenisnya – aku suka diam-diam melipir gitu karena buffering mikirnya lama hahaha 😀

Cool People Say :