Advertisements
Experiences Palembang

5 Tips Memilih Dompet Pria Berbahan Kulit Terbaik

Tips memilih dompet kulit pria. Bagi kaum pria, selain topi, dompet juga sering dianggap menjadi aksesoris yang tidak terlalu penting. Letak dompet yang sebagian besar berada di dalam saku membuat benda ini sering dianggap sekadar tempat menaruh uang dan kartu identitas saja.

Namun, tahukah Anda jika dompet bisa mencerminkan kepribadian seseorang, dilihat dari desain dan bahan yang mengusungnya. Untuk itu, jangan sampai keliru memilih dompet. Di bawah ini ada beberapa tips memilih dompet pria terbaik untuk kebutuhan harian.

1. Sesuaikan Kebutuhan

5 Tips Memilih Dompet Pria Berbahan Kulit  Terbaik
Gambar dari Andrea Natali @Unsplash

Memilih dompet yang akan dipakai memang tidaklah mudah. Namun, bukan berarti tidak dapat dilakukan. Cara mudah mengetahui dompet seperti apa yang tepat untuk Anda adalah dengan memastikan tingkat kebutuhan terhadap sebuah dompet. Tentukan terlebih dahulu apa saja item yang akan Anda simpan di dalam dompet, misalnya KTP dan SIM adalah item yang tidak boleh dilupakan. Ketika sudah menentukan item apa saja yang harus masuk, Anda bisa memilih dompet seperti apa yang ingin Anda beli.

Untuk dompet pria, usahakan tidak memilih dompet yang memiliki banyak motif dan berbahan tebal, karena akan membuat Anda tidak merasa nyaman saat membawanya di saku belakang.

2. Sesuaikan dengan Karakter

5 Tips Memilih Dompet Pria Berbahan Kulit  Terbaik
Gambar dari rawpixel @Unsplash

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dompet mencerminkan karakter pemiliknya, untuk itu pastikan dompet yang Anda pilih bisa mewakili karakter Anda yang sesungguhnya. Jangan sampai orang lain salah menilai kepribadian Anda saat melihat desain dan warna dompet yang Anda gunakan.

Sama halnya saat Anda ingin menjadikan dompet sebagai kado. Pastikan Anda memahami karakter orang yang akan Anda beri hadiah. Misalnya, dompet pria berwarna hitam menunjukkan karakter pemiliknya yang pendiam, sedikit misterius dan elegan. Sedangkan dompet berwarna cerah seperti kuning secara tidak langsung menunjukkan pemiliknya adalah seorang yang percaya diri dan tenang.

3. Kualitas Bahan

5 Tips Memilih Dompet Pria Berbahan Kulit  Terbaik
Gambar dari Allefvinicius @unsplash

Dompet berbahan dasar kulit hingga saat ini masih dianggap sebagai dompet berkualitas terbaik. Tentu saja yang dimaksud adalah dompet kulit asli, bukan sintetis. Memakai dompet kulit akan menambah kepercayaan diri Anda para pria di hadapan para wanita.

Apalagi saat isi dompetnya juga tebal. Hanya saja tidak semua dompet berbahan kulit memiliki kualitas yang sebanding dengan harganya. Ada juga dompet yang terbuat dari kulit asli namun berbahan tipis. Kulit jenis seperti ini biasanya dilapisi dengan plastik agar tampak tebal. Untuk itu, periksa secara teliti ketebalan dan kualitas kulit dompet yang Anda inginkan.

4. Cek setiap Jahitan

5 Tips Memilih Dompet Pria Berbahan Kulit  Terbaik
Gambar dari two paddles axe and leatherwork @unsplash

Untuk memastikan kualitas dari dompet yang Anda ingin beli, periksa kondisi jahitannya. Dompet asli dari brand ternama pasti memiliki jahitan rapi bahkan hingga ke sudut tersulitnya. Wajar saja jika dompet branded berbahan kulit asli memiliki harga berkali-kali lipat dari dompet kulit dari merek tidak terkenal. Kualitas jahitan inilah yang menentukan umur dari dompet tersebut. Termasuk dengan kualitas benang dan teknik jahitan yang digunakan.

5. Orisinal atau KW?

simon-rae-718589-unsplash
Gambar dari Simon Rae @unsplash

Dompet kulit asli sudah barang tentu lebih keren dibanding dompet KW atau palsu. Walaupun harganya lebih mahal, namun dari segi prestise pastinya lebih tinggi dompet kulit orisinal. Hanya untuk membedakan kualitas asli atau tidak, memang dibutuhkan ketelitian dan kecermatan, misalnya dengan cara meraba permukaan kulit. Kulit asli cenderung lebih kesat dengan pori yang tidak beraturan, memiliki aroma khas dan lembut. Sedangkan, dompet kualitas imitasi atau KW memiliki bentuk fisik yang cenderung lebih licin, mengkilap, serta ketika diregangkan pori-porinya tidak akan
langsung membesar.

Dompet berbahan dasar kulit asli memiliki harga yang tidak murah. Selain itu, membeli dompet pria berbahan kulit di toko konvensional juga tidak selalu memiliki koleksi lengkap. Untuk itu, solusinya adalah membelinya di toko online atau marketplace online, seperti Bukalapak. Di Bukalapak, Anda bisa menemukan pelapak yang menjual berbagai dompet dengan ragam model dan tentu saja harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibanding toko konvensional.

Advertisements
NinaFajriah
<p>Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com</p>
https://bonadapa.com

10 thoughts on “5 Tips Memilih Dompet Pria Berbahan Kulit Terbaik

    1. Komunikasikan dulu dengan penjual sebelum membeli. Apakah ada garansi tukar jika barang yang diterima ada kerusakan, termasuk pada jahitan.

  1. Mbak udah pernah bikin tulisan tentang cara melihat tipe kepribadian seseorang dari model dompetnya belum? Bikin dong mbak kayaknya pengalaman banget dalam dunia perdompetan hehe.

    Sekarang aku lagi suka banget yang berbau vintage, jadul, dan kulit. Haha. Lebih artistik aja kelihatannya.

    1. Ah siapa bilang. Aku lebih ahli dan pengalaman dalam urusan menghabiskan isi dompet kok, hehe. Setuju deh. Aku penggemar dompet dan tas kulit karena awet, bandel dan tahan lama hehe

  2. kebetulan mbak, dompetku sudah koid. hehehe, dan tips ini emang perlu dan harus sih, ya buat pria ini hal yang tidak terlalu ribet untuk cek cek keaslian dll, tips tentang perbedaan dompet KW dan ori bisa dicoba nih, makasih tipsnya mbak, salam dari #jejakbiru

Kalau komentarmu bagaimana?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
%d bloggers like this: