Advertisements
Experiences,  Palembang

[Blogger Perempuan Network 30 Days Blog Challenge] Day 12 : Lima Tips Hidup sehat Versi Saya

Seperti halnya ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara pula yang dilakukan orang-orang untuk tetap sehat. Menurut saya sendiri kesehatan itu sangat penting-penting sekali. Karena gimana mau menjalani segala kenikmatan hidup kalau kitanya ga sehat, yes?

Meski terkadang ada juga yang sudah berusaha jaga kesehatan tapi masih dikasih sakit, ya itu lain soal. Namun selama hayat masih dikandung badan, dan kita masih bisa berusaha secara maksimal menjaga kesehatan, ya mending dijaga kesehatannya. Jangan terlalu cuek atau masa bodo lah, nanti menyesal.

Sama seperti orang pada umumnya, sayapun memiliki cara-cara tersendiri untuk tetap sehat. Kalau yang tahu saya, pasti ngerti bahwa saya ga akan menempuh cara-cara rumit bin ribet untuk dilakukan. Mau segala buah dan sayuran dijus jadi satu terus ditenggak bulat-bulat? nope, itu bukan saya banget. Nerapin diet sampek melilit? nope, saya ga bakal tahan.

Saya memiliki cara-cara saya sendiri untuk tetap sehat. Disimak ya ๐Ÿ™‚

1.Olahraga

Hiyaaaa jangan ujug-ujug mau tekan tombol silang di kanan atas ya xD. Maksud saya gini. Memang ada banyak jalan menuju Roma, tapi kan kita tetap HARUS jalan. Beda kalau kita Superman, peribahasanya jadi berubah Ada Banyak Pucuk Cemara Menuju Roma #eaaa

Kalau ada yang belum tahu saya skoliosis, maka saya tuliskan lagi disini, saya skoliosis. Skoliosis itu apa silahkan gugling ya. Intinya karena tulang belakang saya tidak normal seperti orang pada umumnya, dokter menyarankan saya untuk melakukan olahraga renang. Jalan kaki juga boleh – kalau saya lagi rajin.

Tapi dokter saya juga bilang kalau olahraga dilakukan jangan terlalu sering. Seminggu dua kali saja cukup dan jangan terlalu memaksakan diri. Maksudnya jangan kondisi badan lagi capek, eh masih maksa mau olahraga. Pokoknya hanya kita yang tahu kondisi badan kita lah – kalau lagi fit ya olahraga. Kalau lagi ga fit ya istirahat. As simple as that.

2. Say No to Ujug-ujug Minum Obat dan Antibiotik

Obat dan antibiotik itu mengandung bahan kimia yang kalau terlalu banyak kita konsumsi akan mengganggu keseimbangan di dalam tubuh kita. Tubuh kan sudah punya sistem imun sendiri ya, jadi sebisa mungkin kita andalkan lah si sistem imun ini tanpa minta bantuan obat-obatan terlebih dahulu.

Segala pusing, pilek atau batuk, jangan langsung minum obat. Coba diimbangi dulu dengan banyak istirahat dan makan-makanan bergizi. Saya sudah pernah cerita sebelumnya ya kalau badan saya lagi ga enak, saya akan minum Wedang Jahe selama beberapa hari. Biasanya sih, badan saya akan langsung terasa enakan. Nah kalau ga mempan juga baru saya ke dokter terus minum obat deh.

Baca ini yuk! Rahasia Saya untuk Tubuh Tetap Fit Tanpa Obat dan Vitamin

3. Hidup Selow

Ingat di tulisan yang ini kalau saya cerita suka keras terhadap diri sendiri? Alhamdulillah sekarang saya sudah lebih selow. Karena saya mikir hidup ini mau kemana sih? hidup ini mau gimana? wong sudah ada yang nentuin juga takdir baik buruknya.

Meski manusia boleh berusaha, tapi jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Jangan terlalu banyak pikiran yang aneh-aneh. jangan mikir yang jelek-jelek. Kalau mau mikir tanya deh ke diri sendiri : ini ada gunanya ga sih dipikirin? apa kalau dipikirin bakal ngerubah segala sesuatunya? Kalau jawabannya enggak ya terus apa hasilnya kalau terlalu dipikirin? Mending banyak-banyak ibadah, baca buku lucu atau nonton Drama Korea. Hidup selow-selow saja lah, dan jangan lupa banyak-banyak bersyukur. Haha

4. Banyak Minum Air Putih

Saya perhatikan bahwa beberapa masalah kesehatan yang timbul pada diri saya bermula dari kurangnya minum air putih. Untuk ini sebenarnya saya suka ga sengaja, karena saya jarang merasa haus. Karena jarang haus jadi saya jarang minum. Setelah usus buntu saya kumat, saya baru sadar kalau selama ini sangat kurang minum. Rasanya seperti tamparan yang keras karena minum air putih itu kan effort yang sederhana banget ya buat jaga kesehatan. Moso iya itu aja ga bisa.

Pun lagi kalau minum air putih sesuai kebutuhan tidak hanya kulit jadi lembab dan halus, tapi otak juga jadi punya banyak cairan untuk berfikir. Suhu badan lebih stabil, dan organ-organ di dalam tubuh jadi lebih lancar kinerjanya karena cukup diberi cairan. Nhaaa masih males minum air putih lagi? operasi usus buntu itu sakit looh ๐Ÿ˜€

nb : yang bilang usus buntu itu sumbernya karena makan cabe kebanyakan ITU MITOS (Fyi saya ga suka pedas, tapi masih kena usus buntu). DI kasus saya, usus buntu bisa timbul kecenderungannya karena saya kurang minum (ini kata dokter saya juga sih). Karena makanan di usus kurang cair sehingga ketika sekresi kurang lancar. Jadilah ada yang nyangkut juga di usus buntu, dan ini menyebabkan radang.

5. Punya Me Time yang Wajar

Buat saya me time adalah pergi ke salon. Di sana saya bisa benar-benar lepas dari hecticnya situasi rumah. Tapi ya ada durasinya, dua jam paling lama. Sehabis me time biasanya sudah fresh lagi, badan dan rambut juga sudah wangi. Pokoknya senang.

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk punya me time yang bikin pikiran dan badan rileks. Do what makes you happy lah. Dan itu bisa macam-macam dan ga harus mahal. Kalau saya cukup dengan pergi ke salon. Kalau Suami saya cukup dengan menghabiskan waktu memelihara lovebird kesayangannya.


Yak itu dia tips hidup sehat versi saya haha. Intinya saya perhatikan, kondisi tubuh itu terkait erat dengan pikiran. Coba bayangkan kalau stress, otomatis asam lambung naik, lalu timbul Magg.

Magg kemudian memicu GERD, dan penyakit-penyakit lainnya. Kalau mengenai kebersihan itu sudah keharusan. Tapi kalau lingkungan bersih, uang banyak, makanan cukup tapi masih mikir yang enggak-enggak dan kurang bersyukur, rasanya rentan mempengaruhi kesehatan juga ya. Nulis ini jadi bisa buat reminder ke diri sendiri euy.

Apapun, harapannya semoga Anda, saya dan kita semua selalu sehat senantiasa ya, Aamiin ๐Ÿ™‚

Advertisements

Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: