Honor Smartphone Murah dan Trendi untuk Ramadan

3 Produk Honor Smartphone Murah Andalan untuk Ramadan dan Hari Raya

Dalam dua belas bulan selama satu tahun, bulan Ramadan adalah bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Banyak hal yang membuatnya begitu. Mulai dari kesempatan beribadah yang lebih banyak, asa merengkuh pahala yang lebih besar, hingga memberikan keluarga kesempatan merajut jalinan silaturahim kala Syawal menjelang.

Ramadan memang istimewa.

Beberapa tahun yang lalu, Ramadan pula yang membawa saya dan keluarga untuk mudik dari Palembang ke Pasar Minggu Jakarta Selatan. Meskipun Syawal memang belum menunjukkan hilalnya, namun arus manusia kembali ke kampung halaman yang dirindukan sedikit demi sedikit mulai menunjukkan riaknya.

Sayang waktu itu Suami tak bisa ikut, karena harus standby di site pabrik dimana keluarga kami menggantungkan periuk nasi. Suami memang bekerja di site yang jaraknya dua jam perjalanan dari rumah. Jadwal kerjanya pun 10 hari kerja full di site, 7 hari libur.

Karenanya bagi karyawan seperti Suami saya, siapa yang bisa mendapakan cuti di hari Raya dan siapa yang tidak, layaknya undian yang dinanti dengan harap-harap cemas.

Beberapa kali di Hari Raya, Suami malah kebagian sebagai yang harus standby karena site tak mungkin shutdown. Maka tak apa-apa. Anak-anak meski merasa sedih, namun legowo saja. Kami pun mudik tanpa ayahnya.

Ketika Mudik Ramadan, Smartphone Mati Total

Mudik ke Jakarta

Keluarga boleh terpisah jarak, namun tetap terpaut hati. Selama perjalanan mudik, saya selalu menggenggam smartphone saya, karena Suami menghubungi secara berkala.

“Sudah dimana?”

“Anak-anak bagaimana?”

“Apa kabar keluarga besar disana?”

Selama ada smartphone di tangan, jalinan komunikasi selalu lancar.

Hingga di suatu pagi jantung saya berdegup kencang. Smartphone yang saya charging semalaman, tak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Saya tekan tombol power berulang-ulang; saya diamkan sebentar lalu coba hidupkan lagi, saya ketok-ketok sedikit barangkali bisa hidup lagi; tapi usaha saya tiada arti. Sang smartphone tetap bergeming mati – seolah memang tak ingin hidup lagi.

Waktu itu saya bingung. Bagaimana menghubungi Suami jika smartphone sudah tak hidup lagi? haruskah saya selalu nebeng smartphone keluarga kanan kiri?. Meskipun keluarga pasti mau membantu, namun rasanya tak enak hati jika meminjam smartphone setiap waktu.

Solusi paling ideal adalah membeli smartphone lagi. Toh sayapun sedang mudik di ibukota, tentu tak sulit mencari smartphone di mall terdekat.

Namun bukan itu masalahnya.

Adalah saat itu di bulan Ramadan menjelang Hari Raya, neraca keuangan telah saya atur sedemikian rupa dan sudah memiliki posnya masing-masing. THR memang lumayan jumlahnya, namun lumayan juga kebutuhan yang harus diperhitungkan untuk kebutuhan Ramadan dan Hari Raya. Dan karena tadinya smartphone saya baik-baik saja, maka pos untuk membeli gadget baru, tak ada di dalamnya.

Tapi saat itu kebutuhan akan komunikasi sangat crucial.

Terlebih karena suami yang jauh, dan rasanya tak nyaman jika tidak bertukar kabar setiap hari. Sayapun membatin bahwa saya memang harus beli smartphone lagi dengan segera.

Namun smartphone apa kiranya yang bisa diandalkan dengan harga bersahabat?

Ataukah saya bertahan saja hingga pulang ke Palembang tanpa smartphone di genggaman?

Manfaat Smartphone di Bulan Ramadan

Sebagai ibu rumah tangga, saya juga bekerja sebagai blogger dan remote worker. Ketika berangkat jauh dari rumah, pekerjaan saya kerjakan secara mobile mengandalkan jaringan internet tethering dari smartphone saya.

Karena itu jika berbicara tentang smartphone, saya memang banyak maunya.

Saya ingin smartphone dengan desain yang trendi dan nyaman di genggaman. Saya ingin smartphone dengan layar yang jernih, dan baterai yang tahan lama. Selain itu saya juga ingin smartphone dengan spesifikasi baik namun dengan harga yang terjangkau.

Terlebih di bulan suci Ramadan ini ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan dengan smartphone, seperti :

  • Mendapatkan informasi keagamaan. Kapan waktu berbuka, imsak, sahur dan sebagainya dapat saya temukan dengan mudah melalui jaringan internet di smartphone.
  • Memudahkan kita untuk bersedekah. Saat ini kegiatan beramal, sedekah dan lain-lain juga sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui transaksi online di smartphone.
  • Mengingatkan waktu beribadah melalui fitur alarm yang ada di smartphone. Terutama untuk waktu-waktu salat dan sahur. Bagi seorang ibu seperti saya, jika saya gagal bangun sahur, maka serumah-rumah jadi melewatkan sahurnya.
  • Bisa membaca Al Quran Digital di mana saja, bahkan ketika saya sedang bepergian. Ketika sedang di kendaraan umum, misalnya. Kita bisa membaca Al Quran digital kita untuk mengejar target khatam Al Quran di bulan Ramadan.
  • Bisa mendengarkan murottal pengajian Al Quran dimana saja, bahkan ketika saya sedang berkegiatan. Tinggal pasang earphone atau headset. Kita sudah bisa mendengarkan pengajian dimana saja.
  • Menyaksikan ceramah dari tayangan streaming maupun youtube.
  • Melihat resep untuk menu sahur dan berbuka agar menu yang tersedia tidak monoton dan itu-itu saja.
  • Membantu mendapatkan informasi selama perjalanan mudik. Misalnya untuk melihat GPS, pom bensin terdekat dan informasi-informasi lainnya.
  • Menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat. Terlebih ketika kami harus mudik tanpa Suami.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang bisa saya dapatkan melalui smartphone, sehingga tak berlebihan rasanya jika saya merasa panik ketika smartphone saya tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Namun saat ini, jika kondisi smartphone mati total terjadi lagi, maka solusi dengan sangat mudah saya dapatkan. Saya sudah memilih 3 produk smartphone HONOR yang tidak hanya murah namun juga bisa diandalkan untuk Ramadan dan Hari Raya.

HONOR, Smartphone murah yang trendi untuk Ramadan

HONOR adalah brand smartphone terkemuka asal Tiongkok yang mulanya berada dibawah naungan Huawei. Berdiri dari tahun 1988, Huawei sendiri merupakan perusahaan teknologi yang mengkhususkan bisnisnya pada produk teknologi yang beragam; mulai dari peralatan komunikasi hingga jaringan. Di semester kedua pada tahun 2018 yang lalu, Huawei berhasil menduduki urutan ke dua untuk pangsa pasar smartphone dunia.1

Di tahun 2013, Huawei mendirikan brand smartphone HONOR. HONOR memasarkan produknya tidak hanya di Tiongkok saja, namun juga di pasar Eropa. Meski terbilang baru menapakkan kaki di pasar Indonesia, namun HONOR dengan cepat dikenal oleh konsumen Indonesia karena reputasi yang baik dan produk yang berkualitas. Di tahun 2018, HONOR melakukan spin off sehingga manajemennya saat ini sudah terpisah dari Huawei.2

Dari segi jejak rekam dan reputasi, brand HONOR ini tentu tak diragukan lagi. Apalagi HONOR selalu hadir dengan inovasi teknologi smartphone terkini. Untuk Ramadan tahun ini, ada tiga produk HONOR smartphone murah yang bisa kita pertimbangkan; yaitu HONOR 8A, HONOR 10 lite dan HONOR 8X.

Berikut ulasan ketiganya.

HONOR 8A

Smartphone murah honor 8A
Honor 8A. Gambar dari website Honor

Smartphone, serupa pengganti televisi bagi saya. Karena dengannya saya bisa menonton apa saja secara mobile; baik melalui layanan tontonan berbayar, maupun streaming internet.

Terlebih di bulan Ramadan, kebutuhan siraman rohani dan ibadah juga meningkat. Saya ingin mengikuti ceramah agama dari Ustadz favorit, mendengarkan murottal pengajian, hingga membaca Al Quran secara digital. Karena itulah tak berlebihan rasanya jika saya ingin layar smartphone yang terasa luas, dengan layar yang jernih. Untuk itu, pilihan jatuh pada HONOR 8A.

HONOR 8A sendiri merupakan penerus dari seri HONOR sebelumnya yaitu HONOR 7A. Penampilannya smartphone ini trendi dan elegan dengan bingkai berbahan logam dan berbalut material bodi polikarbonat.

Dengan dimensi 156.28 mm x 73.5 mm x 8.0 mm, smartphone ini memiliki ukuran layar 6,09 inci dengan layar resolusi HD, HONOR 8A saya rasa bisa memenuhi kebutuhan saya yang sering menonton di smartphone.

Untuk keamanan, HONOR 8A sudah mendukung fitur face unlock. Sangat berguna bagi saya yang smartphonenya sering dimainkan oleh anak-anak. Speaker yang dimiliki HONOR 8A juga memiliki dual suspension teknologi speaker SmartPA. Speaker pada Honor 8A ini terasa lebih powerful 30% dari teknologi speaker pendahulunya.

Kelebihan lainnya adalah kamera depan HONOR 8A yang terletak di bagian poni, membuat kita bisa dengan leluasa mengambil gambar selfie. Kamera depan ini memiliki resolusi 8MP dan bukaan f/2.0. Keunggulannya adalah tersedianya fitur HDR dan semantic image segmentation sehingga saya tetap bisa mengambil gambar dengan baik bahkan di tempat yang minim cahaya.

Sedangkan di bagian belakang, tersedia kamera 13mp dengan lensa bukaan f/1.8, sudah autofocus dan juga dilengkapi dengan flash untuk bantuan cahaya. Mau mengambil foto-foto dikala Ramadan dan silaturahim Hari Raya di siang ataupun malam menjadi tak menjadi masalah.

Dibekali dengan dapur pacu MediaTek Helio P35, perangkat ini memiliki RAM sebesar 3GB dan memori yang bisa diupgrade hingga 512 GB. Dengan Kapasitas baterai 3.020 mAh, HONOR 8A bisa tahan digunakan seharian. Harga HONOR 8A cukup murah yaitu Rp.1,899 juta saja.3

Spesifikasi Honor 8A

HONOR 10 Lite

Honor 10 Lite
Honor 10 Lite. Gambar dari website Honor

Tak bisa dipungkiri bahwa kamera merupakan hal crucial yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih smartphone. Kamera bukan hanya sekadar untuk foto-foto selfie dan keluarga ketika Ramadan dan Hari Raya, namun juga melengkapi kebutuhan saya sebagai blogger dan remote worker. terkadang saya harus mengambil foto produk, atau ikut campaign di blog yang harus menyertakan gambar dengan kualitas yang ciamik. Hal ini menjadikan kamera smartphone sangat penting bagi saya.

Pada bulan Februari 2019, HONOR merilis smartphone seri menengah HONOR 10 Lite. Dibandingkan dengan HONOR 8A, smartphone ini memberikan spesifikasi yang lebih sophisticated. HONOR 10 Lite hadir dengan layar 6.21 inci yang ideal untuk saya menonton ceramah secara streaming. Menatap layar berlama-lama pun tak masalah karena HONOR 10 Lite dilengkapi dengan fitur filter cahaya biru.

Memiliki screen ratio 90% dengan layar curved dan notch dewdrop, menjadikan HONOR 10 Lite sangat tipis dan nyaman di genggaman. Teknologi NFC memungkinkan penggunaan lebih leluasa untuk transaksi online, sehingga bisa bersedekah dengan mudah. Baterai 3.400 mAh membuat saya bisa menggunakan smartphone seharian.

HONOR 10 Lite menggunakan Kirin 710 yang tangguh di kelasnya, dilengkapi dengan RAM 4 GB dan internal memori 64 GB. Memori smartphone ini pun bisa diupgrade hingga 512 GB, jadi tidak perlu takut kehabisan memori ketika menyimpan banyak video ceramah, murottal atau dokumen lainnya di smartphone.

Menilik dari sisi kamera, HONOR 10 Lite ini sudah dilengkapi dengan teknologi AI (artificial intelligence) yang dibenamkan dalam tiga kamera : dua kamera belakang 13MP dan 2MP, serta kamera depan 24 MP. Karena saya membutuhkan kamera smartphone untuk banyak hal, membuat saya sangat mempertimbangkan HONOR 10 Lite sebagai smartphone murah andalan. Memiliki spesifikasi mumpuni, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 3.299.000, dengan dua pilihan warna yaitu Sky Blue dan Midnight Black.4

spesifikasi smartphone murah honor 10 lite

HONOR 8X

Honor 8X Smartphone Trendi
Honor 8X. Gambar dari website Honor

Satu lagi pilihan HONOR smartphone murah untuk Ramadan dan Hari Raya, yaitu HONOR 8X. Sekali melihat penampakannya, saya langsung jatuh hati. Kenapa? karena smartphone ini memiliki banyak kelebihan seperti desainnya yang premium dan serupa dengan HONOR Mate 20 Pro yang masuk dalam lini flagship. Di bagian belakang bodi dilapisi dengan kaca yang reflektif ketika terkena cahaya sehingga memberi kesan mewah.

Di dalam HONOR 8X, dibenamkan pula Chipset Kirin 710 yang mampu menjalankan game, grafis dan frame rate dengan sangat baik. Untuk saya yang hobi menyimpan banyak foto di ponsel, saya bisa memilih kapasitas Honor 8X sebesar 64 GB dan 128 GB. Jika dirasa kapasitas tersebut masih kurang untuk menyimpan video ceramah Ramadan yang sering saya tonton berulang, saya bisa menambah kapasitas hingga 256 GB.

RAM yang dimiliki HONOR 8X adalah sebesar 4GB dan 8 GB. Soal layar, HONOR 8X dibekali layar 6,5 inci, HONOR 8X juga sudah Full HD+ dengan resolusi 1.080 X 2.340 piksel. Dilapisi dengan kaca Gorilla Glass 3, saya tak perlu khawatir akan ketahanan layar jika smartphone jatuh atau ketika dimainkan oleh anak-anak.

HONOR 8X dilengkapi juga dengan dual kamera di bagian belakang yaitu 20 MP f/1.8 dan 2MP. Sedangkan satu kamera depan berukuran 16 MP. Tidak perlu khawatir jika harus mengambil gambar di tempat yang minim cahaya karena HONOR 8X memiliki mode Super Night Shot yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kualitas foto. Jadi mau ambil foto keluarga sewaktu pulang Tarawih juga lega ya 😀

Dari dua pilihan sebelumnya yaitu HONOR 8A dan HONOR 10 Lite, HONOR 8X ini memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 3,750 mAh sehingga bisa tahan seharian. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, HONOR 8X dibanderol mulai dari Rp 3.999.000.5

Spesifikasi Honor 8X Smartphone Murah

Smartphone HONOR untuk Ramadan dan Hari Raya yang Berkesan

Memiliki smartphone HONOR, kita bisa menjadi bagian dari forum HONOR Club. Di forum ini, kita bisa mendapatkan banyak informasi tentang smartphone dan teknologi terkini. Forum ini juga sering bagi-bagi hadiah, lho. Mulai dari smartphone HONOR hingga aksesoris yang dapat kita gunakan untuk smartphone kita.

Dengan bergabung di HONOR Club, kita juga bisa memperluas jaringan dengan rekan-rekan yang juga menggunakan smartphone HONOR. Mengenai produk yang saya tuliskan di atas yaitu HONOR 8A, HONOR 10 Lite dan HONOR 8X juga ada masing-masing forumnya di HONOR Club, sehingga memudahkan kita untuk sharing mengenai seri smartphone HONOR yang kita miliki. Jadi, HONOR memang pilihan yang tepat untuk smartphone murah dan trendi terlebih untuk Ramadan dan Hari Raya.

Sebagai umat muslim, Bulan Ramadan tentu kita nantikan setiap tahun, karena ada banyak kesempatan untuk merengkuh pahala dengan ibadah yang ikhlas untuk Allah Ta’ala. Jangan lupa maksimalkan penggunaan smartphone untuk aktivitas ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadan dan Hari Raya.

Untuk Hari Raya tahun ini Alhamdulillah Suami bisa bergabung bersama kami untuk merayakan lebaran bersama-sama. Meskipun tak masalah merayakan Hari Raya disini atau disana, asalkan komunikasi tetap terjaga, kami merasa bahagia.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan untuk semua yang menjalankannya ya!


Disclaimer : semua gambar dan ilustrasi smartphone diambil dari website resmi HONOR

HONOR Indonesia

#saatnyaberimakna #honorindonesia #Ramadhankukaryaku

Website : https://www.hihonor.com | Instagram : @honor_indonesia | Twitter : @Honor_Indonesia | Facebook : Honor Indonesia

Sumber artikel :

1 https://www.antaranews.com/berita/779609/huawei-incar-posisi-tiga-besar-pasar-smartphone-indonesia
2 https://inet.detik.com/consumer/d-3909924/pisah-dari-huawei-tiga-ponsel-jagoan-honor-siap-unjuk-gigi
3 https://kumparan.com/@kumparantech/review-honor-8a-apakah-layak-dibeli-1553937388484587115
4 https://tekno.kompas.com/read/2019/02/28/09140767/spesifikasi-dan-harga-honor-lite-10-di-indonesia
5 https://tekno.kompas.com/read/2018/11/07/14160037/harga-dan-spesifikasi-lengkap-honor-8x-versi-indonesia

Advertisements

6 Comments

  1. harga lumayan bersahabat di kantong mbaa 😁.
    tapi di palembang ada ya mba??

    1. Author

      Betul lumayan ga bikin kantong bolong hahaha. Di Palembang ada di MDP IT Superstore dee 🙂

    1. Author

      Setuju. Dengan kemampuan yang baik harganya pun sangat terjangkau 🙂

Kalau komentarmu bagaimana?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.