Advertisements
Bayi sakit cacar air
Palembang

Ketika Bayi Sakit Cacar Air

Ketika bayi sakit cacar air – Baru seminggu ini adek (10 mo) sembuh dari cacar air. Ketika saya ‘curhat’ tentang hal ini di Instagram, salah satu teman ada yang bertanya : kog bisa bayi umur 10 bulan tertular cacar air?

Jawabannya tentu saja bisa. Cacar air sendiri disebabkan oleh virus Varicella Zoster yang memang bisa menular dengan cepat. Dilansir dari situs alodokter, virus cacar air ini bisa dengan mudah menyebar lewat udara saat penderita batuk atau bersin. Bisa juga dari cairan luka lepuh, air ludah atau cairan tubuh lainnya dari penderita.

Sadly, saya sudah dua kali harus menghadapi bayi yang sakit cacar. Kakak dulu terkena cacar air di umur 8 bulan, sedangkan sekarang adek terkena di umur 10 bulan. Kalau kakak dulu kena cacar karena tertular abang, adek kena cacar karena tertular anak tetangga. Karena lately cacar air di komplek perumahan kami sedang epidemik. Yang sakit cacar gantian aja tuh dari satu rumah ke rumah lainnya.

Apa gejala awal bayi sakit cacar air?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nina Fajriah (@bonadapa) on


Gejala awal bayi terkena cacar air adalah kulitnya mulai ada bercak-bercak merah, disertai dengan suhu badan yang meningkat. Keesokan harinya, bercak merah ini berlanjut dengan benjolan kecil berisi air sekilas seperti jerawat. Ketika melihat ini saya sudah yakin kalau adek tertular cacar air dari kakak.

Segera setelah adek muncul benjolan merah seperti ini, kami langsung pergi ke dokter. Ambil jadwalnya yang siang (biar tidak terlalu padat), jaga agar anak tidak dekat-dekat dengan bayi/anak lainnya.

Setelah mengunjungi dokter, adek diberikan beberapa macam obat, yaitu :

  1. Obat panas parasetamol,
  2. Obat sariawan. Karena cacar yang keluar di badan adek cukup banyak, sampai ke lidah dan rongga mulut, sehingga perlu diberi obat sariawan biar nggak terlalu pedih,
  3. Obat antibiotik
  4. Salep kulit untuk dioles ke cacarnya (terutama yang di bagian wajah),
  5. Bedak gatal untuk dibalurkan ke badan setiap pagi dan sore.

Pantangan dari dokter? Sebenarnya nggak ada yang spesifik, ya. Adek juga tetap kami mandikan. Cuma ketika cacar, adek yang biasanya mandi sehari dua kali, hanya saya mandikan sehari sekali, di pagi hari.

Perawatan

Setelah pulang dari dokter, segera jalankan pemberian obat sesuai jadwal. Cara memberi obat pada bayi biar mudah adalah dengan pakai pipet, atau bisa juga menggunakan selongsong suntikan kosong.

Untuk obat parasetamol, berikan pada anak jika badannya panas saja. Kalau nggak panas, tidak diberikan pun tidak apa-apa. Untuk obat sariawan, sebisa mungkin pemberiannya merata di seluruh rongga mulut. Jangan makan/minum selama 30 menit sehabis meminum obat. Obat antibiotik mesti diminum sampai habis.

Jauhkan anak dari anak lainnya. Karena cacar sangat menular, saya sampai tidak mempersilahkan anak tetangga masuk ketika main ke rumah, sambil bilang “maaf ya, adek lagi sakit cacar. tante ga mau nanti nular ke kamu. mainnya nanti saja kalau adeknya sudah sembuh” 🙂

Baca ini : Hamil Anak Ketiga : The Journey

Rewel ga selama sakit cacar?

Ya namanya bayi, pasti rewel karena badannya terasa tidak nyaman. Biasanya selagi sehat, adek mau berdiri dan main sendiri. Kemarin adek maunya di gendong atau di peluk terus menerus.

Tidurnya juga ga nyenyak selama seminggu pertama. Di hari ketiga terkena cacar, adek malah ngamuk-ngamuk tengah malam dan panasnya tinggi. Tapi setelah itu perlahan kondisinya membaik.

Berapa lama prosesnya?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nina Fajriah (@bonadapa) on

Cacar air bisa sembuh dalam rentang satu hingga dua minggu. Dengan pemberian obat yang teratur, cacar biasanya sudah kering dalam waktu satu minggu. Jangan kaget karena akan menimbulkan bercak-bercak hitam ketika kering.

Tapi ketika cacarnya kering, adek masih saya keep di rumah karena belum sepenuhnya sembuh. Perlu waktu sekitar seminggu lagi hingga bercak-bercak hitam ini terkelupas dan adek benar-benar sehat kembali.

Gimana dengan bekasnya? Jangan khawatir karena bekasnya bisa hilang seiring waktu. Karena kena cacar di waktu bayi, jadi bekas cacar bisa hilang dengan signifikan.

Penutup

Buat orang tua yang anaknya sakit cacar, kuatkan hati dan stamina, jangan sampai ibunya sakit juga. Jangan panik berlebihan, karena bayi sakit cacar air bisa sembuh dalam dua minggu dengan obat-obat sesuai petunjuk dokter. Semoga cepat sembuh ya 🙂

Baca ini juga, yuk! Ketika Anak Jatuh Sakit Saat Travelling, Harus Bagaimana?

Advertisements
NinaFajriah
<p>Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com</p>
https://bonadapa.com

2 thoughts on “Ketika Bayi Sakit Cacar Air

  1. aduh kasihan adek semoga cepat sembuh.Anak pilek saja kita sudah gak tidur dibuatnya,apalagi anak kena cacar air huaaaaaa.Semangat ya mak

Kalau komentarmu bagaimana?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
%d bloggers like this: