Advertisements
Travel Story

Itinerary Liburan Keluarga ke Batu Malang

Itinerary Liburan Keluarga ke Batu Malang. Halo, balik lagi saya mau berbagi cerita tentang liburan kami tahun ini ke Batu Malang. Tujuan wisata utama kami memang Jatim Park, jadi liburan selama 5 hari ini sebagian besar memang terpusat di Batu Malang aja sih.

Namun, hari terakhir kami menyempatkan diri berkunjung ke Malang, untuk makan bakso presiden doang mengunjungi rekan kerja suami yang memang tinggal disini.

Saya liburan bersama suami dan 2 anak umur 10 tahun dan 6 tahun. Anak yang ketiga dititip dulu dengan Ibu karena baru berumur 6 bulan.

Kasihan amat ditinggal? kenapa ga diajak aja? ada yang bilang begitu.

Menurut kami lebih kasihan lagi kalau dedek bayinya diajak liburan.

Dedek bayi pasti belum bisa menikmati, tapi badan pasti capek iya. Lagian dari segi pengalaman lebih baik ajak anak-anak liburan ketika umurnya udah menginjak 1,5 tahun. Jadi, baik orang tua dan anak bisa menikmati.

Oke cus langsung aja ya Ini dia Itinerary kami selama liburan di Batu Malang.

Persiapan

Tiket pesawat

Karena harga tiket pesawat yang cukup aduhai, kami memesan tiket seminggu sebelum keberangkatan. Mesen tiketnya juga ga langsung Palembang – Malang; melainkan Palembang – Surabaya. Kenapa? karena kalau tiket langsung ke Malang mahal buanget.

Perbandingan aja, misalnya tiket Palembang – Surabaya bisa Rp.700 ribuan sekali pergi, tiket Palembang – Malang bisa nyentuh Rp.1,4 juta. Mungkin karena kalau ke Malang transit dulu di Jakarta, jadi tiketnya lebih mahal.

Untungnya ada rute langsung Palembang – Surabaya (citilink) meski harus terbang jam 7 malam.

Landing Surabaya jam 9 malam. Dari Surabaya sewa satu mobil ke Batu Malang. Harga sewa mobilnya sekitar 350 – 400 ribu.

Perjalanan Surabaya – Batu sekitar 2,5 jam tergantung traffic lalu lintas juga. Kemarin kami lewat Sidoarjo, mampir bentar di jalan untuk makan rawon amigos.

Sampai Batu jam 23.30, langsung check in dan bobo manis di hotel.

Hotel

Batu, sebagai salah satu kota wisata keluarga yang tengah populer, memiliki banyak sekali pilihan penginapan. Mulai dari inn hingga hotel berbintang. Mulai dari harga yang ratusan per malam, hingga yang jutaan per malam.

Kemarin kami menginap di Hotel Senyum World Batu Malang. Tulisan tentang Hotel di batu bisa baca tulisan yang ini :

Baca ini yuk! Hotel Keluarga di Batu Malang : Senyum World Hotel Jatim Park 3

Itinerary

Day 1 : Jatim Park II (buka jam 10 Pagi)

Pagi : Mengeksplor hotel yang sangat kids friendly. Kami main di Pool area sampai sekitar jam 10 pagi. Kenapa? karena jam buka Jatim Park II adalah jam 10 Pagi

Pk.10.00 : pergi ke Jatim Park II naik shuttle yang ada di dekat hotel. Shuttle ini gratis. Kami masuk keJatim Park II dengan urutan : Secret Zoo dulu, Museum Satwa, Eco Green Park.

Pk.12.00 : Makan siang di Batu Secret Zoo. Di dalam kompleks ada food court yang menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman. Jadi wise opinion mending ga usah bawa banyak makanan banyak-banyak karena di dalam Zoo banyak yang jual makanan dengan harga wajar.

Siang ke Sore : Masuk ke Museum Satwa dan Eco Green Park. Shalat Ashar di Museum Satwa.

Sore : Makan di CFC di depan komplek Jatim Park II (jalan kaki aja juga bisa), lalu pulang ke hotel pakai shuttle gratis lagi.

Malam : Menikmati Sate Kelinci yang banyak dijual di Batu. Per porsi sekitar 20 ribuan, langsung pulang ke hotel cuss tidur.

Day 2 : Dino Park (buka jam 11 Pagi) & Museum Angkut (Buka jam 12 siang)

Karena hotel kami langsung nyambung ke Jatim Park III, jadi kita ke Jatim Park III semacam suka-suka. Jadi misalnya pagi main, kalau capek pulang dulu ke hotel, tidur, terus balik main lagi ke Park haha.

Untuk hari ke 2, tujuan utama memang Dino Park. Itinerary sebagai berikut :

Pagi : Berenang di Hotel

Pk.11.00 : Masuk ke Dino Park Jatim Park III

Pk. 12.00 : Makan siang di komplek Dino Park. Disini juga ada food court yang pilihan makanannya banyak.

Pk. 14.00 : Keluar dari Dino Park, lanjut ke Museum Angkut Jatim Park II naik shuttle gratis.

Pk. 14.00 – Pk. 17.00 : Wisata ke Museum Angkut, makan sore Bakso Malang di restoran terapung yang ada di museum ini. Hati senang perut kenyang cuss pulang ke hotel.

Makan Malam : Main ke Alun-alun Batu nyobain Ketan Legenda yang terkenal. Sayangnya anak-anak ga suka, jadi ngaso lah kami di penjual nasi goreng di alun-alun.

Day 3 : Jatim Park III

Balik lagi ke Jatim Park III, terus mengeksplor permainan yang belum kami coba disana.

Pagi : Berenang di Hotel

Pk 11.00 : Main di Fun Tech Plaza di Jatim Park III. Reccomended banget karena ada berbagai macam permainan seperti VR dan game yang asik buat anak-anak dan orang tua.

Makan siang : Wendys di Jatim Park III.

Setelah makan siang balik lagi ke hotel, tidur siang, terus sorenya balik lagi ke Jatim Park III, main lagi sampai sore.

Makan malam : Steak and Shake yang ada di Alun-alun

Day 4 : Selecta (Buka jam 6 Pagi) & Kota Malang

Pagi : Sarapan di hotel langsung ke taman wisata Selecta naik Go-Car.

Pk.10.30 : Check out dari Senyum Hotel, nerus pake Go-Car ke Hotel Harris di Malang

Baca juga : Hotel Keluarga di Malang : Harris Hotel & Conventions

Pk.11.30 : (early) Check in di hotel Harris Malang, Alhamdulillah gada biaya tambahan.

Pk.12.30 : Makan siang di Bakso Presiden, pas lagi makan pas keretanya lewat hahaha anak-anak bengong gitu liat ada kereta nyelonong lewat pas lagi makan bakso.

Pk.14.00 : Balik ke hotel, tidur siang

Pk.16.00 : Berenang di hotel sampai maghrib

Makan malam : di rumah rekan kerja suami

Day 5 – Penutup

Hari minggu, masih sempat sarapan pagi di hotel terus langsung cuss ke Surabaya naik mobil sewaan lagi. Karena penerbangan jam 12.45 jadi berangkat dari hotel sekitar jam 09.00.

Kami merasa liburan ke Batu Malang sangat berkesan dan kepingin balik lagi ke kota ini someday karena masih banyak yang belum dieksplor. Semoga bermanfaat itinerarynya ya 🙂

 

 

 

 

 

 

Advertisements
Nina Fajriah
<p>Anak Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com</p>
https://bonadapa.com

12 thoughts on “Itinerary Liburan Keluarga ke Batu Malang

    1. Kami malah belum ke Jatim Park I huhu. Kalau ke Bromo sekalian iya butuh waktu agak panjang. Seminggu mungkin, baru agak puas hahaha

  1. Pengen banget ke museum angkut sama museum tubuh mba 😉 jaman dulu baru ada jatim park 1 sama jatim park 2 doang di Batu huhuhu….

Kalau komentarmu bagaimana?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
%d bloggers like this: