Advertisements
Travel Story

Melihat Kehidupan Bawah Laut yang Mengagumkan di SEA Aquarium Singapore

Hyaa ga kerasa sudah musim liburan lagi!! mau liburan kemana kali ini teman-teman?

Jadi kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman mengunjungi SEA Aquarium Singapore. Demi apa? demi anak-anak yang memang sukaaaaa banget lihat biota-biota laut dan hewan-hewan lainnya. Berapa kali liburan yang dicari kalau ga kebun binatang, ya sejenis SEA Aquarium ini. Di rumah, Abang dan Adek memang hobi memelihara ikan, anak lobster, kura-kura dan semacamnya, hehe.

Jadi pernah ketika ke Bandung itu si Abang ditanya : Abang kita mau jalan kemana? jawabnya : Zoo. Sementara emak sudah geregetan karena berapa kali ke Bandung melipirnya ke Zoo melulu πŸ˜€

off to main topic.

Jadi ceritanya dari penginapan kita yang di Bugis, waktu itu kita bangun kepagian. Padahal kalau nginap di Bugis, sebenarnya pagi-pagi bisa lompat sarapan di Restoran Hj.Maimunah yang ada di jalan pisang. Tapi yang ada kita malah leha-leha di hotel karena tujuan utama hari itu, ke SEA Aquarium, jadwal operasionalnya memang jam 10 pagi.

Jam 9 kita mulai bertolak dari hotel, langsung menuju MRT dari Bugis ke Vivo City. Buat anda yang buru-buru dari hotel dan belum sarapan di hotel, don’t worry karena di Vivo City tersedia banyak restoran halal. Kalau mau yang agak legaan dan pilihannya banyak, bisa ke FoodCourt yang ada di lantai B2, tepat di sebelah gerai Mc.D.

Pilihan Transportasi ke RW Sentosa?

Mungkin sampai sini masih ada yang bingung kenapa tadi ngomongin SEA sekarang ngomongin RW Sentosa? iya itu karena SEA Aquarium ini letaknya memang ada di dalam komplek Resort World Sentosa. Jadi teman-teman harus mencari transportasi yang menuju kesana. Ada 5 moda transportasi yang dapat teman-teman pilih untuk menuju ke RW Sentosa, yaitu :

  • Monorail, biaya 3 SGD/orang

Naiknya dari Vivo City Lantai 3, biaya 3 SGD per orang. Ga usah pusing soal bayaran monorail karena teman-teman bisa menggunakan kartu Tourist Pass atau EZ Link yang biasa kita pakai untuk naik MRT. Kalaupun saldonya habis tersedia tempat top-up sebelum naik Monorel.

Naik dari : Vivo City lantai 3

Jadwal : Kereta pertama jam 7.00, Kereta terakhir 24.00

Harga Tiket: S$3 per orang (Dewasa dan Anak-anak 3 tahun ke atas)

  • Sentosa Board Walk, biaya 1 SGD/orang

Namapun walk, berarti iya dan ho-oh harus jalan kaki. Kalau teman-teman sejenis orang yang hobi jalan kaki seperti saya liat betis yang gede, maka jalan di atas sentosa Board Walk yang memiliki panjang kurang lebih 670 m ini bisa bikin hepi banget. Terlebih di sepanjang jalan bisa dapat pemandangan yang ciamik dan bisa foto-foto buat update semua social media yah ceritanya banci sosmed jadi iyes kalau saya sih pasti pilih ini.

Tapi bagi anda yang bawa anak coba dipikirkan lagi. Meski ada kanopi di sepanjang bridge agar tidak kepanasan atau kehujanan, dan tersedia juga travelator supaya kaki tidak pegal, namun ketika pergi dengan anak saya menghindari lewat sini karena takut anak-anak sudah merasa capek sebelum sampai Sentosa.

Naik dari : Vivo City lantai 1 di belakang Vivo City’s Waterfront Promenade

  • Cable Car,

Naik Cable Car ini memang cukup mihil ya bu ibu, tapi sebenarnya worth it dengan pengalaman serta pemandangan yang bakal kita dapatkan di sepanjang jalan ke Sentosa, dengan catatan anda tidak takut ketinggian.

Naik dari : Harbourfront Tower 2

Jam Operasi: 8.30 – 22.00 setiap hari

Harga Tiket Dewasa:
S$24 – sekali jalan
S$26 – Pulang Pergi

Anak-anak:
S$14 – Sekali jalan
S$15 – Pulang Pergi

  • Β Naik Bus Resort World Sentosa

Pilihan selanjutnya adalah naik bus RWS8 dari halte bus vivo city atau halte bus harbourfront.

Nomor Bus: RWS 8
Harga Tiket: $2 (pulang pergi)
Jam Operasi: 6.00 hingga 23:30

  • Taksi dan Uber

Pilihan terakhir ya naik taksi, jadi anda bisa langsung jumped in dari mana saja lokasi anda di Singapura. Enaknya anda juga bisa menggunakan Uber dengan Aplikasi dan cara biasa seperti di Indonesia, hanya bayarannya yang ga enak karena pake dolar Singapura, ehe.

Beli Tiketnya SEA Aquarium Dimana?

Untuk pembelian tiket bisa langsung di depan SEA Aquarium, atau kalau ga pingin repot atau ngantri lama bisa beli melalui Traveloka.

Meski ketika kami kesana tidak ada antrian di booth tiketnya sih. Mungkin karena bukan pas peak season ya, jadinya sepi.

Harga Tiketnya?

Ikuti Plangnya

Mendarat di Sentosa, anda bisa mengikuti plang petunjuk jalan yang terdapat di all over the place, untuk menuju ke lokasi SEA.

Sampai di SEA, lihat di sebelah kiri anda, disitu ada booth tempat pembelian tiket masuk. harga tiket masuk $34 SGD untuk dewasa dan $24 SGD untuk anak-anak. Kami kebetulan waktu itu membeli tiket di Traveloka, sehingga tinggal menunjukkan saja bukti pembelian ke booth tersebut and we are free to go inside the Aquarium. Untuk pembelian lewat Traveloka seharga Rp.300.000 untuk dewasa dan Rp.210.000 untuk anak-anak (Per Desember 2017).

Sayangnya kita ga boleh bawa semacam makanan dan minuman dari luar. Tapi don’t worry karena di dalam ada tempat yang menjual makanan kecil. Atau kalau ga mau jajan bisa diusahakan sarapan kenyang-kenyang sebelum kesini.

Rasanya ke SEA Aquarium?

Kesan pertama ketika masuk ke SEA adalah asik dan adem. Dari depan anak-anak sudah disambut dengan kapal yang besaaar sekali dengan layar di tengahnya yang menayangkan film Pokemon. Waktu itu memang sedang berlangsung exhibition Pokemon, sehingga lounge depan juga didominasi warna kuning dan merah khas Pikachu.

Selebihnya ada booth dari beberapa negara di Asia yang sudah membuat anak-anak saya tertarik dan mulai bertanya ini apa itu apa, ada booth dari Indonesia juga, jadi ya, memang sangat keren.

SEA Aquarium Singapore
Kapal gedeeeee di lobby depan

SEA Aquarium Singapore

Inget ketika saya bilang di booth depan tiket tidak ada antrian dan mungkin bukan karena peak season? ternyata setelah di dalam ternyata sudah ramai sekali pengunjungnya. Namun demikian meski ramai karena kondisi ruangan yang adem dan space yang cukup luas, kami merasa nyaman-nyaman saja dan anak-anak juga masih bisa terpukau pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Kondisi di dalam memang minim pencahayaan, pencahayaaan paling terang mungkin berasal dari dalam aquarium. Namun itu membuat pengunjung menjadi lebih jelas melihat biota laut yang ada di dalam tank Aquarium. Menurut website SEA, terdapat 800 species biota laut yang hidup disini jadi ya, memang terlihat indah sangat.

SEA Aquarium Singapore

SEA Aquarium Singapore
Kolam ikan hiu
SEA Aquarium Singapore
Kolam Ikan hiu

SEA Aquarium Singapore

SEA Aquarium Singapore
Open Ocean
SEA Aquarium Singapore
Anak-anak juga bisa menggambar sembari melihat ikan
SEA Aquarium Singapore
Aquarium di bawah kaki
SEA Aquarium Singapore
Look Finding Dory! Kata Adek

SEA Aquarium Singapore

Tak terasa kami bisa berkeliling dua jam lebih di SEA dan ketika keluar dari ruangan rasanya lapar sangat, sehingga cepat-cepat mencari pemadam kelaparan di food court yang berlokasi di bagian depan RSW. Ketika melihat wajah anak-anak, senang rasanya karena mereka sangat sumringah dan tidak berhenti membicarakan beberapa jenis ikan yang mereka lihat. Ketika ditanya “mau ga kesini lagi kalau liburan?” jawabannya langsung kompak dan kenceng “MAUUUU!!” . Baiklah kalau begitu emak dan bapak menabung di celengan ayam dulu yak πŸ˜€


Conclusion :

  • Mengunjungi SEA Aquarium merupakan pengalaman yang menyenangkan karena pemandangannya indah sangat dan anak-anak suka.
  • Kondisi di dalam SEA cenderung gelap namun nyaman dan adem, saking nyamannya banyak anak yang tak sungkan tidur-tiduran di depan Open Ocean, sementara orang tua bisa duduk disana.
  • Di depan Open Ocean anak-anak juga bisa ngaso sambil menggambar.
  • Banyak biota laut yang unik dan indah seperti ubur-ubur, berbagai macam ikan, udang, hingga ikan hiu.
  • Ada banyak pertunjukkan di SEA, seperti saat memberi makan ikan dan pertunjukan lainnya
  • Anak-anak bisa memegang starfish secara langsung. Don’t worry karena di guide oleh petugas dari SEA
  • Selain menyenangkan anak-anak juga bisa mendapatkan pengetahuan.
  • Jika dibandingkan dengan SEA World Jakarta, jelas SEA Aquarium lebih oke, lebih banyak yang dilihat dan pemandangannya juga lebih indah.
Header Picture taken from here

SEA Aquarium Singapore

Address : 8 Sentosa Gateway, Resorts World Sentosa, Singapore 098269

Waktu Operasional : Pk.10.00 – Pk.19.00

Phone: +65 6577 8888

Website : https://www.rwsentosa.com/en/attractions/sea-aquarium
Advertisements

Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com

20 Comments

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: