Advertisements
Parenting Story

7 Perlengkapan Bayi yang Wajib Ibu Baru Miliki

Sebagai ibu muda, tentunya kita perlu belajar banyak hal tentang dunia anak. Sudah sejak mengandung, kita pasti juga sudah membaca dan mencari banyak hal apa-apa saja yang dibutuhkan nanti setelah melahirkan.

Sebagai ibu muda yang tanpa memiliki pengalaman merawat bayi sebelumnya, membuat ibu baru kadang merasa canggung dan galau untuk menyambut sang buah hati. Nah bagi anda yang mungkin saat ini tengah mengalami kegundahan tersebut, beberapa ide perlengkapan bayi yang wajib dimiliki oleh ibu baru di bawah ini mungkin bisa membantu.

1. Baby Bouncer

Gambar dari Bukalapak

Bouncer bayi adalah salah satu alat yang paling dibutuhkan buat ibu muda yang baru memiliki bayi. Awal-awal kelahiran, tentu sang bayi masih belajar menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang baru, yaitu dunia.

Pengalaman memiliki bayi, setiap malam si bayi pasti terbangun karena minta ASI. Namun di luar bangun yang harus minum ASI, bayi juga kerap bangun karena mungkin kurang nyaman berada di tempat tidurnya.

Bouncer bayi akan sangat membantu mengayun bayi agar merasa nyaman. Oleh karena itu, berusahalah untuk memilih produk bouncer bayi yang baik agar bayi kita merasa nyaman dan aman. Untuk peralatan satu ini, bunda wajib mempertimbangkannya sebagai alat yang harus dimiliki pasca melahirkan.

2. Tas bayi

Gambar dari Bukalapak

Kebutuhan bayi itu sangat banyak  dan begitu bervariasi. Dari botol minuman, tisu basah, popok, baju ganti, selimut, perlak bahkan termos air panas untuk membuat susu. Itulah sebabnya mengapa bunda wajib banget  punya tas khusus untuk peralatan bayi. Karena biasanya, tas bayi sudah didesain dengan segala sekat dan tempat khusus untuk kebutuhan bayi.

Misalnya, karet yang terdapat di dalam tas untuk menjaga agar termos tetap berdiri tegak. Tempat khusus dengan aluminium foil yang berfungsi untuk menjaga agar air dalam botol susu tetap hangat dan lain sebagainya.

3. Gendongan

Gambar dari Bukalapak

Menggendong adalah salah satu bentuk cinta ibu kepada bayinya. Dengan menggendong, hubungan ibu dan bayinya akan semakin dekat. Sebagai ibu muda, tentu saja menggendong bisa jadi hal yang melelahkan di awal-awal kelahiran.

Dan gendongan, akan sangat membantu bunda untuk menghindari lelah saat menggendong. Pilihlah gendongan yang mudah dipakai dan sesuai dengan kebutuhan sang bayi ya.. Selain itu, usahakan untuk memilih bahan yang lembut untuk si kecil.

4. Botol susu/ASI

Gambar dari Bukalapak

Sebenarnya, jika bunda sudah berniat akan memberikan ASI eksklusif pada bayi minimal selama 6 bulan pertamanya. Botol bayi tidak begitu diperlukan. Namun ternyata, botol bayi bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ASI yang bisa diberikan kapan saja ketika bunda terpaksa harus  meninggalkan buah hati di rumah.

5. Termometer

Gambar dari Bukalapak

Sebagai orang tua, tentu saja kita tidak menginginkan bayi kita terserang demam bukan?  Namun, kita tidak tahu kapan bayi dalam keadaan sehat ataupun sedang tidak enak badan. Termometer ini wajib banget bunda miliki saat memiliki seorang bayi.

Suhu tubuhnya yang berubah dengan cepat. Dengan bantuan termometer, sebagai orang tua kita tahu kapan waktu yang tepat  akan membawa anak ke dokter dari mengetahui tingkat suhu badannya.

6. Popok bayi

Gambar dari Bukalapak

Bayi dan popok adalah dua hal yang erat kaitannya dan memang tidak bisa dipisahkan. Mempersiapkan popok bayi sebelum melahirkan sangat disarankan, pasalnya kita harus terlebih dahulu memilih popok yang tepat untuk bayi kita kelak. Belilah popok bayi sekedarnya saja, karena kita tidak tahu apakah bayi kita cocok menggunakan popok dengan merek tertentu atau tidak.

7. Baju bayi

Gambar dari Bukalapak

Sebenarnya, baju bayi ini seharusnya berada di poin pertama yang wajib bunda persiapkan untuk menyambut buah hati ya bunda. Usahakan untuk memilih bahan yang lembut dan nyaman bagi bayi. Mencuci baju bayi terlebih dahulu sebelum digunakan kelak sangat disarankan menimbang kulit bayi yang begitu sensitif karena baru menyesuaikan dengan lingkungan.

Oh ya.. Yang tidak kalah penting juga, bunda juga perlu persiapkan peralatan mandi untuk buah hati. Mulai dari bak mandi, handuk, sabun mandi, minyak telon dan perlengkapan lainnya.

Bunda juga perlu membaca ini lho! : Hamil Anak Ketiga : The Journey

Advertisements

Lulusan Teknik yg addicted dengan dunia baca dan tulis menulis. Menganggap dirinya seorang Gryffindor, ia selalu memiliki affair dengan Agatha Christie, Dan Brown, Google, dan secangkir kopi hitam. Sangat cinta keluarga kecilnya, rajin nulis di bonadapa.com

7 Comments

Cool People Say :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: