Ibu Memukau Ikut Seminar Dancow! #DancowLindungi

Ada banyak ibu-ibu memukau yang berkumpul di Ballroom Novotel minggu tanggal 16 Agustus 2015 kemarin untuk mengikuti Seminar Parenting #DancowLindungi dari Dancow Center dengan tema “Maksimalkan Perlindungan si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat”. Kebetulan banget salah satu dari ibu-ibu memukau yang ikutan adalah saya, hehehehe *penting. garis bawah*

dancow-parenting-seminar-palembang

Menurut jadwal, acara akan dimulai pada pukul 08.00 pagi, tapi ketika saya sampe disana (sekitar jam 7 an) Ballrom Hotel Novotel Palembang udah ruamme pisan karena pesertanya membludak.

Ya wajar juga sik. Secara di palembang *dan dimana-mana* ga ada sekolah khusus buat Orang Tua, siapa yang ga mau dapet ilmu parenting dari pakar ternama semacam Mbak Ratih Ibrahim, dr Saptawati dan dr Vinka Desria.

Ples…. MCnya adalah mbak Shahnaz Haque yang ramah dan tidak sombong, makin semangat deh para emak-emak dan bapak-bapak ikut seminar ini. Hoho

Masuk ke Ballroom, saya langsung duduk di barisan nomor dua dari depan supaya bisa mendengarkan dengan ‘khusuk’ wejangan dari pakar-pakar tersebut. Soale topiknya sangat penting bagi saya mengingat anak saya RFI masih dua tahun; sedang dalam masa emasnya untuk tumbuh dan berkembang.

Ga lupa saya menyiapkan kertas sama pena dan juga handphone, jaga-jaga untuk foto-foto slide yang penting, atau taking picture something not less important such as sepatu bootnya mbak Ratih yang keren itu terus cari di online shop deh *dipelototin suami*

Jpeg
Pesertanya Ruamme

As I said before, di sesi pertama, psikolog favorit saya mbak Ratih Ibrahim memaparkan mengenai kebutuhan-kebutuhan mendasar pada anak. Bahwa anak memerlukan nutrisi yang cukup, stimulasi yang tepat untuk perkembangan anak dan ikatan emosional (attachment/kelekatan) dengan orang tuanya.

Jpeg
Mbak Shahnaz Haque membuka acara

 

Jpeg
Mbak Ratih Ibrahim and her stunning boots. *salah fokus*

Nah kelekatan ini sangatlah penting. Mengapa penting? karena kelekatan akan mengisi jiwa sang anak dengan cinta sehingga anak menjadi lebih stabil  secara emosi.

Jadi sesibuk-sibuknya saya sebagai emak-emak yang bekerja, saya perlu menyisihkan waktu untuk main bersama anak, membaca cerita bersama anak, mendengarkan cerita dari anak, agar secara batin ia merasa diperhatikan. oke, noted. 🙂

Sesi kedua Dr.dr. Saptawati Bardosono menjelaskan mengenai Asupan Gizi Excellent. Nah asupan gizi ini penting dijaga dari sebelum kita hamil.

Jpeg
Ibu Dr.dr.Saptawati Darsono sedang menjelaskan pentingnya gizi yang baik bagi ibu dan anak

Hmm, tapi kan pas hamil terkadang baru ketahuan sekitar sebulan atau dua bulan sesudahnya ya? gimana mau ngatur gizinya?

Caranya adalah dengan selalu makan makanan bergizi setiap hari. jadi ga khawatir ketika sudah hamil atau belum karena makan-makanan yang kita konsumsi selalu penuh gizi. Mengapa hal ini penting? karena  terdapat interaksi antara nutrisi dan stimulasi dengan pertumbuhan dan perkembangan selama 1000 hari pertama kehidupan termasuk masalah kesehatan dan mental yang akan menyertainya. Nah loh. Masih mau makan fast food dan sejenisnya ga nih para Ibu Muda? 🙂

Sesi Ketiga adalah ibu dokter muda yang cantik dr. Vinka Desria memaparkan mengenai Maksimalkan Perlindungan si Kecil dengan nutrisi dan stimulasi tepat untuk dukung eksplorasinya.

Jpeg
dr. Vinka Desria

Nutrisi apa saja? Mereka adalah nutrisi untuk perlindungan (serat pangan, prebiotik dll). Nutrisi untuk Otak, Minyak Ikan, DHA, LA, ALA dll. Serta Nutrisi untuk Pertumbuhan, seperti Protein dan Kalsium.

Selain nutrisi, stimulasi juga penting bagi tumbuh kembang anak. Tips stimulasi untuk si kecil adalah sebagai berikut :

  1. Orang Tua memberikan contoh yang baik
  2. Lakukan sejak dalam kandungan sampai remaja
  3. Dengan kasih sayang, perhatikan minat anak
  4. Kebebasan Mencoba, Mengulang
  5. Dipuji dan dihargai

Setelah sesi paparan dari pakar selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian doorprize dan memasak healthy food bersama chef Setio dari Novotel Palembang.

Jpeg

Setelah puas masak-masak dengan chef Setio, acara ditutup dengan makan siang bersama. Asiiik.

Terima kasih ya Dancow Parenting Center. Saya sudah diundang untuk menghadiri Seminar Parenting yang sangat menarik dan sangat bermanfaat.

Terus, ketika pulang dikasih goody bag yang berisi tas sekolah + Dancow Excel Nutri+ rasa madu + Lunch box yang langsung di simpen sama anak-anak pas saya sampe rumah. Jadi ga sempet dipoto deh, huhuhu

Sekali lagi terima kasih Dancow Parenting Center yang sudah perduli dengan tumbuh kembang anak. Dan tidak lupa..

Aku dan Kau

selalu Suka Dancow 🙂

7e68b213662d0f21c9eea5a579b823b43992ca75

 

 

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply