Mitos Hamil Jadi Jelas di Prenagen Pregnancy Educational Journey Palembang #PPEJ2017PLM

Jangan suka gantungin handuk di leher; nanti anaknya bisa kelilit tali pusar, lho” ujar seorang kerabat yang sedang berkunjung ke rumah, ketika saya sedang hamil anak pertama.

Pernah dengar yang seperti ini? bagi anda yang sudah pernah hamil, atau anggota keluarganya sudah ada yang hamil, pasti pernah mendengar satu atau dua kalimat seperti ini. Jenis kalimatnya pun beragam. Mulai dari jangan melakukan ina itu hingga harus melakukan ina itu. Sebagian orang mengamininya sebagai ‘nasihat bijak’ dari para orang tua; sedangkan sebagian lagi – menyebutnya sebagai mitos.

Namun bagi saya, yang saya percayai mengenai kehamilan hanyalah jika hal tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah oleh pakar yang ahli dibidangnya.

Itulah mengapa saya merasa bersemangat ketika hadir di acara Prenagen Pregnancy Educational Journey #PPEJ2017PLM yang diadakan pada tanggal 16 September di Hotel Novotel Palembang. Karena saya tahu, saya bisa mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehamilan dan juga pertumbuhan anak, langsung dari pakarnya. Sehingga bisa mendapatkan kesempatan untuk datang di acara Prenagen ini rasanya worth it sekali, lupakan jauh-jauh deh semua mitos 😀

Diperuntukkan bagi para orang tua dan calon orang tua, acara Prenagen #PPEJ2017PLM mengambil tema “Terbaik untuk yang Teristimewa” acara ini diadakan menandai 30 tahun perjalanan Prenagen sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui di Indonesia.

Dan benar saja. Ketika saya sampai di selasar Ballroom hotel Novotel Palembang, saya bisa menemukan banyak booth yang tidak hanya memberikan pengetahuan, namun juga menyediakan konsultasi gratis bagi orang tua yang sudah hadir disana. Beberapa booth tersebut antara lain :

1.Bump To Birth Consultation

Yaitu fasilitas yang disediakan Prenagen untuk berkonsultasi secara gratis dengan dokter kandungan. Ketika saya sampai di fasilitas ini, sudah ada dokter kandungan yang siap sedia menjawab pertanyaan konsultasi dari Ayah dan Bunda yang hadir. Beberapa ibu hamil memang tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka dengan semangat 45 dan mimik serius menanyakan banyak hal kepada dokter kandungan.

2. Bump To Birth Corner

Bump to Birth Corner adalah Fasilitas yang disediakan untuk ayah dan bunda berkonsultasi mengenai tumbuh kembang anak setelah anak lahir, nutrisi apa yang diperlukan untuk ibu yang sedang menyusui, termasuk bagaimana caranya memijat payudara yang benar untuk menstimulasi ASI agar lebih optimal. Saya melihat para ayah dan bunda serius sekali menyimak paparan dan peragaan dari para ahli.

3.Bump to Birth Expert

Beranjak sedikit ke tengah selasar ballroom, saya menemukan booth Bump to Birth Expert yang menyediakan konsultasi terkait produk Prenagen yang sesuai dengan kebutuhan kehamilan kita, yaitu :

1. Prenagen Esensis. Nutrisi persiapan kehamilan. Agar anda siap hamil, disarankan untuk mengkonsumsi Prenagen Esensis sejak awal menikah. Susu ini mengandung kadar lemak yang rendah, mengandung Asam Folat, Zinc, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein dan Mikroenkapsulasi Zat Besi, Sumber Serat, Omega 3 dan 6.

2. Prenagen Mommy Emesis. Susu yang sangat baik dikonsumsi di awal kehamilan karena mengandung nutrisi kehamilan untuk mengurangi mual dan muntah. Mengandung Vitamin B6 dan Protein, dilengkapi dengan Asam Folat, Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Vitamin D, Mikroenkapsulasi Zat Besi, Sumber Serat, juga Omega 3 dan 6.

3. Prenagen Mommy. Nutrisi Masa Kehamilan yang mengandung Asam Folat, Mikroenkapsulasi Zat Besi, dan Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah. Mengandung sumber serat untuk meningkatkan asupan serat pangan harian, Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan Vit D untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, sekaligus mempertahankan kepadatan tulang Ibu. Prenagen Mommy tersedia dalam kemasan praktis siap minum sehingga bunda bisa minum susu dimana saja, kapan saja.

4. Prenagen Lactamom. Nutrisi untuk bunda di masa menyusui untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Mengandung Asam Folat, Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Vitamin D. Protein dan Mikroenkapsuasi Zat Besi, SumberSerat, Omega 3 dan 6 untuk perkembangan otak si kecil.

5. Prenagen Juice. Alternatif minuman yang menyehatkan selain susu. Terbuat dari sari buah asli Pomegranate dan anggur sebagai sumber asam folat serta tinggi kandungan vitamin C.

4. Bump to Birth Nutrition

Di sebelah Bump to Birth Expert, ada Bump to Birth Nutrition dengan Chef Eddrian yang sedari tadi sudah dikerubungi oleh banyak ibu-ibu. Memangnya sedang buat sih Chef Eddrian?

Ternyata beliau sedang meracik minuman yang terlihat sangat lezat. Minuman tersebut diracik dari susu Prenagen yang di blend dengan buah-buahan segar, seperti apel dan pisang. Saya sempat mencicipi rasa minuman racikan dari Chef Eddrian yang sudah jadi dan rasanya memang juara! 🙂

5. Photo Booth

Tak lupa, Prenagen juga menyediakan photo booth untuk mempersilahkan ayah, ibu dan si kecil untuk mengabadikan kenangan mereka di PPEJ2017PLM. Foto ini bisa langsung dicetak dan boleh dibawa pulang sebagai kenang-kenangan telah hadir di acara PPEJ2017PLM.

Tak lama kemudian, saya melihat Mbak Mona Ratuliu sebagai host acara PPEJ2017PLM sudah ada di depan pintu Ballroom untuk mempersilahkan peserta untuk masuk ke dalam Ballroom karena acara utama akan segera dimulai.

Nah, mumpung sedang berbicara soal kehamilan, saya juga mau sekalian curhat 🙂

Ketika saya hamil anak pertama dulu, saya hampir tidak mempersiapkan apa-apa untuk kehamilan anak pertama. Karenanya, saya cukup kaget ketika harus merasakan migrain berat setiap pagi, lalu merasa mual, lalu muntah-muntah. Kalau saja saya sudah mengenal produk Prenagen waktu itu, saya mungkin sudah memilih Prenagen Emesis buat mengantisipasi mual dan muntah saya yang intensitasnya cukup sering.

Kemudian karena belum punya pengalaman hamil pun, jadilah saya mendengarkan (dan melaksanakan) saran dari banyak orang, yang sayangnya sebagian besar adalah mitos.

Hadir di PPEJ2017PLM membuat ingatan saya kembali ke pengalaman hamil pertama dulu. Terlebih setelah Prenagen Ambassador yaitu Mbak Andien dan Mas Ippe, suami Mbak Andien, ikut hadir di acara tersebut dan sharing mengenai pengalaman mereka selama Andien mengandung hingga sekarang ketika putra mereka Kawa, sudah berusia 8 bulan.

Hadir pula di acara ini Bapak Doni dari Kalbe dan dr.Irawan sebagai Ketua POGI (Persatuan Dokter Kandungan) di Palembang.

Beberapa penjelasan dari pakar yang dihadirkan pun membuat saya mengamini, bahwa memang ada beberapa mitos mengenai kehamilan yang selama ini berputar di benak saya – bisa terjelaskan secara ilmiah melalui acara ini. Beberapa hal yang saya catat adalah :

1.Tentang Ngidam Makanan

Mitos : Ngidam makanan itu harus dapet, kalau ga nanti anaknya ileran.

Kabar baiknya adalah mitos ini sebenarnya tidak apa-apa diikuti, namun selain menuruti hawa nafsu dengan meminta makanan yang diidamkan, bunda juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang bergizi untuk bunda dan si cabang bayi. Jadi tidak disarankan, ketika bunda sedang ngidam makan jambu, misalnya. Lalu seharian hanya mengikuti keinginan untuk makan jambu dari pagi sampai malam, sedangkan makan-makanan lain tidak dikonsumsi karena alasan tidak selera.

dr. Martina Hutabarat (SpOG)

Jadi pada acara Prenagen PPEJ2017PLM kemarin, dr. Martina Hutabarat (SpOG) menjelaskan bahwa Ibu hamil harus mendapatkan asupan nutrisi yang bergizi agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Terutama kesehatan PLASENTA (tali pusar) yang memiliki fungsi mengalirkan makanan dari ibu ke bayi selama masa kehamilan. Kenapa kesehatan plasenta menjadi penting? karena plasenta memiliki peran yang crucial, yaitu :

  • Membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
  • Membuang zat beracun
  • Mekanisme imunologi ( kekebalan tubuh )
  • Produksi hormon untuk perkembangan janin
  • Berperan terhadap pembentukan sistim saraf, mekanisme transpor DHA. Dimana Kecerdasan/ kognitif adalah salah satu komponen dari sistem saraf .

Untuk memiliki plasenta yang baik, bunda membutuhkan nutrisi yang baik pula – yang tidak hanya terbatas pada vitamin dan mineral tertentu, namun juga asupan makanan bergizi lainnya. Asupan makanan bergizi ini juga, membutuhkan ‘kendaraan’ untuk membawa nutrisi tersebut. Nah disinilah peran susu Ibu Hamil hadir sebagai ‘kendaraan terbaik’ untuk membawa zat nutrisi tersebut.

Sehingga istilah yang tepat untuk menggambarkan kondisi cabang bayi adalah ‘You Are What Your Mother Eat’ memang tepat adanya dan penting bagi bunda untuk menjaga keseimbangan nutrisi, bahkan ketika sedang dalam keadaan ‘ngidam’.

2. Tentang Tumbuh Kembang Bayi

Mitos : Ibu hamil jangan suka lap tangan di bagian belakang. Nanti paha anaknya biru-biru.

dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) seorang spesialis saraf anak menjelaskan bahwa ketika lahir, beberapa anak lahir dengan kulit yang kebiruan (tampak lebam) di beberapa tempat. Jika jumlah tampak kebiruan ini jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak disertai gejala lain, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena akan hilang seiring waktu. Namun, jika ditemukan gejala lain yang menyertainya, bunda bisa memeriksakan anak ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jadi, tanda biru pada kulit bayi lahir bukan karena waktu hamil sang ibu sering lap tangan di bagian belakang ya bunda 🙂

dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) gambar dari @prenagenworld

Demikian halnya dengan bayi yang lahir disertai baluran zat putih yang menempel, itu sebenarnya lemak yang melindungi bayi agar tetap hangat selama di dalam perut, bunda. Dan bukan karena bunda melakukan hal-hal tertentu (yang katanya tidak boleh dilakukan) di masa kehamilan.

Selain itu, dr Herbowo juga menjelaskan bahwa yang perlu diperhatikan dalam tumbuh kembang anak adalah bertambahnya ukuran fisik, kuantitatif, ukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Lingkar kepala merupakan satu hal yang penting untuk diperhatikan karena menyangkut pertumbuhan otak anak. Sedangkan tumbuh kembang anak dapat dilihat dari bertambahnya struktur dan fungsi tubuh, kualitatif, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan persona sosial.

Lalu apa saja yang mempengaruhi tumbuh kembang anak?

Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu bisa secara internal (genetik, ras, usia, dan jenis kelamin) serta eksternal (nutrisi, lingkungan, penyakit dan stimulasi)

Untuk nutrisi anak yang baru lahir, yang terpenting adalah ASI (Air Susu Ibu) yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan sistem saraf pusat. Nah untuk mendapatkan ASI yang optimal, bunda harus memperhatikan kelengkapan nutrisi yang dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan.

Selanjutnya paparan dari Ibu Sianne selaku Senior Product Manager Prenagen menjelaskan mengenai pentingnya susu hamil bagi ibu dan kandungan. Dimana PrenaPro Formula sudah bisa dikonsumsi setelah menikah, dari masa sebelum kehamilan. Mengapa demikian? karena kebanyakan bunda baru mengetahui bahwa bunda mengalami kehamilan setelah 4 sampai 5 minggu bukan? sehingga mengantisipasi kebutuhan nutrisi cabang bayi sangat baik dilakukan sebelum kehamilan agar membentuk anak yang sehat dan cerdas.

Ibu Sianne selaku Senior Product Manager. Gambar dari @prenagenworld

3.Tentang Olahraga

Mitos : Olahraga yang baik untuk ibu hamil hanyalah jalan kaki dan mengepel lantai dengan tangan

Masak iya sih? kalau begitu harus kenalan dulu dengan senam PRENAFit. Senam PRENAFit adalah senam yang dapat bunda lakukan ketika hamil, yang membantu ibu beristirahat dengan tenang, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina & kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan. PRENAFit juga mengurangi kemungkinan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil , dapat mengurangi resiko risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata – rata atau fetal macrosamia.

Mbak Dianti memperagakan PRENAFit. Gambar dari @prenagenworld

Dan tidak hanya manfaat untuk bunda, bayipun memperoleh manfaat dari senam ini. Yaitu menurunkan resiko obesitas pada bayi dikemudian hari dikarenakan ketika lahir, kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan, bayi lebih tenang, memiliki skor kecerdasan umum yang lebih tinggi dan kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai usia ke 5.

Bisa hadir di PPEJ2017PLM juga memberikan saya kesempatan untuk mencoba senam PRENAFit ini, dipandu oleh Mbak Adianti Reksoprodjo, senam ini ternyata sangat mudah dipraktekkan dan menyenangkan!

Nah, pada acara PPEJ2017PLM kali ini pula diperkenalkan sebuah aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif bernama Aplikasi Hallo Bumil. Aplikasi ini dapat bunda unduh di Google Play Store, dan bisa bunda update sesuai dengan perkembangan masa kehamilan bunda.

Lalu fitur-fitur apa saja yang bisa kita dapatkan dari aplikasi ini?

Timeline Kehamilan

Bunda bisa memulai percakapan dengan si kecil sejak ia masih di dalam kandungan. Dari minggu ke minggu, bunda bisa melihat bagaimana si kcil ‘berbicara’ melalui perkembangan yang bunda rasakan dari hari ke hari.

Artikel

Bunda bisa mendapatkan kumpulan artikel yang disusun sesuai dengan usia kehamilan, lengkap dengan tips dan saran yang bermanfaat untuk bunda terapkan pada saat menjalani kehamilan.

Kontrol Kehamilan

Kontrol kehamilan yaitu pemeriksaan kondisi Bunda saat ini, dilengkapi dengan keterangan dan informasi mengenai hal-hal yang bunda rasakan saat kehamilan.

Album Foto

Disini bunda bisa merekam perjalanan cinta bunda dan si kecil dari bulan pertama kehamilan hingga ia lahir. Pastinya sangat menarik untuk anda kenang kehamilan anda sebagai suatu perjalanan yang luar biasa ya, bunda.

Untuk mengunduh aplikasi ini di Google Play Store, bunda bisa menuju ke link ini.


Acara Prenagen Pregnancy Education Journey lalu ditutup dengan acara mannequin challenge yang bikin hati senang! Senang karena ayah dan bunda bisa memperoleh banyak pengetahuan baru seputar kehamilan dan tumbuh kembang anak langsung dari pakarnya, jadi tidak tahu berdasarkan mitos saja ya, hehe.

Harapan saya semoga acara Prenagen Pregnancy Education Journey ini bisa terus dilaksanakan secara berkesinambungan, karena #PRENAGEN #SahabatTerbaik #HamilYaPRENAGEN

Terima kasih Prenagen! 🙂

Saya (kiri) dan Mbak Yustien (kanan) di PPEJ2017PLM. Terima kasih Mbak Yustien! 🙂

Yuk, tetap terhubung dengan #Prenagen pada akun berikut :

Website : http://prenagen.com

Facebook : https://www.facebook.com/PrenagenWorld/

Twitter : @prenagenworld

Instagram : https://www.instagram.com/prenagenworld/

 

Advertisements

8 Comments

  1. prenagen klo bikin acara selalu seru dan bikin ibu hamil/menyusui kenyang informasi

    di jakarta udah duluan ini, sayangnya aku gak bisa ikut tapi tetep excited nulis gara2 penasaran sama aplikasi hallobumil heuheu maklum waktu hamil 2014 belum ada aplikasi2 canggih kek hallobumil

    1. Aku pun baru sekali ini ikut Prenagen Pregnancy Journey Bu, dan memang worth it sekali. Aplikasi Hallobumilnya juga keren, jadi kepingin nambah anak lagi gara-gara lihat aplikasi ini hahaha :D. Salam kenal ya bu Maria 🙂

  2. Pingback: Change. - B O N A D A P A . COM

  3. Aku sempat diundang acara ini di Jakarta, tapi sayang karena hari kerja jadi ngga bisa.. huhuhu padahal banyak info penting buat bumil disini…
    Kemaren sempet nyoba juga prenagen juice, ternyata enyak banget hihihi ku jadi ketagihan 😀

    1. Prenagen juice memang enyaak, seger ya rasanya, kami juga dapet pas di acara kemarin, jadi seneng 😂 Dont worry mbak Sandra, sembari menanti acara Prenagen selanjutnya gimana kalau donlot aplikasi Hallo Bumil dulu? disana banyak juga info penting seputar kehamilan soale 😊

Cool People Say :