Review : Pengalaman Menginap di Hotel Novotel Palembang

“Beb, ini bangunan apa kira- kira? tempat parkir mal? benteng? arsitekturnya kok ya unik dan bagus” tanya saya ketika kami lewat di depan lokasi pembangunan sebuah gedung beberapa tahun yang lalu.

Hal ini wajar karena hampir semua orang yang lewat di depannya pasti bertanya-tanya gedung apa gerangan yang sedang dibangun karena arsitekturnya unik, terkesan kokoh dan elegan. Tampak depan bangunan ini tak menunjukkan identitasnya. Saya tak mengira bahwa bangunan tersebut merupakan cikal bakal salah satu hotel yang masuk dalam jaringan Accor Hotel, hingga sang empunya memasang plang nama besar berwarna biru yang bertuliskan :

Novotel Palembang Hotel And Residences.


Jadi wiken kemarin saya dan keluarga berkesempatan untuk melakukan staycation di Hotel ini. Which is saya teringat – bahwa saya pernah merasa konyol – atas perkataan seorang teman bahwa orang Palembang itu terkadang suka menghabiskan wiken dengan menginap di hotel yang dekat dengan rumah mereka.

Tidak saya sangka bahwa saya (akhirnya) menjadi salah satu yang juga melakukannya hahaha

Tapi semua ada hikmahnya toh. Dengan begitu saya bisa menulis mengenai hotel ini, yes? So here is the review of Hotel Novotel Palembang from the eye of local people 🙂

The Location

Gambar dari novotel.com

Hotel Novotel adalah hotel bintang 4 yang berlokasi di Jalan R Sukamto di Palembang. Apakah lokasi ini berada di tengah kota? jawabannya ya, dan bisa diakses dengan mudah dengan kendaraan apa saja. Keistimewaan lain mengenai hotel Novotel yang bisa anda pertimbangkan sebagai tempat menginap adalah :

  • Hotel ini bernuansa alam, didominasi dengan nuansa batu alam, kayu dan hijaunya dedaunan. Suasananya homy dan cocok untuk anda nikmati bersama keluarga.
  • Persis di samping hotel terdapat Mal PTC (Palembang Trade Center) yang cukup lengkap dan Lotte Mart Wholesale. Dari hotel anda bisa jalan kaki kesini.
  • Di PTC juga tersedia tempat bermain anak-anak di lantai atas.
  • Tempat membeli oleh-oleh semacam Pempek ada banyak. Pempek Beringin ada di komplek PTC. Pempek Candy ada di seberang hotel. Pempek Wawa bisa anda akses dengan Gojek. Jadi tidak perlu panik jika anda hanya memiliki waktu yang sedikit untuk membeli oleh-oleh karena anda bisa membelinya di lokasi yang tak jauh dari hotel.
  • Mencari makan malam juga tak perlu pusing. Selain ke PTC, anda juga bisa hunting kuliner ke seberang jalan dimana akan anda dapatkan banyak warung amigos yang menjual nasi goreng, soto, pecel lele dan lain sebagainya.
  • Ke Bandara dapat ditempuh dalam waktu 30-45 menit berkendara dengan mobil.

Adapun jarak dari Hotel ke beberapa tempat penting di Palembang yaitu :

Landmark terdekat

  • Palembang Square 4.1 km
  • Jembatan Ampera 4.7 km
  • Stadion Gelora Sriwijaya 8.4 km

Restoran dan pasar

  • Lotter Mart Supermarket 0.6 km
  • PTC Mall Supermarket 0.6 km
  • Ombre Cafe Kafe/bar 0.7 km
  • Bingen Cafe Kafe/bar 1.2 km
  • Rendezvous Cafe And Drink Kafe/bar 2.3 km
  • Sekip Market Pasar 2.5 km
  • Sarinande Restoran 2.9 km
  • Sri Melayu Restoran 4.7 km
  • River Side Restoran 4.9 km

Keindahan alam

  • Musi River Sungai 4.7 km

Bandara terdekat

  • Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II 9.4 km

The Room

Kami menempati kamar Superior Room di kamar 103. Meski kamar Superior, namun spacenya lumayan luas. Pengaturan kamar juga terasa nyaman dengan AC yang dingin.

Fasilitas kamar yang tersedia adalah standar hotel bintang 4 seperti sendal hotel, piyama, safe deposit, lemari pakaian, kulkas, ceret elektrik, teh, kopi dan gula.

Hotel Novotel Palembang Hotel Novotel Palembang

Kamar kami memiliki jendela yang menghadap ke kebun di luar (dan bukan kebun di tengah hotel yang ada swimming poolnya) dengan pintu geser menuju ke balkon. Tapi sayang, ada sayangnya. Di Balkon tidak tersedia kursi dan meja untuk kami sekedar duduk-duduk sambil membaca buku dan menikmati secangkir kopi hangat. Padahal pemandangan kebun hijau sangat menenangkan. Jadi balkon tersebut terasa sia-sia 🙂

Hotel Novotel Palembang
Pintu kaca menuju ke balkon. Sayang di Balkon tidak ada kursi dan meja untuk sekedar duduk-duduk santai.
Hotel Novotel Palembang
Tampak kamar dari luar

The Bath Room

Kamar mandinya cukup luas, memiliki amenities yang lengkap, tersedia juga hair dryer dan ada bath tub. Kamar mandi juga dilengkapi dengan kaca setinggi badan yang bikin emak-emak pasti jatuh cinta.

Hotel Novotel Palembang
Maafkan handuk yang bertebaran karena kamar mandi sudah dipakai oleh anak-anak lebih dulu :p
Hotel Novotel Palembang
Kaca panjang yang bikin emak bahagia :p

Hotel Novotel Palembang Hotel Novotel Palembang Hotel Novotel Palembang

The Pool

Kolam renang adalah center of universe of this hotel. Bernuansa alam, kamar-kamar di hotel ini disusun sedemikian seolah mengelilingi kolam renang besar yang terletak di tengah kebun – yang berada di tengah hotel.

Di ujung kolam renang utama terdapat mini water falls yang airnya terasa hangat. Di sekeliling kolam renang terdapat taman-taman hijau yang menyejukkan mata, dan tempat-tempat duduk yang nyaman membuat siapa saja pasti ingin duduk disana :). Kedalaman kolam renang utama adalah 1,5m dan kedalaman kolam anak-anak 0,5 m saja.

Kolam renang anak ada dua bagian, mengapit kolam renang utama yang berada di tengah. Kolam yang disebelah kanan merupakan kolam anak terpisah, sedangkan kolam anak di sebelah kiri terhubung dengan kolam renang utama. Karena terletak di ruangan terbuka, air kolam tidak terasa dingin namun tetap terjaga kebersihannya.

Hotel Novotel Palembang
Kolam Renang Utama

Hotel Novotel Palembang Hotel Novotel Palembang

The Square Restaurant

Hotel Novotel memiliki beberapa tempat yang menyediakan food dan beverage yaitu :

  • The Square Restaurant, tempat tamu hotel sarapan dan menjadi restoran utama di hotel ini, buka setiap hari mulai dari Pk 05.30 hingga Pk.23.00
  • The Orient Restaurant yang menyajikan masakan China, buka setiap hari mulai dari Pk.10.00 hingga Pk.22.00
  • Le Bar, berada di area Lobby, buka setiap hari pada jam makan malam.
  • Splash Bar, berada di area kolam renang buka setiap hari dari Pk.08.00 – Pk.20.00

The Square Restaurant merupakan restoran hotel dengan arsitektur yang keren dengan dua bagian indoor dan outdoor.

Di bagian outdoor anda akan disuguhi pemandangan ke kebun dan kolam renang. Di sekeliling restoran terdapat kolam ikan yang berisi ikan koi. Anak-anak saya sangat menyukainya.

Hotel Novotel Palembang
The square (outdoor)
Hotel Novotel Palembang
The Square (Outdoor)

Mengenai pilihan makanan, menurut saya The Square memiliki pilihan makanan yang cukup beragam. Mulai dari Salad dengan berbagai macam dressing, aneka pilihan roti lengkap dengan puding, brownies dan lain sebagainya. Untuk anda yang suka menu western, disini tersedia pilihan seperti baked potato, tomato beans, dan menu wajib sarapan seperti nasi putih, beef, eggs station, dll.

Untuk anda yang ingin menu daerah, terdapat bagian di sisi sebelah kanan restaurant yang menyajikan berbagai makanan daerah mulai dari pempek hingga bubur ayam. Tak jauh dari stall makanan daerah juga tersedia jamu bagi anda yang suka jamu.

Rasa makanan menurut saya sih cukup enak. Rasanya diatas rata-rata rasa makanan hotel-hotel lainnya yang pernah saya coba. Sekitar nilai 7 dari 10 rasanya tidak berlebihan.

Sarapan yang tersedia gratis adalah untuk dua orang. Anak-anak dibawah 5 tahun gratis, dan anak-anak umur 5-10 tahun dikenakan biaya 50% dari harga normal. Harga normal untuk sarapan adalah Rp.160 ribu rupiah per orang (November 2017) sehingga anak-anak dengan usia 5-10 tahun membayar Rp.80 ribu per orang.

Hotel Novotel Palembang
Salad Bar
Hotel Novotel Palembang
Salad Dressing
Hotel Novotel Palembang
Aneka Sereal untuk anak-anak
Hotel Novotel Palembang
Aneka pilihan Jus

The Service

Hotel Novotel Palembang
Lobby yg padat pengunjung

Selama menginap, menurut saya pelayanan Novotel Palembang cukup memuaskan. Petugas Front Lobby memang terlihat agak kewalahan karena padatnya pengunjung yang ingin check in, namun selebihnya kami rasakan pelayanan Novotel Palembang cukup baik dan stafnya very helpful. Di Lobby juga tersedia welcome drink ketika anda check in, dan jika anda memerlukannya, Novotel juga menyediakan penjemputan dari dan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan tambahan biaya.

Verdict

Hotel Novotel Palembang adalah hotel yang nyaman dan cocok untuk keluarga. Didominasi dengan nuansa bebatuan, kayu, dan hijaunya pepohonan. Suasana hotel terasa tenang dan pemandangannya indah. Terletak di lokasi strategis di Palembang, dekat dengan mal dan tidak sulit untuk belanja oleh-oleh. Yang perlu diantisipasi adalah okupansi hotel yang cukup tinggi, sehingga sangat disarankan untuk melakukan booking dari jauh-jauh hari. Kamar nyaman, namun perlu tambahan tempat duduk dan meja di balkon kamar. Malah sebaiknya semua kamar dengan balkon dilengkapi dengan meja dan kursi, agar bisa digunakan sebagai tempat bersantai. Anak-anak dibawah 5 tahun mendapatkan sarapan gratis, namun 5-10 tahun dikenakan biaya sebesar 50% dari harga normal. Pelayanannya baik dengan kondisi kamar hotel dan kolam renang yang bersih membuat Hotel Novotel sayang untuk anda lewatkan jika anda ke Palembang.


Novotel Palembang Hotel and Residences

Address: Jl. R. Sukamto No.8A, 2 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30127

Phone: (0711) 369777

Advertisements

11 Comments

  1. Selalu penasaran dapat menginap di hotel ini. Berulang kali ke sini, hanya buat menghadiri acara atau menjemput teman. Penasaran sama kolam renangnya, pasti banyak spot buat foto ala-ala hahaha.

    Walau ada isu jika hotel ini spooky, aku sih gak ngaruh. Secara ya, isu kayak gitu bisa jadi dihembuskan karena persaingan bisnis hwhw.

    1. Akupun bertahun-tahun cuma lewat doang, Alhamdulillah akhirnya ada rejekinya buat menginap. Pengalamanku Novotel sudah oke banget dalam segala hal, dan menurutku gosip spooky tidak terbukti 🙂

  2. Serem ga mba? Hahaha. Pas lewat sini sama pengasuh anak, dia yang bilang ini serem. Berhubung aku cuma dateng kalo event aja dan di ballroom sih, jadi ngerasa biasa aja.

    Selalu gagal urusan staycation, alasannya…mendingan sekalian liburan aja deh kayaknya di luar kota, masa ada rumah nginep di hotel 🙁

    1. Selama menginap aku ngerasa hotelnya Ga Serem loh mba. Malah enak nyaman gitu hahaha. Aku juga berfikiran sama sih soal staycation. Masa iya ke hotel sebelah rumah hahaha. Tapi Alhamdulillah kemarin dapet rejeki menginap gratis dari kantor suami, jadi ga pikir dua kali buat nginep disini 🙂

Cool People Say :