Review Santa Grand Hotel Bugis : Hotel Budget Keluarga yang Oke di Singapura!

Dan akhirnya setelah diundur beberapa kali, jadi juga kami sekeluarga liburan di awal bulan Maret 2017, yeay!

Setelah pikir punya pikir mau kemana, akhirnya kami putuskan Negara Singapura sebagai tempat liburan kita kali ini. Alasannya sederhana. Karena Singapura punya banyak tempat edukasi yang fun buat Rfa (8yo) dan Rfi (3,5 yo), pun Jet Star punya direct flight dari Palembang ke Singapore, jadnya praktis juga.

Setelah tiket pesawat sudah dipesan dan itinerary sudah disusun, saya dan suami belum menemukan hotel yang pas dihati. Proses memilih hotel butuh waktu berhari-hari karena selain mikirin harga (yang high end banget dibandingin sama nilai tukar kita), juga harus mikirin layak atau tidaknya hotel ini buat anak piyik dua.

Jadi, maunya emak nih, kalau bisa dapat hotel yang harganya terjangkau tapi tetap berkualitas untuk keluarga. Pertanyaannya : Adakah hotel macam inii?

Akhirnya suatu hari saya memutuskan bertanya ‘pada ahlinya’ yaitu pada grup Backpacker International di Facebook yang memang saya ikuti.

Dengan jawaban yang beragam, sebagian besar menyarankan jika kami ingin hotel dengan lokasi yang enak dan strategis, maka pilihlah daerah Bugis.

Then, Bugis it is!

Saya dan suami lalu memperkecil area hunting hotel hanya di daerah Bugis saja. Dan akhirnya setelah cap-cip-cup belalang kuncup, kita memilih Hotel Santa Grand Bugis di Singapura! langsung pesan dan bayar di Traveloka.

So, everything was all set, then off we go to Sing!


T h e  H o t e l ♦

Sebagai emak-emak tentu saja ada rasa khawatir terkait hotel. Yang saya khawatirkan tentang hotel budget adalah :

  • Tempatnya sempit
  • Tidak kedap suara. You can hear everything from outside the room. including everything that kids shouldn’t hear.
  • Not clean
  • Anak-anak ga nyaman
  • Terus mereka kekeuh mintak pulang macam Singapura tuh letaknya di sebelah rumah, lompat langsung sampai ! :'(

Namun semua ketakutan saya buyar yar yar yar ketika taxi yang membawa kami dari Changi Airport mendarat dengan mulus di depan gedung Santa Grand Hotel Bugis (sekira dari Changi kena taxi 22 dolar)

Jadi hotel santa grand ini letaknya di hook, di antara dua jalan yaitu : jalan besar Victoria Street dan Jalan yang agak kecil, Jalan Kubor.

Di seberang gedung di Jalan Kubor, ada sebuah cafe yang cukup ramai pengunjungnya. Cuma yang enak adalah mereka ga pake musik ajeb-ajeb jadi suasana sekitar hotel tetap damai dan tenang.

Nah melihat gedung depannya aja saya sudah merasa hepi ya, sekarang kita lihat dalemnya yuk!

Ketika check in, kita cukup memberikan bukti bahwa kita sudah memesan kamar melalui Traveloka, dan kemudian kita diminta untuk meninggalkan deposit uang sejumlah 100 sgd, berarti kurang lebih satu juta rupiah.

Setelahnya kita akan diberikan kunci kartu kamar, tanda terima uang deposit yang sebisa mungkin jangan hilang karena ketika kita keluar hotel uang satu juta tersebut bisa diambil lagi. Lumayan kan buat biaya makan dan taksi di perjalanan pulang? hehe :p

Nah, kebetulan kami mendapatkan kamar di lantai 4, lantai paling atas. Sekarang kita lihat kamarnya yuk!

T h e  R o o m ♥

Pertamakali buka kamar yang bikin excited adalah KAMARNYA ADA BALKONNYA, asiik!

Tapi selayaknya hotel budget, menurut saya jarak antara kasur ke dinding lemari dibawah tivi itu mepet sekali ya. Ada kali jaraknya cuma setengah meteran. Terus saya juga agak bingung cari space lebih buat salat. Dan ada space sih meskipun ga bisa jamaahan.

Terus gimana kelengkapan lainnya?

Lah foto di atas apa? dikasih henpon?

Yes. Tepatnya dipinjemin sih.

Jadi selama menginap di Santa Grand, kita dipinjamkan satu unit hp dengan fasilitas yang bikin emak hampir nangis karena terharu, yaitu :

  • Unlimited local calls dan international calls. Meski demikian kita enggak aji mumpung terus telpon kesana kemari ya. malah kita ga pernah nyobain nelpon samsek lho. *pas nulis ini emak baru merasa menyesal* :p
  • HPnya boleh kita bawa keluar hotel.
  • Unlimited mobile internet. Banget. Saya bawa hp ini kemana-mana ketika di Sing, dan kapanpun saya perlu untuk cari makanan halal terdekat atau info apapun, hp ini selalu siap sedia dengan kecepatan internet yang keren abesh. plus malemnya suka dipake neng Rfi buat liat Moana di Yutub. Ajib.
  • Dan berbagai macam promo lainnya yang kalau kita mau bisa kita redeem deh. Cuma karena saya sudah pesen tiket via traveloka jadi fitur ini kami abaikan.

Tapi harap dijaga baik-baik henponnya ketika dibawa jalan ya. Karena kalau henponnya kenapa-napa, macam gompel atau scratch parah, duit gantinya juga lumayan loh.

T h e  B a t h  R o o m ♦

Kamar mandinya very small but nice, bersih juga dan sangat cukup buat sekeluarga. Toiletries juga tersedia lengkap, jadi meskipun kecil dan agak sempit, so far kami puas kok dengan kamar mandinya.

 

 

Air di kamar mandinya juga ada hangat dan dingin. Shower ada dua jenis. Yang bisa dilepas (small shower) dan yang ga bisa dilepas (Big Shower)

T h e  P o o l ♦

Kolam renangnya kami sekeluarga suka banget. Mengadopsi infinity pool, disini tersedia dua kolam, satu buat kolam dewasa satu anak-anak. Kolam dewasanya juga ga dalem-dalem amat – 1,2 m saja.

Yang paling disuka juga adalah view dari kolam renang ini. Karena letaknya di lantai 4, jadi kita bisa melihat pemandangan di Victoria street, dan sepanjang jalan kecil di Kubor street. Daerah arah ke Kampong Glam juga bisa terlihat, meskipun sedikit.

Yang seru kalau berenang diwaktu malam, kita bisa berenang sambil lihat lampu-lampu dari gedung bertingkat. Ciamik!

Hotelli ei ole hieno, mutta näkymät rooftop poolilta ovat ihan ok 😉 #santagrandhotelbugis #singapore

A post shared by Heidi / Auringon alla (@heidialande) on

Nilai Tambah Lainnya dari Santa Grand Hotel Bugis :


K e s i m p u l a n ♦

Ini ngambil kesimpulannya berdasarkan kekhawatiran saya tentang hotel budget diawal tadi aja ya :

  • Tempatnya sempit – ternyata enggak sempit-sempit yang sampek melilit kok. Kami masih berasa nyaman dengan space yang ada.
  • Tidak kedap suara. You can hear everything from outside the room. including everything that kids shouldn’t hear. – Alhamdulillah, this is never happen. Suara dari kamar sebelah tidak terdengar sama sekali, seneng!
  • Not clean – Yang ini clean!
  • Anak-anak ga nyaman – Yang ada anak-anak jadinya malah ogah mau pulang:D
  • Terus mereka kekeuh mintak pulang macam Singapura tuh letaknya di sebelah rumah, lompat langsung sampai ! :'( – hari terakhir aja masih minta berenang dulu di swimming pool dan kita bilang gapapa berenang kalau mau ketinggalan pesawat!

Trus-trus kalau ditanya mau ga kita nginep disini lagi ketika ke Singapura?

Well, kayagnya ini malah hotel pertama yang akan kami pilih deh.

Very Reccomended! 🙂

Nah demikianlah Review Santa Grand Hotel Bugis Singapore, semoga bermanfaat buat anda yang akan ke Singapura ya!


I n f o r m a t i o n ♦

Santa Grand Hotel Bugis Singapore 199207

  • Telp : +65 6298 8638; Fax : +65 6298 8458
  • Central Reservation Telp : +65 6298 8889 Fax : +65 6396 8356
  • email : reservation@santa.com.sg
  • website : www.santagrandhotels.com
  • instagram : @santagrandhotels

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

17 Comment

  1. Wah sampe dipinjemin hape!

    Aku suka banget foto kamar yang anak-anak enjoy main di atas kasur hahaha. Pasti hepi banget ya. Noted banget ini penginapan, siapa tahu ntar balik ke sana lagi sama keluarga….atau pas ajak bini hahaha amin.

    1. betul Oom, pas liat ada hape itu aku terharu sangat. Praktis henpon pribadi jadi kamera doang hahah. Aamiin semoga bisa ajak bini. Jangan lupa pas acara undang-undang aku ya 🙂

  2. Wah kok keren ya untuk hitungan hotel budget. Kemaren aku nginep di V Hotel Bencoolen, walau tempatnya kecil dan agak sempit (standar kamar Spore emang kayak gitu sih), tapi dekat ke mana-mana dan makanan di cafenya enak, jadi cukup puas,

    Yang ini keren juga ya dipinjemin HP dan ada kolam renangnya. Jadi pengen nyobain. 😀

    1. Memang mengejutkan sih santa grand, saya juga kaget hahaha. Kemarin kami sempat kepikiran ke V hotel Bencoolen juga tapi ga jadi. Maybe next time would love to try V Hotel also mbak *nabung lebih giat* 😀

  3. Ih keceee nget dipinjemin hape plus internetnya kuenceng abeees. Dan kamar mandinya ada hair dryer, hoooooo itu point penting buat aku hahaha karena gak semua hotel ada hair dryer dan kalau bawa suka ribet kan ><

    1. Betuul Fasyaa… Aku juga hepi pas liat ada hair dryer. Jadi rambutnya bisa dipastikeun kering sebelum pake hijab 🙂 soal hape itu emang yg paling mengezutkan sih 😀

  4. owhhhh.SG, aku pengen nyebur dan renang dikolam renangnya itu kak

    1. Habis berenang makan martabak ayam deket situ deh *elap iler* ?

  5. Keren banget dipinjemin Hp segalaaa apalagi internetnya kenceng. Tapi yang paling bikin ngiler kolamrenangnya sih bawaanya pengen nyebur muluk hehe

    1. Betul betul. Saya tepat kemaren ga daftar roamingnya telkomsel yak ? kolam renangnya memang cantik. Small, but nice ?

  6. Info please itu kemarin bawa anak2 pesan kamarnya berapa kamar? Apa bisa 1 kamar dengan 2 anak, anak 7thn dan 2 tahun, atau ada tambahan biaya lagi

    1. Pesennya satu kamar. Iya lumayan sempit karena berempat tapi masih bisa terasa nyaman, mungkin karena kami langsing semua :D. Tidak ada tambahan biaya.

      1. Makasih utk info, besok tiba dihotel nya takut kalo mendadak suruh nambah kamar jadi mending kalo harus tambah dari skrg, thanks

        1. Sama-sama mbak, happy liburan! 🙂

  7. […] Baca juga : Review Santa Hotel Bugis : Hotel Budget Keluarga yang Oke di Singapura! […]

  8. Mau tny misal kita book kamar hotel di santa grand dgn 2 guest, tp diisi dgn 3 org dewasa bs ga yah?

    1. Mbak bisa berkirim email dulu ke Santa Grand untuk dikonfirmasikan bisa atau tidaknya ?

Leave a Reply