Sekolah Pasar Modal Syariah Idx

This is such a late post karena sebetulnya saya ke idx untuk ikutan sekolah pasar modal syariah itu pada bulan Oktober 2014 kemarin.

Tumben rajin? dalam rangka apa?

Sebenernya sih alasannya agak-agak naif : karena lagi bikin tesis dengan tema Pasar Modal syariah. Saya yg notabene baru serius belajar ekonomi dua tahun belakangan ini (maklum, S1 nya Teknik, hehe), jadi nekat mau ngedapetin ilmu dari mana aja karena saya merasa ilmu yang saya miliki ini bagaikan butiran pasir di gurun sahara, (tsaah) dan merasa masih bodoh bgt terutama dalam hal ilmu pasar modal syariah (fyi, dosen pembimbing yg kekeuh suruh saya ambil yg topiknya syariah).

Jadi kalau kamu juga merasa seperti saya, atau enggak merasa seperti saya tapi kekeuh mau belajar dan mau ikutan sekolah pasar modal syariahnya idx yang keren itu, begini langkah-langkahnya.

1. Sebaiknya sesuaikan jadwal. Mau ikutan sekolah pasar modal konvensional atau pasar modal syariah? level 1 atau level 2? ada jadwalnya yang bisa kamu lihat di websitenya idx.

2. Level 1 buat yang mau belajar dari dasar bgt; level 2 boleh buat kamu yang sudah pegang kartu KSEI atau udah punya portofolio di pasar modal berupa saham/reksadana/obligasi. Saya ceritanya udah punya reksadana, jadi saya daftar ke level 2.

3. setelah daftar di situsnya, kamu akan dikirimi email konfirmasi. kalau kamu bener-bener serius mau ikutan, nanti disuruh reply email tsb ke alamat email konfirmasi untuk memberikan biodata kamu. Setelah proses selesai, nanti nama kamu langsung terpampang di situsnya sekolahpasarmodalidx sebagai peserta. horeee! tinggal tunggu hari H deh.

Baca juga : Sang Bapak di Meja Bundar

4. Pas hari H dateng deh ke idx. tau dong ya kantornya idx? ga tau??? tau pacific place?? Ga tau?? Ritz Carlton?? Tempat resepsinya Rafi dan Nagita?? ga tau jugaa?? sama sih saya juga tadinya ga tau.. hahaha. Udah naek taksi aja bilang ke gedung bursa efek yang di sudirman.

5. setelah sampe, langsung masuk gedung ke tower 1 lantai dua. ga perlu naek lift, naik tangga sedikit aja.. sampe deh. Ruangan belajarnya ada di dekat icamel, perpustakaan bursa efek yang (ternyata) keren bgts.

6. sebelum masuk ruangan diminta registrasi dulu, dan mengambil modul pelajarannya. Terus langsung masuk kelas. Dan ini tepat waktu loh ya, jadi buat yg punya jam karet, tinggalin dulu di rumah ganti pake jam yg tepat waktu.

7. Pasar modal syariah level 2, sesi pertama diisi oleh salah satu pembicara dari OJK. Beliau menjelaskan ttg bagaimana pasar modal syariah, apa yg menjadi syarat syarat sebuah perusahaan bisa terdaftar dalam daftar efek syariah dll. Di sesi ini saya lumayan banyak nanya kemarin. Ssttt saya nabung pertanyaan buat tesis saya.. hihiihi

8. Setelah sesi pertama selesai, lanjut sesi ke dua yg diisi oleh Bapak dari KSEI..

9. Sesi ketiga sebelum makan siang diisi oleh Indo Premier yg mengajarkan gimana caranya melakukan online trading. Dan kita dikasih cd trial IPOT trading gratiss, silahkan untuk belajar di rumah 🙂

10. Makan siang disediakan oleh idx (nasi kotak) setelah ishoma lanjut lagi ke sesi 4. Sesi 4, diisi oleh salah satu icon pasar modal Indonesia, Bpk. Muhammad Gunawan Yasni yg menjelaskan-dengan adem sekali-akad-akad yang ada di pasar modal syariah. Beliau juga menjelaskan dgn baik mengapa pasar modal syariah lebih baik daripada pasar modal konvensional. Which is, ini membuat saya mengerti mengapa mazhab sistim ekonomi dunia saat ini mulai mengubah haluan ke arah ekonomi syariah, dan mengapa pasar modal syariah pada kenyataannya lebih ‘tahan banting’ daripada pasar modal konvensional.

11. Masih ada beberapa sesi dari cimb niaga syariah daaaaan selesai!! Saya lihat jam dan kelas berakhir jam 4 sore tepat. Yaaah masih ada waktu kalau mau nyebrang terus jalan-jalan ke Pacific Place, heheehhehe *emak-emak minded*

Happy jali setelah ikut sekolah ini. Happy lah, belajar langsung dari ahlinya, tempatnya bagus, fasilitas oke, ac nya dingin bgtttt (bawa sweater atau jaket jangan lupa) ketemu Pak Gunawan yg adem, hehe. Daaan gratis. Ga ngerti apakah ini salah satu program CSR nya idx? Doesnt matter Iya atau tidak, Yg pasti program ini sangat bermanfaat bagi semua orang yang ingin belajar tentang banyak hal di pasar modal.

Kalau kamu adalah salah satu orang yg selama ini punya stigma negatif ttg pasar modal (judi, gambling, penipuan) dll. Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kalau dijalankan sesuai sistim legal yg ada, sebetulnya pasar modal adalah wadah investasi yg benar benar oke, karenanya program ini benar-benar memberi pencerahan.

Terima kasih idx.. niat saya sik mau ikutan lagi kapan-kapan, jadi penasaran sama level satunya.. hehe (^_^)

Save

Advertisements

Cool People Say :