Toko Oleh-Oleh Yang Harus Dikunjungi Ketika Ke Belitung

Hayooo siapa yang ndak kenal sama Pulau Belitung? Anda sudah pernah kesana?

Rasanya pasca kehadiran Laskar Pelangi yang booming di layar lebar, semua orang di Indonesia sudah familiar dengan Pulau Belitung; salah satu pulau besar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saya juga pernah tinggal di Pulau ini meski tidak lama. Saya tinggal tepatnya di Manggar, sebuah Kabupaten yang bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam berkendara dengan mobil dari Bandara Sultan Hananjoeddin di Tanjung Pandan.

A post shared by BELITUNG ISLAND (@explorebelitung) on

Sebagai orang yang pernah tinggal di Pulau ini, saya cuma bilang kalau Pulau Belitung ini indahnya memang keterlaluan warbiyasak! like heaven on earth, begitu kira-kira perumpamaannya.

[Baca juga : Serdang dan Ingatan yang Menyertainya]

A post shared by BELITUNG ISLAND (@explorebelitung) on

Di film Laskar Pelangi Riri Riza memang sudah menunjukkan keindahan pulau Belitung. Saya bahkan sempat menonton pembuatan film ini secara langsung ketika mereka syuting di Pasar Manggar. Namun semaksimal apapun usaha Riri menangkap keindahan Pulau Belitung lewat lensa kameranya, sesungguhnya masih ada banyak lagi keindahan yang bisa dieksplor disana.

Diantaranya adalah mercusuar di pulau Lengkuas, pemandangan indah di Bukit Berahu, Pantai di Bawah Bukit Berahu, Bukit A1 di Manggar, Pantai Serdang yang ada di Manggar, belum lagi wisata edukasi Laskar Pelangi, Museum Andrea Hirata, suasana daerahnya, kehidupan masyarakatnya, folks languagenya, dan juga pemandangan indah bawah laut surga bagi anda yang menyukai snorkeling ataupun diving!

A post shared by Info Seputar Pulau Belitung 🌊 (@belitungpedia) on

A post shared by BELITUNG ISLAND (@explorebelitung) on

On top of that, jangan lupa dengan wisata kulinernya! Belitung memiliki segudang restoran yang menyajikan menu seafood paling enak dengan harga bersahabat! mulai dari ikan laut, udang, kerang, cumi-cumi; Mulai dari sajian ikan bakar, Gangan, cumi tepung yang renyah dan udang yang lezat, semuanya segar karena langsung diambil dari laut yang mengelilingi pulau ini!

Jika anda datang di penghujung atau awal tahun, sehabis menikmati seafood, anda bisa melanjutkan ngider di kota Tanjung Pandan untuk menikmati durian yang berjejer di sepanjang jalan utama di kota Belitung. Setiap hari anda juga bisa menikmati hoklopan (martabak manis) khas Belitung yang enaknya ga kira-kira. Mata senang perut kenyang, asik pokoke berwisata ke Belitung!

Nah jika anda sudah puas mengeksplor Belitung dan ingin membawa sesuatu untuk dibawa pulang, sekarang saatnya kita berbelanja oleh-oleh khas dari Belitung.

Oleh-Oleh Dari Belitung Biasanya Apa Saja?

Dulu, saban saya pulang kampung dari Belitung ke Palembang, saya akan hunting beberapa oleh-oleh khas Belitung. beberapa diantaranya adalah :

  • Kerupuk dari bahan dasar seafood. Ada kerupuk ikan, kerupuk udang, kerupuk cumi, kricu dan lain-lain. Keluarga saya sangat senang jika saya membawa oleh-oleh ini untuk mereka, karena rasanya yang gurih dan enak.
  • Keripik Sukun. Mungkin ada banyak pohon Sukun di Belitung sehingga anda bisa menemukan banyak sekali keripik sukun di toko oleh-oleh.
  • Jika anda mampir ke Manggar anda bisa membeli Kopi Bubuk Khas Belitung yang terkenal memiliki aroma yang khas dan cita rasa yang lezat.
  • Baju Kaos khas Belitung. Yes, tiap daerah tampaknya sudah memiliki kaos khas daerah mereka masing-masing ya termasuk Belitung.
  • Gantungan kunci, tumbler dan pernak pernik lainnya.

Lalu jika anda bingung dimana toko yang asik buat hunting oleh-oleh Belitung yang bermutu tinggi, nih saya kasih tahu tempatnya.

Toko Oleh-Oleh Khas Belitung A2

Yang saya suka dari A2 adalah karena ia menyediakan oleh-oleh Belitung dengan sangat lengkap. Mulai dari kerupuk seafood aneka rasa yang bisa anda pilih sesuai selera, Baju Kaos Khas Belitung dengan beragam tulisan dan gambar yang lucu dan menarik, hingga ke pernak-pernik unik lain semacam tumbler dan gantungan kunci unyu-unyu yang bisa anda bagi untuk teman-teman sekantor. Pun karena lokasinya yang strategis terletak di jalan utama di Belitung, anda pasti tidak akan kesulitan menemukan toko ini di Jalan Jendral Sudirman di Tanjung Pandan.

A2 juga merupakan produsen produk cemilan terbaik dari Belitung, A2. Produknya sudah memiliki izin Dinkes, Halal MUI, berbahan baku ikan dan cumi segar, di proses secara higienis dan bebas minyak. Jadi benar-benar produknya dijamin berkualitas. Karena berkualitas, ownernya juga sering mengadakan pelatihan pendampingan UMKM di Belitung untuk mengembangkan industri cemilan rumah tangga di Belitung. Jadi memang sudah tidak diragukan lagi produk dari A2 ini hingga ownernya pun sering diminta memberikan pelatihan.

A post shared by A2Belitung_Sahra (@a2belitungsahra) on

A post shared by A2Belitung_Sahra (@a2belitungsahra) on

Mau tahu ide yang bagus? saya biasanya menghabiskan waktu di Belitung semaksimal mungkin dengan cara bertandang ke bukit, ke pantai, ke laut, dan berenang. Lalu kapan waktu yang tepat untuk belanja oleh-oleh? biasanya saya membeli oleh-oleh ketika akan menuju bandara untuk pulang.

Saya tinggal mampir sebentar di Toko Oleh-oleh Khas Belitung A2 untuk berbelanja, langsung minta oleh-oleh anda dipacking with good and nice lengkap dengan nama dan alamat anda, setelahnya anda bisa langsung menuju bandara. Dengan cara ini, oleh-oleh anda akan tetap terjamin kesegarannya dan yang pasti tidak repot harus bolak-balik anda bawa lagi ke hotel dan seterusnya.

A post shared by Nina Fajriah (@bonadapa) on

A post shared by Nina Fajriah (@bonadapa) on

Oh iya satu lagi yang keren dari Toko Oleh-oleh A2. Jika anda ternyata suka dengan produk mereka, anda bisa memesan lagi ke toko A2 secara online. Ini karena Toko A2 memang sudah menyediakan penjualan secara online, baik via telefon, instagram maupun facebook. Asik kan?

So, that’s it! Jadi sudah ga bingung lagi dong kalau nyari oleh-oleh Belitung kemana ya travellers. For the rest, selamat menikmati jalan-jalan anda di Belitung, dan menikmati keindahan Negeri Laskar Pelangi, salah satu kebanggaan Indonesia. Adios! *lambai tangan 🙂

Informasi

Nama : Toko Oleh-oleh Khas Belitung A2

Alamat : Jl. Jendral Sudirman, Gang Granat No.1, Air Raya, Tanjungpandan, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Telp : 0812-7883-8448

Facebook : https://www.facebook.com/tokooleholehkhasbelitung/?fref=ts

Instagram : @a2belitungsahra

 

Advertisements

2 Comments

Cool People Say :